Awal Tahun 2018, 8 Makanan Ini Merupakan yang Termahal Di Dunia! Bahkan Ada yang Seharga dengan Biaya Kuliah 4 Tahun, Lho!

3.143 views

Mengonsumsi makanan mahal dan berkualitas pasti menjadi idaman setiap orang. Rasanya bangga sekali kalau pernah atau beberapa kali mengonsumsi makanan dengan harga diatas rata-rata. Tetapi sayang, akibat ketimpangan ekonomi hanya beberapa orang yang mampu untuk mengonsumsi makanan mahal terus menerus. Alhasil akhirnya kita memilih untuk mengonsumsi makanan yang sesuai dengan budget dan membuat perut kita kenyang, iya kan?

Ngomong-ngomong soal makanan mahal, Kawan Muda pasti tahu dong beberapa makanan termahal di dunia? Selama ini yang kita tahu adalah Saffron, Truffle, Kaviar, dan Kopi Luwak. Padahal nih, ada jenis makanan lain yang harganya setara dengan biaya kuliah 4 tahun! Penasaran kan, apa saja makanannya? Dilansir dari Eat Sip Trip, ini dia:

1. Truffle Putih Italia, US$ 45.000 per pound

via: pixel.nymag.com

Salah satu makanan termahal di dunia ini berasal dari Italia, yang pada tahun 2017 berhasil dijual sebesar US$ 85.600 pada acara lelang. Saking mahalnya makanan ini, truffle putih yang dijual hanya untuk garnish saja dapat berharga US$ 3000 per pound pada awal tahun 2018! Kenapa truffle ini bisa mahal banget? Hal ini dikarenakan pertumbuhan truffle semakin langka di tahun 2018, yang menyebabkan suplai ke seluruh Eropa menjadi berkurang.

2. Ayam Cemani, US$ 5.000 per ekor

via: hipwee.com

Ayam Cemani aka Ayam Hitam merupakan salah satu makanan termahal di dunia yang berasal dari Indonesia. Ayam ini disebut juga sebagai Lamborghini of Poultry, karena keunikan rasnya yang berwarna hitam, mulai dari luar penampilan hingga ke organ dalamnya. Ayam hitam ini dipercaya oleh masyarakat Indonesia dapat membawa keberuntungan dan obat bagi berbagai jenis penyakit, jika dikonsumsi secara rutin. Sayangnya ayam ini termasuk langka, dan diprediksi hanya sekitar 3.500 ekor yang hidup di dunia saat ini.

3. Kopi Luwak, US$ 300 per pound

via: richandloaded.com

Satu lagi makanan termahal di dunia yang berasal dari Indonesia. Kopi Luwak merupakan kopi dengan harga termahal di dunia yang berasal dari Pulau Sumatra. Dibuat dari biji kopi yang sebelumnya dimakan oleh luwak, yang kemudian “sisa” dari konsumsi tersebut diolah untuk dijadikan kopi. Bagi orang barat, Kopi Luwak disebut juga sebagai cat poop coffee. Kenapa kopi luwak bisa mahal? Keunikan cara “panen” kopi tersebut yang memberikan rasa tidak biasa untuk kopi harianmu.

4. Saffron, US$ 2.240 per pound

via: ndtvimg.com

Saffron merupakan salah satu rempah makanan termahal di dunia. Sedikit saja memasukkan saffron ke dalam makanan, maka rasa yang ada akan terus bertahan lama tanpa perlu ditambahkan lagi. Saffron terbilang langka karena hanya tumbuh di 4 negara, Iran, Spanyol, Yunani, dan India. Selain itu, untuk memanen saffron diperlukan skill tingkat tinggi, karena harus dipetik dengan tangan bunganya satu per satu sebelum kering. Jadi, wajar kan kalau mahal?

5. Biji Vanilla Madagaskar, US$ 660 per pound

via: alicdn.com

Selain Saffron, Biji Vanilla Madagaskar merupakan salah satu rempah termahal yang ada di dunia. Biji Vanilla ini hanya di terdapat di 3 negara, Meksiko, Tahiti, dan Madagskar, dimana di negara terakhir rasa yang dihasilkan sangatlah kaya dan lezat. Berbeda dengan Saffron, Vanilla merupakan salah satu bahan utama dalam setiap makanan, mulai dari roti hingga es. Bahkan menurut salah satu pembuat es krim ternama di California mengatakan, impor vanilla merupakan biaya pengeluaran paling tinggi dalam perusahaannya.

6. Daging Blonde d’Aquitaine US$3,200 per steak

via: antmg.com

Daging asal Prancis ini memang tidak seterkenal Daging Kobe dari Jepang, namun harga yang dikeluarkan untuk mengonsimsi daging ini sangatlah mahal. Daging Blonde termasuk daging unik dan langka, karena hanya sekitar kurang dari 100 daging jenis ini yang masih tersisa. Sudah gitu, hanya ada 2 chef di dunia yang diperbolehkan untuk memasak daging ini, yaitu Fabrice Vulin di Restoran Caprice, Hong Kong, dan Pierre Négrevergne dari Restoran La Terrace Mirabeau di Paris.

7. Melon Yubari King, US$ 10.000 per buah

via: independent.co.uk

Melon Yubari King merupakan satu-satunya buah yang masuk dalam jajaran makanan termahal di dunia. Tumbuh di kawasan Yubari, Jepang, makanan mewah ini hanya diberikan sepasang sebagai hadiah di musim panas (o-Chugen). Memiliki rasa yang manis dan enak, dan dapat memberikan sensasi leleh di mulut. Pada tahun 2017, sepasang buah Melon Yubari King terjual di pelelangan sebesar US$ 30.000! Sepertinya enak banget, ya?

8. Kaviar Beluga Iran, US$ 18.000 per pound

via: blogspot.com

Kalau membicarakan makanan termahal di dunia, rasanya aneh jika tidak memasukkan kaviar dalam list. Tapi Kaviar Beluga dari Ikan Beluga merupakan yang terenak diantara yang terenak. Kaviar ini dulunya dianggap sebagai makanan rendahan, karena hanya dikonsumsi oleh nelayan yang membutuhkan asupan protein berlebih. Saat ini, Kaviar putih ini merupakan jenis yang termahal, dan memiliki harga yang lebih mahal dari emas. Kaleng pembungkus Kaviar ini saja terbuat dari emas 24 Karat! Nggak percaya, kan?

Nah diantara makanan mahal diatas, yang mana nih menurut Kawan Muda paling enak dan ingin kalian cicipi? Atau jangan-jangan kalian sudah pernah mencicipi sebelumnya? Apapun itu, jangan lupa share pengalaman mencicipi makanan termahal di atas dalam kolom komentar, ya!