5 Resep Masakan Paling Banyak Dicari di Google 2019

boba cake

2019 udah di penghujung bulan. Google belum merilis resep masakan apa yang paling sering dicari secara resmi. Namun, ahli kepo Kita Muda udah ngumpulin beberapa resep kuliner yang trending di 2019 nih!

Beberapa di antaranya pasti udah pernah kamu cobain. Kalau belum, yaaa bisalah kamu bikin sendiri di rumah pakai resep ini.

Langsung aja yuk, intip 5 resep masakan paling banyak dicari di Google 2019.

1. Sostel

sostel
Sostel | via pinterest.com

Bahan:
4 butir telur ayam
4 batang sosis
1 batang daun bawang, iris halus
1 batang wortel ukuran sedang, parut/cincang
1/2 batang seledri, iris halus
keju cheddar secukupnya, parut
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya

Alat:
Plastik es loli/cetakan es tahan panas secukupnya
Tusuk sate/stik es krim

Pelengkap:
Saus tomat/sambal secukupnya
Mayones secukupnya

Cara membuat sostel (sosis telur):
1. Pecahkan telur, kemudian kocok lepas. Masukkan daun bawang, seledri, wortel, keju, penyedap rasa dan garam. Kocok hingga merata.
2. Masukkan ke dalam plastik es loli, kemudian ikat kuat dengan karet. Jika tidak mau menggunakan plastik es loli, bisa gunakan cetakan es dari plastik yang food grade dan tahan panas. Selipkan tusuk sate di tengahnya.
3. Kukus sostel sampai matang. Setelah matang, keluarkan dari cetakan.
4. Goreng sebentar sostel dengan minyak panas. Boleh diberi lumuran telur dan tepung panir jika suka.
5. Sajikan dengan saos dan mayones.

2. Sugor

Bahan:
300 gr susu UHT / susu sapi
60 gr tepung maizena / tepung jagung
60 ml air
50 gr gula
1 sdt vanilla
100 gr terigu serbaguna
1/4 baking powder
110 ml air dingin

Cara membuat Sugor (susu goreng):
1. Campur tepung maizena dengan 1/3 gelas air, aduk hingga rata dan pastikan tidak ada gumpalan, lalu sisihkan.
2. Siapkan panci dan masukkan bahan susu dan gula aduk hingga tercampur menjadi satu.
3. Panaskan bahan susu dan gula menggunakan api kecil sambil diaduk.
4. Setelah gula larut, masukkan bahan maizena dan air tadi kedalam panci. Jangan pernah ditinggalkan saat dipanaskan, aduk terus hingga mengental.
5. Angkat dan masukkan ekstrak vanilla. Bisa juga ditambah bahan lain sesukamu.
6. Jika bahan sudah tercampur, masukkan ke wadah plastik yang sudah dibasahi air agar tidak lengket. Tuang dan ratakan.
7. Tunggu hingga beberapa menit agar uap panas hilang. jika sudah masukkan bahan di wadah plastik di kulkas selama 2 jam.
8. Sambil menunggu bahan di kulkas, buat adonan untuk bagian kulitnya.
9. Campur bahan tepung serbaguna dan baking powder ditambah 1 sdt gula. kemudian aduk hingga rata.
10. Jika sudah, tambahkan air dingin 110 ml lalu aduk lagi.
11. Terakhir, tambahkan minyak sayur 15 gr, aduk kembali. masukkan ke dalam kulkas agar adonan mengembang.
12. Sambil menunggu adonan kulit, potong adonan bahan susu yang telah didinginkan selama 2 jam tadi.
13. Sebelum dipotong, taburi alas dan bagian atas adonan dengan tepung maizena agar tidak lengket. kemudian potong kotak-kotak bahan susu. Hati-hati saat memotong karena adonan susu lembut sekali seperti tahu.
14. Bahan yang sudah dipotong kotak-kotak, lumeri dengan tepung maizena di semua sisi.

Cara menggoreng sugor:
1. Siapkan adonan kulit masukkan bahan susu kotak. Kemudian goreng dengan api kecil dan minyak hingga bahan tenggelam.
2. Angkat jika sugor jika warnanya sudah agak kekuningan.
3. Jika semua sudah digoreng agak kekuningan, goreng lagi kedua kalinya sampai warnanya kuning keemasan. Sugor digoreng dua kali biar kulitnya lebih kering. kemudian angkat dan tiriskan.
4. Taruh dipiring saji, tambahkan bahan favoritmu (opsional bisa gula tabur atau fla).

