Kenapa Ayam Geprek Bisa Ngehits Banget?

Dua tiga tahun belakangan, ayam geprek hitsnya nggak karuan. Padahal, menu ini sebenarnya biasa banget, Kawan Muda. Tanpa sadar mungkin kamu atau ibumu juga pernah dari dulu bikin ayam dimodel geprek.

Tapi kenapa ya, makin ke sini makin hits? Simak yuk ulasan sotoy dari Kita Muda berikut ini. Please scrolling down, ada bonus resep ayam geprek gampang yang bisa kamu tiru di rumah!

1. Pedasnya Mantap

Kalau di tahun 2012 publik dihebohkan dengan adanya mie pedas level-level, kali ini pedas itu diterapkan di ayam geprek. Nggak afdol kalau ayam geprek nggak pedas.

Meskipun pada beberapa kasus, memang ada yang digeprek dengan level pedas yang rendah. Ayam geprek yang mampu menggoyangkan lidah ini bikin menu ini hits di dua tahun belakangan.

Dan tahu nggak sih, manfaat makan makanan pedas tuh banyak banget lho. Salah satunya adalah bisa menurunkan berat badan. Hmm, tapi kalau makan ayam geprek dengan porsi nasi berlimpah sih sama aja boong yaa Kawan Muda :p

2. Sambalnya Asin-Pedes-Gurih

sambal bawang
sambal bawang | via idntimes.com

Ayam geprek mostly digeprek pakai sambal bawang. Menentukan ayam geprek enak apa enggak itu juga biasanya tergantung harganya sambalnya.

Sambal bawang di ayam geprek selain menciptakan rasa pedas juga bisa menambah kesan gurih-gurih asin. Apalagi kalau minyaknya cukup, nggak terlalu encer juga nggak terlalu kering.

Level pedas tiap orang beda-beda, tapi sambal bawang adalah kunci. Anyway, bikin sambal bawang tuh gampang banget loh. Klik untuk mengetahui resep sambal bawang enak!

3. Kriuknya Renyah

Cara bikin ayam geprek beda-beda. Namun kebanyakan adalah yang ayamnya digoreng dulu pakai tepung sampai crispy-nya dapet.

Kriuk ayam geprek inilah yang juga membuat ayam geprek banyak digemari. Renyah dan pedasnya bikin nggak mau bagi-bagi. Sekali makan, rasanya pengin cepet menghabiskan. Ya, kan?

Meskipun nggak jarang, kita menemukan ayam geprek yang nggak kriuk sama sekali. Kalau kamu nih, suka ayam geprek yang kriuk atau yang biasa aja, Kawan Muda?

4. Mie dan Mozarella, Perfect Combination!

mie ayam geprek
mie ayam geprek | nibble.id

Ini nih yang bikin resto dengan menu utama ayam geprek makin menjamur. Ayam geprek enak banget kalau dimakan pakai mie goreng dan diberi topping keju mozarella.

Kombinasi inilah yang kayaknya baru booming sejak ayam geprek muncul. Tak ditepis, ayam geprek pakai mie dan mozarella ini emang beneran perfect!

Mie goreng merupakan makanan yang Indonesia banget. Kandungan karbohidratnya bisa digunakan untuk menggantikan nasi pada menu ayam geprek.

Sementara keju mozarella, ini favoritnya anak muda. Kalau ayam geprek pakai keju mozarella, rasa gurihnya jadi berlipat ganda. Heumm yummy!

5. Bikinnya Gampang

Yup, yang bikin ayam geprek makin banyak diminati dan makin banyak pula orang yang jualan adalah karena bikinnya gampang. Nggak percaya? Nih Kita Muda kasih resep ayam geprek yang maha mudah bin lezat:

Bahan-bahan:
1 buah fillet dada ayam, potong jadi 5 bagian melebar
1 bungkus tepung bumbu fried chicken
Keju mozarella, lelehkan
Keju cheddar, parut
Lada secukupnya
Bubuk bawang putih
Cabe rawit secukupnya
Bawang putih secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat ayam geprek:
1. Lumuri ayam dengan garam, lada bubuk, dan bawang putih. Diamkan selama 15 menit
2. Bagi tepung fried chicken menjadi dua bagian untuk adonan basah.
3. Campur dengan air es.
4. Adonan yang satu lagi biarkan kering.
5. Celupkan fillet ayam ke dalam adonan basah, kemudian gulingkan ke adonan kering sambil ditekan-tekan agar menempel.
6. Goreng dalam minyak panas sampai matang.
7. Gerus cabe rawit, bawang putih, dan garam dalam cobek. Jangan terlalu halus supaya lebih berasa.
8. Siram dengan minyak panas.
9. Geprek ayam bersamaan dengan cabe.
10. Beri parutan keju atau lelehan keju mozarella.

Ayam geprek gampang dan enak pun siap disantap!

Nah itu tadi beberapa alasan yang bikin ayam geprek jadi hits abis. Duh, ngomongin ayam geprek jadi laper ya. Makan dulu yuk, jangan lupa langsung praktik pakai resep ayam geprek ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *