6 Resep Sambal Bawang Ini Asli Bikin Ngiler. Yuk, Bikin!

12.008 views
resep sambal bawang
via: cnnindonesia.com

Sambal adalah hal yang tak bisa diganggu gugat dalam sajian kuliner nusantara. Bukan melebih-lebihkan rasanya jika ada ungkapan yang bilang bahwa orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa sambal. Apa pun makanan yang disajikan, harus ada sambal sebagai pelengkap.

Bahkan ada juga yang sudah puas dengan sepiring nasi putih hangat, kerupuk, dan sambal; karena ketiganya adalah perpaduan yang nikmat meski kelihatannya sangat sederhana.

Nah, untuk memenuhi kecintaan orang Indonesia akan sambal, Kita Muda akan berbagi aneka resep sambal bawang nikmat untuk pelengkap acara makan kamu. Dijamin deh, kamu akan semakin lahap kalau ditemani oleh berbagai macam pilihan sambal bawang berikut ini:

1. Kita awali dengan resep sambal bawang yang paling sederhana. Bahannya simpel, cara membuatnya juga. Mungkin akan lebih nikmat lagi kalau Kawan Muda menambahkan pete atau lalap timun. Yumm!

resep sambal bawang
Resep sambal bawang | via: blog.omiyago.com

Bahan:

  • 7 buah cabai rawit merah segar
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir bawang merah
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:

  1. Tumis cabai, bawang putih, dan bawang merah dalam minyak yang panas hingga sedikit layu, angkat.
  2. Ulek cabai, bawang putih, dan bawang merah hingga halus. Tambahkan gula dan garam, ulek lagi sebentar. Siap disajikan

2. Kalau yang satu ini adalah resep sambal bawang mentah. Whoa, buat yang suka pedas pake banget, yang ini kayaknya wajib dicoba.

resep sambal bawang
Resep sambal bawang mentah | via: fimela.com

Bahan:

  • 10 buah cabai rawit merah segar
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Garam, secukupnya
  • Gula pasir, secukupnya
  • 2 sendok makan minyak sayur, atau secukupnya

Cara membuat:

  1. Siapkan semua bahan. Pastikan  semua bahan telah dicuci terlebih dahulu menggunakan air mengalir.
  2. Ulek cabe rawit serta bawang merah dan bawang putihnya.
  3. Tambahkan bumbu, garam dan gula. Kemudian ulek kembali hingga halus.
  4. Tahap terakhir yaitu tuangkan minyak sayur yang telah dipanaskan sebelumnya ke dalam ulekan tersebut. Campurkan semua bahan bisa menggunakan ulekannya kembali atau sendok agar lebih gampang.
  5. Sambal pun siap dinikmati.

3. Sambal bawang ditambah cumi, waduh, kebayang enggak tuh betapa nikmatnya. Langsung saja deh kita intip resep sambal bawang cumi asin berikut ini.

resep sambal bawang
Resep sambal bawang cumi asin| via: cookpad.com

Bahan:

  • 150 g cabai rawit merah
  • 100 g bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 1 sdt garam
  • 250 ml minyak sayur
  • 50 g cumi asin, cuci,tiriskan, potong-potong 1 cm
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya

Cara membuat:

  1. Masukkan cabai, semua bawang, dan garam ke dalam food processor/blender. Proses hingga halus. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, tumis sambal hingga harum.
  3. Masukkan cumi asin, aduk. Masak hingga matang.
  4. Tambahkan air jeruk nipis, aduk rata. Angkat. Segera masukkan ke dalam wadah steril. Tutup rapat.

4. Salah satu sambal bawang botol yang kelezatannya tak perlu diragukan adalah sambal bawang ala Bu Rudy. Penasaran bagaimana cara membuat sambal bawang ala Bu Rudy yang nikmat? Yuk, simak resep sambal bawang ala Bu Rudy berikut ini:

resep sambal bawang
Resep sambal bawang ala Bu Rudy | via: fimela.com

Bahan:

  • 15 buah cabai rawit
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah jeruk purut
  • garam, gula dan penyedap secukupnya

Cara membuat:

  1. Goreng cabai rawit, bawang merah dan bawang putih hingga matang. Ulek hingga halus.
  2. Panaskan lagi minyak, dan tumis sambal bawang. Masukkan garam, gula dan penyedap rasa secukupnya. Tumis hingga sambal sedap dan warnanya pekat.
  3. Biarkan dingin, siapkan wadah botol kaca. Sambal bawang siap dikemas dan dibawa ke mana-mana.

5. Sebelumnya ada resep sambal bawang cumi, kali ini ada resep sambal bawang teri pedas. Wuidih, enggak kalah nikmat, sih!

resep sambal bawang
Resep sambal bawang teri pedas | via: batamnews.co.id

Bahan:

  • Teri 1 ons (belah, buang duri dan kotorannya), cuci bersih
  • Bawang merah 1 1/2 ons (bersihkan, belah 2, lalu cuci bersih)

Bumbu ditumbuk kasar:

  • Cabai merah 1/2 ons
  • Cabai rawit 1/2 ons
  • Bawang putih 3-4 siung
  • Tomat 1 buah, ukuran kecil

Cara membuat:

  1. Langkah awal tumis bumbu yang ditumbuk kasar sampai tercium aroma wangi sedap.
  2. Selanjutnya masukkan bawang merah yang sudah di belah 2 tadi sampai agak layu.
  3. Masukkan teri, aduk rata dan tambahkan air bersih kira-kira 1 gelas.
  4. Biarkan sampai mendidih, sambal serta teri matang dan agak surut airnya.
  5. Tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap rasa jika suka.
  6. Cek rasa sesuai yang di inginkan.
  7. Resep sambal bawang teri siap untuk di nikmati bersama nasi putih, lalapan dan lainnya. Mantap!

6. Makanan yang satu ini adalah favorit banyak orang. Yup,  ayam bawang sambal geprek! Sudah pada ngiler? Langsung saja deh dicoba resep sambal bawang ayam geprek ini.

resep sambal bawang
Resep sambal bawang ayam geprek| via: fimela.com

Bahan:

  • 1 ekor ayam potong 8 bagian
  • 2 sendok teh air jeruk nipis
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bahan Pelapis:

  • 400 gram tepung terigu
  • 4 sendok teh baking powder
  • 50 gram maizena
  • 2 sendok teh bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh garam

Bahan Pencelup :

  • 250 ml air es

Bahan Sambal Bawang:

  • 15 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 cabai merah besar
  • 15 buah cabai rawit merah
  • 1 batang serai, diiris
  • 1 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 250 ml minyak untuk menumis

Pelengkap:

  • Nasi putih
  • Daun Pisang

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam.
  2. Campur rata bahan pelapis. Gulingkan ayam di atasnya.
  3. Celup ayam ke dalam air es.
  4. Gulingkan lagi di bahan pelapis sambil dicubit-cubit dan diangkat-angat.
  5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
  6. Sambal bawang: ulek bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, dan serai.
  7. Panaskan minyak. Tumis sambal di atas api kecil hingga harum dan matang. Tambahkan garam. Aduk rata.

Whoa, menggoda semua resep sambal bawang di atas? Ngiler? Langsung masak aja, yuk!