3. Boba cake

Bahan cake:
450gr tepung terigu
1 1/2 sdm baking powder
290gr mentega
200gr gula bubuk
100gr krimer kental manis
5 butir telur ayam
buttercream secukupnya

Bahan boba:
50ml air
150ml madu
200gr boba pearl siap pakai

Cara membuat:
1. Campurkan susu dengan perasa favoritmu, masak dengan api kecil hingga matang. Kemudian saring dan masukkan ke dalam kulkas hingga dingin.
2. Campurkan tepung terigu dengan baking powder, aduk-aduk, sisihkan.
3. Tuang mentega dalam mangkok, campur dengan gula bubuk dan krimer kental manis. 4. Kocok menggunakan mixer. Setelah itu masukkan telur, kocok lagi hingga rata.
4. Tambahkan campuran tepung terigu dan baking powder sedikit demi sedikit ke dalam adonan mentega, kocok kembali.
5. Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam 3 loyang bulat dan panggang di oven dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang.
6. Campurkan air dan madu kemudian kocok hingga menyatu. Lalu masukkan boba pearl ke dalam campuran madu dan air, kemudian masak hingga boba matang. Sisihkan.
7. Susun cake yang sudah matang menjadi tumpuk tiga. Olesi dengan buttercream di setiap lapisannya dan di sekililing cake.
8. Tambahkan boba pearl di atas cake sebagai topping.
9. Boba cake siap disajikan.

4. Susu Regal

es susu regal
Es Susu Regal | via coffeland.co.id

Bahan:
200 ml susu UHT full cream
kental manis secukupnya
1 sendok makan krimer bubuk
1 sendok teh ekstrak rhum (opsional)
1 sendok makan susu evaporasi
3 keping marie regal, tumbuk kasar
es batu

Topping:
marie regal secukupnya, patahkan

Cara membuat:
1. Masukan susu UHT ke dalam gelas, kemudian tambahkan kental manis sesuai selera.
2. Tambahkan krimer bubuk, ekstrak rhum (opsional), dan susu evaporasi. Aduk hingga tercampur sempurna.
3. Masukkan es batu ke dalam susu regal, kemudian letakkan marie regal yang sudah dipatah-patahkan sebagai topping.
4. Susu regal siap disajikan

5. Es Kopi Susu Gula Aren

Es Kopi Susu Kekinian | via cetrocoffee.com
Es Kopi Susu Kekinian | via cetrocoffee.com

Bahan:
10-15 ml creamer
50-55 ml kopi
25 ml gula aren
120 ml susu segar
es batu

Cara membuat:
1. Untuk kopi, masukkan kopi dan air panas dalam coffee presser. Jangan diaduk dan biarkan selama 2 menit hingga kopi menyatu dengan sendirinya untuk menjaga aromanya
2. Untuk racikan susu, panaskan dengan api sedang lalu angkat. Kalau mau lebih creamy, kocok susu dengan french press hingga teksturnya kental. Diamkan sampai agak dingin
3. Setelah siap, masukkan gula aren ke dalam gelas
4. Masukkan es batu secukupnya
5. Masukkan susu dan masukkan kopi, usahakan susu dan kopi sudah dingin agar rasanya tidak rusak
6. Masukkan creamer sesuai selera
7. Es kopi susu gula aren siap dinikmati

19 Taman di Bandung, Alternatif Tempat Wisata Murah Meriah

taman di bandung

Sebagai Paris Van Java, Bandung nggak cuma terkenal akan fashion dan kuliner yang kaya. Tapi juga tata letak kota yang cantik. Meskipun beberapa tahun belakangan macetnya sudah hampir menyamai Jakarta, tapi Bandung masih punya banyak tempat buat refreshing.

Salah satunya adalah taman. Taman di Bandung jumlahnya banyak banget. Taman bisa jadi alternatif tempat wisata murah di Bandung. Selain gratis, banyak taman yang memang didesain oleh arsitek berkelas sehingga menghasilkan taman yang ciamik.

Apa aja sih? Yuk, intip beberapa daftar taman di Bandung yang asyik untuk disinggahi.

1. Taman Vanda

taman vanda
via explorebandungbarat.com

Terletak di seberang Taman Balai Kota, Taman Vanda makin apik saat dikunjungi di malam hari. Ada air mancur yang dihiasi lampu warna-warni. Berasa di luar negeri gitu, tapi versi mininya.

2. Taman Balai Kota

Setiap kota pasti punya Balai Kota. Di Bandung, ada Taman Balai Kota yang letaknya memang dekat dengan kantor Balai Kota. Taman keluarga ini ada labirin dan serta beberapa patung yang ikonik.

Ada patung Dewi Sartika, salah satu pahlawan wanita yang berasal dari Jawa Barat. Patung badak, merupakan binatang khas Jawa Barat, dan patung badak putih dan merpati.

3. Taman Fotografi atau Taman Cempaka

Dihadiahkan oleh kamu yang hobi fotografi. Taman ini dilengkapi dengan cermin-cermin, spot foto, dan arena bermain anak. Ada WiFi Bandung Juara juga, taman ini sering banget dijadikan pertemuan oleh komunitas fotografi di Bandung.

4. Taman Pasupati

Taman ini berada di bawah jembatan layang. Lebih populer dengan nama Taman Jomblo. Pasalnya, ada kursi-kursi permanen dengan ketinggian berbeda yang berjumlah satu. Jarak antar kursi agak berjauhan sehingga kamu harus duduk sendiri di kursi ini. Layaknya seorang jomblo 🙁

Dekat dari Taman Jomblo juga ada taman skateboard. Arena skateboard di bawah jembatan layang. Mengundang ketertarikan sendiri bagi para skateboarder kota kembang ini.

5. Taman Film

taman film bandung
via travelingyuk.com

Sebagai yang pertama di Indonesia, Taman Film ini sangat digemari lebih-lebih oleh sineas. Ada videotron raksasa berukuran 4×8 meter. Letaknya dekat dengan Taman Pasupati dan Taman Skateboard, yakni di bawah jembatan layang Pasupati.

6. Taman Musik Centrum

Gitar yang besar menjadi ikon taman ini untuk kamu berfoto. Orang-orang juga menyebut taman ini sebagai Taman Pengki alias Pengkolan Fungki. Pengkolan adalah belokan dalam Bahasa Sunda.

7. Taman Lansia

Meskipun namanya lansia, bukan berarti kamu yang muda-mudi nggak boleh ke sini lho. Taman ini rindang banget, jadi cocok buat lansia kalau jalan-jalan. Banyak tempat duduknya. Ada pepohonan dan semacam jembatan kecil gitu, not bad buat selfie atau nongkrong sejenak.

8. Taman Super Hero

Buat bapak-bapak ibu-ibu nih, ajak anak ke sini pasti seneng banget. Ada arena mainan anak dan sesuai namanya, banyak patung super hero dipajang di taman ini. Ada Gatotkaca, Superman, dan Batman.

9. Pet park

Buat kamu yang punya hewan peliharaan, boleh banget nih jalan-jalan ke sini. Kalau belum punya pun, juga nggak dilarang ke sini. Di taman ini ada fasilitas yang dikhususkan untuk hewan peliharaan.

10. Taman Dewi Sartika

Taman ini memiliki dekorasi mirip Stonehedge, ada aneka bunga dan trotoar luas untuk berjalan kaki. Sungai Cikapayang menjadi area terfavorit di sini untuk bermain air. Pengunjung biasanya mencelupkan kaki ke sungai dangkal ini agar makin menikmati santainya di taman ini.

11. Taman Teras Cikapundung

Berada di daerah Babakan Siliwangi. Taman ini memiliki tiga zona yakni zona wisata, zona air, dan ampitheatre untuk pertunjukan musik. Aliran Sungai Cikapundung di sini juga bisa digunakan untuk rafting.

12. Cikapundung River Spot

cikapundung river spot
via destinasibandung.co.id

Taman ini berada di Jalan Braga. Selalu ramai dengan pemuda pemudi. Ada air mancur lengkap dengan lampunya yang menyala saat malam hari. Serta disediakan tempat duduk untuk bersantai.

13. Taman Pustaka Bunga Cilaki

Suasana sejuk dan asri pasti kamu dapati kalau ke sini. Bunga cantik berbagai jenis bermekaran. Ingat, kalau ke sini kamu harus mematuhi aturan ya: jangan bawa makanan, minuman, dan hewan peliharaan.

14. Taman Cibeunying

Mulanya hutan kota, namun taman ini berubah fungsi menjadi taman dan banyak digemari oleh komunitas fotografi untuk berkumpul. Sekedar foto atau bahkan menjadi spot prewedding favorit di Bandung.

15. Taman Gesit

Gerak lebih gesit di Taman Gesit. Taman ini cantik banget dengan aneka fasilitas yang membuat kamu senang beraktivitas outdoor. Serba putih hijau. Teduh dan menyenangkan.

16. Taman Lalu Lintas

Taman ini menyerupai rambu-rambu lalu lintas. Sebagai sarana belajar untuk anak sambil bermain.

17. Taman Cempaka

Taman Cempaka alias taman foto. Merupakan taman lainnya yang digemari untuk mereka yang suka seni fotografi.

18. Taman Sejarah

Taman tematik yang satu ini cukup terkenal. Sesuai namanya, taman sejarah menyajikan sejarah Kota Bandung. Ada urutan walikota serta foto-foto para pahlawan dalam kaca akrilik.

19. Alun-alun Kota Bandung

Alun-alun Bandung
Alun-alun Bandung | via eljohnnews.com

Terakhir sebelum Bandung membangun taman-taman keren lainnya, tempat yang satu ini nggak boleh dilupakan. Alun-alun Kota Bandung merupakan taman paling terkenal yang berada di tengah kota Bandung. Menggunakan hamparan rumput sintesis, kamu bisa membaca buku, bergulingan, dan bersantai bersama teman-teman di sini.

Buat kamu yang mau main ke Bandung, selain explore keindahan alam dan tempat wisata populer di Bandung jangan lupa sesekali cobain nyore di taman ya. Asli, asik banget apalagi pas cuaca Bandung lagi adem-ademnya.

5 Inspirasi Resep Masakan Simple ala Rumahan, Gampang dan Anti Ribet!

resep masakan rumahan

Bagi sebagian orang, masak itu kesenangan. Bisa masak apalagi dengan hasil masakan yang dibilang enak, merupakan kebanggaan tersendiri.

Ingat ya Kawan Muda, masak nggak punya jenis kelamin. Meskipun sering diidentikkan dengan hobi ibu atau perempuan, sebenarnya banyak juga lho chef yang laki-laki.

Anyway, kali ini Kita Muda punya kumpulan inspirasi resep masakan simple ala rumahan yang gampang dan anti ribet. Cocok untuk kamu seorang istri baru, pemula yang ingin belajar masak, atau ibu rumah tangga.

Plusnya lagi, kalau menu-menu masakan berikut ini dibuat untuk dua porsi buat kamu dan suami, budget yang dikeluarkan untuk beli bahan masakan ini nggak sampai Rp 20.000 lho! Hemat banget kan.

Cus deh, salin dan ingat baik-baik resep masakan rumahan sederhana berikut.

1. Sop ayam bening

Bahan:
½ ekor ayam, potong 4 bagian
1 wortel, potong
2 buah kentang, kupas lalu potong
100 g buncis, buang ujungnya
2 lembar seledri, potong 2 cm
2 lembar daun bawang, potong 2 cm
1 bungkus penyedap serbaguna, jika suka
1.5 L air
1 sdm margarin

Cara membuat:
1. Rebus ayam hingga empuk di atas api sedang.
2. Panaskan wajan dan lelehkan margarin. Tumis bawang putih hingga kekuningan lalu masukkan ke dalam air rebusan kaldu.
3. Masukkan wortel dan kentang lalu buncis. Tambahkan penyedap serbaguna dan masak di atas api kecil hingga matang.
4. Tambahkan daun bawang dan daun seledri, lalu matikan api.
5. Sajikan dalam mangkuk dan taburi dengan bawang merah goreng. Santap selagi hangat.

PS: Sop ini lebih enak juga kalau disantap pakai lauk ayam kecap. Cobain deh!

2. Sayur bayam

sayur bayam
via semua-sehat.com

Bahan:
1 ikat bayam
1 buah tomat
2 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 daun salam
lada secukupnya
garam secukupnya
gula secukupnya

Cara membuat sayur bening:
1. Uleg halus bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan lada.
2. Panaskan air, masukkan bumbu ulegan tadi ke dalam air, tambahkan daun salam. Tunggu hingga mendidih.
3. Masukkan bayam ke dalam air mendidih tadi. Aduk rata lalu tunggu. Masukkan tomat, lalu koreksi rasa (tambahkan gula dan garam secukupnya).
4. Sayur bayam siap disajikan.

PS: Sayur bayam sebaiknya dikonsumsi maksimal 5 jam setelah dimasak.

3. Tumis tempe kecap

via: dapurkobe.co.id

Bahan:
250 gram Tempe, potong 3 cm dan goreng setengah matang
15 gram Bawang Putih, iris tipis
25 gram Bawang Merah, iris tipis
25 gram Cabai Merah, potong
2 akar Lengkuas
2 lembar Daun Salam
1 sdt penyedap serbaguna, jika ingin
2 sdm kecap manis
200 ml Air
4 sdm Minyak Sayur

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi.
2. Masukkan lengkuas, daun salam, serta cabai lalu masak hingga matang.
3. Masukkan tempe, air, penyedap serbaguna, dan kecap manis.
4. Masak hingga bumbu meresap ke dalam tempe dan air agak surut.
5. Sajikan hangat-hangat.

PS: Kamu juga bisa mengkreasikan tumis tempe ini dengan kacang panjang atau buncis

4. Bihun goreng sayuran

bihun goreng
via notepam.com

Bahan:
1 bungkus bihun jagung, rendam di air panas dan tiriskan
2 butir telur
baby pakcoy secukupnya, iris tipis
1 kembang kol, iris tipis
2 sdm kecap manis
1 sdt penyedap rasa, jika ingin
6 siung bawang merah
3 siung bawah putih
3 butir kemiri
3 buah cabai rawit atau sesuai selera
minyak goreng

Cara membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum.
2. Masukkan kol dan pakcoy yang telah diiris tipis. Aduk rata hingga tercampur dan sayuran sedikit layu.
3. Dalam penggorengan, pinggirkan dulu sayuran, masukkan dua butir telur, orak-arik, lalu masukkan sedikit air. Aduk rata.
4. Masukkan bihun jagung yang telah direndam. Aduk rata, tambahkan kecap manis dan penyedap rasa.
5. Angkat dan sajikan selagi hangat.

5. Terong balado

terong balado
terong balado | via fimela.com

Bahan:
2 buah terong ungu, belah empat bagian, potong panjang sesuai selera
3 siung bawang putih
4 siung bawang merah
5 buah cabai rawit atau sesuai selera
garam secukupnya
gula secukupnya
kaldu ayam secukupnya
minyak goreng secukupnya
air secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, dan garam. Jika sudah halus, tumis dengan minyak hingga aromanya harum.
2. Masukkan terong ke dalam bumbu, lalu aduk hingga rata.
3. Agar tidak gosong dan kering, tambahkan sedikit air, lalu masak hingga terong matang dan empuk.
4. Tambahkan sedikit gula dan kaldu ayam bubuk.
5. Aduk semua bahan hingga bumbu meresap dan tercampur rata.
6. Angkat terong, lalu sajikan. Lebih nikmat kalau dimakan dengan jamur crispy.

Wah, ngelihat resepnya aja udah bikin laper ya? Nggak sabar pengin makan. Eh, masak ding, hehe. Selamat mencoba, Kawan Muda!

Cara Membuat Salad Buah dan Sayur yang Enak bin Segar!

Salad adalah makanan yang sangat bagus untuk memelihara kesehatan tubuh. Selain segar, aman, dan menyehatkan, salad ini biasanya menjadi menu favorit untuk diet.

Salad buah bakal lebih enak dan nikmat kalau dimakan selagi dingin. Kamu juga bisa memilih sendiri buah yang kamu suka dengan cara bikin salad sendiri di rumah. Cara bikinnya gampang banget lho.

Selain salad buah segar, salad sayur juga nggak kalah populer. Salad sayur yang paling sederhana bisa kamu tiru dan temukan dari makan makanan Jepang. Banyak kok restoran ala Jepang yang membuat menu nasi, lauk, dan salad sebagai sayurnya.

Beruntung karena tidak ada satu pun negara yang mengklaim hidangan salad sebagai hidangan khasnya. Kecuali jika ada penyajian lain seperti potato salad yang diklaim khas Jerman atau gado-gado yang merupakan masakan khas Indonesia.

Mau diapain aja, salad selalu enak dan sehat. Simak yuk cara membuat salad yang paling mudah, hemat, sehat, dan nikmat seperti berikut ini!

Cara Membuat Salad Buah

cara membuat salad buah
Cara membuat salad buah | via: liputan6.com

Bahan:

Apel segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Melon segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Semangka 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Mangga segar 200 g, kupas kulitnya lalu potong dadu
Pepaya segar 1 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Anggur segar 200 g, belah jadi dua dan buang bijinya
Stroberi segar 20 g, belah jadi empat
Jelly atau pudding kemasan 1 pcs, buat lalu dinginkan
Mayonaise 150 ml
Keju parut
Kental manis vanila 1 kaleng
Jeruk nipis (opsional)

Langkah pembuatan:

  1. Potong semua buah lalu masukkan dalam kulkas agar menjadi lebih segar dan dingin
  2. Campurkan buah-buahan dalam satu wadah
  3. Campur mayonaise, kental manis, dan air perasan jeruk nipis agar lebih segar
  4. Keluarkan salad dari kulkas
  5. Tuang saus salad dengan mayonaise, madu, atau saus rasa lain kesukaan
  6. Taburi parutan keju sesuai dengan selera
  7. Salad buah siap disajikan

Cara Membuat Salad Sayur

Cara Membuat Salad Sayur
Cara Membuat Salad Sayur | via arenamesin.com

Bahan:

Kentang 2 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Wortel 2 buah, kupas kulitnya lalu potong dadu
Buncis 10 batang, potong 2 cm
Mentimun, potong tipis-tipis
Tomat merah 2 buah, buang bijinya, potong dadu
Daun selada secukupnya, robek kecil-kecil
Jagung manis 2 buah, cuci lalu serut
Mayonaise 150 ml
Keju parut
Kental manis vanila 1 kaleng
Jeruk nipis (opsional)

Langkah pembuatan:

  1. Kukus semua sayur kecuali selada hingga matang
  2. Setelah matang, dinginkan dahulu semua sayur dengan memasukkannya ke dalam kulkas
  3. Campurkan sayuran dalam satu wadah
  4. Campurkan mayonaise dan kental manis, air perasan jeruk nipis juga agar lebih segar
  5. Keluarkan salad dari kulkas
  6. Tuang saus salad
  7. Taburi parutan keju sesuai dengan selera
  8. Salad sayur siap disajikan

Cara Membuat Mayonaise Untuk Salad

Bahan:

Saus mustard 2 sdm
Minyak zaitun 300 ml
Kuning telur 2 buah
Air perasan jeruk nipis 1 sdm
Garam 1 sdt

Langkah pembuatan:

  1. Siapkan wadah, masukkan kuning telur dan saus mustard
  2. Kocok dengan mixer dengan kecepatan rendah atau spatula hingga lembut dan tercampur rata
  3. Masukkan garam lalu kocok lagi
  4. Tuang minyak zaitun sedikit demi sedikit sembari terus dikocok
  5. Setelah adonan menjadi agak kaku atau mengental, tuang jeruk nipis. Kocok lagi.
    Jika dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan air
  6. Saus mayonaise buatan sendiri untuk salad buah dan sayur siap dikonsumsi

Tuh kan, apa Kita Muda bilang, emang gampang banget kan cara bikinnya? Cus deh buruan belanja bahan-bahan salad lalu bikin salad sendiri di rumah.

Lebih asyik lagi kalau kamu bisa jadikan ini sebagai bisnis. Banyak lho bisnis salad rumahan yang cukup berhasil. Eh tapi, daripada kejauhan mikir bisnis mending nikmati dulu aja deh saladnya.

Selamat makan, Kawan Muda!

5 Resep Ayam Kecap Enak Buat Makan Bareng Keluarga

resep masakan rumahan

Ayam kecap merupakan olahan ayam yang terkenal selain ayam goreng. Cita rasa yang manis membuat ayam kecap ini sangat disukai oleh lidah orang Indonesia.

Selain itu, cara memasak ayam kecap ini gampang banget. Ayam kecap juga bisa dimodifikasi dengan berbagai rasa. Seperti apa? Simak yuk berbagai resep ayam kecap seperti berikut.

Resep ayam kecap sederhana

ayam kecap
via: royco.co.id

Bahan:
800 gram ayam, potong 8 bagian
1 buah jeruk nipis
3 siung bawah putih, memarkan
1 buah tomat, potong
1 sdt garam
2 sdm margarin
1 bawang bombay, potong dadu
2 buah cabai merah, buang bijinya, iris tipis
2 sdm kecap manis
1/2 sdt merica putih bubuk
150 ml air

Cara membuat:
1. Siram ayam potong dengan air jeruk sambil panaskan wajan dan siapkan minyak
2. Goreng ayam hingga setengah matang, lalu tiriskan
3. Panaskan margarin di atas wajan, lalu tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai hingga harum
4. Masukkan tomat, kecap, garam, dan merica, lalu aduk rata
5. Masukkan ayam lalu air, masak hingga bumbu meresap lalu angkat
6. Ayam kecap siap disajikan selagi hangat

Resep ayam kecap cabe ijo

Bahan:
– 1 batang serai
– Minyak goreng secukupnya
– 500 gram ayam
– 5 buah cabe ijo
– 4 sendok makan kecap manis
– 2 lembar daun salam
– 3 lembar daun jeruk
– 1 ruas jahe
– 1 sendok teh garam
– 100 ml air
– 3 siung bawang putih, potong
– 5 butir bawang merah, potong

Cara Membuat:
1. Goreng ayam setengah matang, tiriskan minyaknya.
2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Lalu masukkan serai dan jahe yang sudah dimemarkan.
3. Tambahkan salam, daun jeruk dan cabe ijo yang sudah diiris menyerong. Tuangi kecap manis dan air. Masak hingga harum.
4. Masukkan ayam, kemudian bumbui dengan garam. Masak sampai ayam benar-benar matang dan air menyusut.
5. Ayam kecap cabe ijo siap disajikan.

Resep ayam kecap pedas manis

Bahan:
– 2 batang daun bawang
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 500 gram ayam potong
– 5 buah cabai rawit
– 100 ml air
– 2 buah cabai merah besar (opsional)
– 4 siung bawang putih
– 4 sendok makan kecap manis
– 1/2 ruas jahe
– 1/2 buah bawang bombay
– 1 1/2 sendok teh garam
– 1 buah tomat
– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
1. Potong ayam jadi enam bagian. Memarkan bawang putih dan jahe. Iris memanjang bawang bombay, kemudian iris menyerong daun bawang dan cabai merah besar. Potong-potong tomat seukuran dadu dan iris halus cabai rawit.
2. Panaskan minyak, lalu goreng ayam sampai setengah matang.
3. Tumis jahe, bawang bombay, dan bawang putih hingga layu. Masukkan ayam, aduk sebentar.
4. Tambahkan kecap manis, air, garam, dan lada. Masak sampai air menyusut dan ayam matang.
5. Selanjutnya masukkan tomat dan daun bawang. Aduk sebentar sampai cukup layu.
6. Ayam kecap pedas manis siap dihidangkan.

Resep ayam kecap santan

ayam kecap santan
via brilio.net

Bahan:
– 2 cm kayu manis
– 2 butir kapulaga
– 4 siung bawang putih (cincang halus)
– 1 ekor ayam (dipotong menjadi 6-8 bagian)
– 1/2 buah bawang bombay (iris memanjang)
– 5 butir cengkeh
– 5 sendok makan kecap manis
– 3 buah bunga lawang/pekak
– 2 buah tomat (potong kecil)
– 1 batang Daun bawang (iris halus)
– 1 sendok makan air jeruk nipis
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 100 ml santan kental
– Bawang goreng secukupnya
– Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:
1. Baluri ayam yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit.
2. Goreng ayam sampai matang, tiriskan minyaknya.
3. Tumis bawang putih, bawang bombay, dan merica bubuk sampai harum. Masukkan tomat, kemudian masak sampai layu.
4. Masukkan cengkeh, kapulaga, bunga lawang, dan kayu manis. Aduk dan masak sampai harum. Setelah itu bumbui dengan kecap manis.
5. Masukkan ayam goreng, kemudian tuang santan kental.
6. Masak sampai kuah agak mengental dan ayam matang sempurna. Angkat dari kompor, sajikan dengan taburan bawang goreng.
7. Ayam kecap santan siap disajikan.

Resep ayam kecap saus tiram

Bahan:
– 2 sendok makan saus tiram
– Gula secukupnya
– 5 siung bawang putih (cincang kasar)
– 500 gram ayam (dipotong jadi 6 bagian)
– 1 buah bawang bombay (iris tipis)
– 6 sendok makan kecap manis
– 1 buah tomat kecil (iris)
– 1 sendok makan kecap asin
– 3 gelas air
– Garam secukupnya
– Merica secukupnya
– Seledri secukupnya
– Wijen sangrai secukupnya

Cara Membuat:
1. Goreng ayam sampai setengah matang.
2. Tumis bawang bombay, bawang putih dan tomat sampai harum. Masukkan ayam yang sudah digoreng.
3. Tambahkan air, lalu masukkan saus tiram, kecap manis dan kecap asin. Bumbui dengan garam, gula, penyedap rasa dan merica.
4. Masak sampai air menyusut, lalu sajikan dengan taburan seledri cincang dan wijen sangrai.
5. Ayam kecap saus tiram siap dinikmati.

 

Favorit kamu yang mana nih? Selamat mencoba, Kawan Muda!

Resep Eclair Enak dengan Aneka Varian Topping

eclair cokelat

Eclair adalah kue manis asal Perancis. Eclair banyak ditemukan di sekitar kita karena resepnya mudah diadaptasi. Kalau kamu masih asing dengan makanan ini, coba deh sesekali main ke bread store di sekitar kamu. Udah banyak kok yang jual kue ini.

Kue ini sedikit banyak mirip dengan kue sus. Hanya saja bentuknya ramping memanjang, merupakan choux yang teksturnya hampir seperti donat. Eclair bisa menjadi ide bagus untuk kue ulang tahun selain tart, pudding, pancake, atau cokelat.

Eclair konon muncul kali pertama di Perancis dengan sebutan “pain à la duchesse” atau “petite duchesse” dan dibuat oleh seorang chef bernama Antonin Carême. Nama eclair memiliki arti kilatan petir. Maknanya, kue ini biasa dimakan dengan secepat kilat tapi sudah cukup membuat perut terisi.

Makin ke sini, eclair makin populer. Tidak hanya di Eropa dan Amerika tapi juga di Indonesia. Variannya juga macem-macem. Cobain yuk beberapa resep eclair enak berikut ini!

 

 

Resep Dasar Eclair

Bahan kulit:

130 gram tepung terigu
1/2 sdt garam
100 gram margarin
4 butir telur
250 ml air

Cara Membuat:

1. Masukkan air, garam dan margarin. Masak hingga mendidih di atas api sedang
2. Masukkan tepung terigu, aduk hingga matang
3. Angkat adonan dan dinginkan. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk. Uleni hingga kalis kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga. Potong ujungnya dan semprotkan adonan di atas loyang
4. Panaskan oven, kemudian panggang adonan selama 25 menit. Angkat, dinginkan dan belah menjadi dua bagian. Hias dengan filling dan topping.

Resep Eclair Cokelat

Bahan isi eclair:

450 ml susu cair
200 gr gula
1/2 sdt garam halus
60 gr tepung maizena, larutkan dalam 75 ml air
1 butir kuning telur, kocok
1/4 sdt pasta cokelat
1 sdt margarin
150 gr cokelat blok, lelehkan
25 gr cokelat putih blok, lelehkan

Cara membuat:

1. Kulit eclair dibuat seperti resep dasar eclair
2. Campurkan bahan susu, gula, garam, tepung maizena, kuning telur, pasta cokelat dan margarin.
3. Kentalkan dan masak di atas api kecil
4. Masukkan ke dalam plastik segitiga, belah adonan eclair dan masukkan bahan isi eclair cokelat di dalamnya
5. Celupkan eclair ke dalam lelehan cokelat blok atau cokelat putih blok
6. Eclair cokelat siap disajikan

Resep Eclair Aneka Topping (Rainbow Eclair)

eclair aneka topping
eclair aneka topping | via pinterest.com

Bahan topping rainbow eclair:

3 butir putih telur
500 gram fondant
1/2 sdt cream of tartar
1/2 sdt ekstrak vanila
6 sdm air pewarna menurut selera

Cara membuat:

1. Kulit eclair dibuat seperti resep dasar eclair
2. Campurkan bahan topping rainbow eclair.
3. Kentalkan dan masak di atas api kecil
4. Masukkan ke dalam plastik segitiga, belah adonan eclair dan masukkan bahan isi di dalamnya
5. Kamu bisa berkreasi dengan aneka topping seperti almond, keju, stroberi, greentea dan lain-lain
6. Eclair aneka topping siap disajikan

Resep Black Eclair

black eclair
black eclair | via pinterest.com

Bahan tambahan kulit black eclair:

150 gr cokelat, lelehkan
1 sdt cokelat bubuk

Cara Membuat:

1. Bahan lain untuk kulit dan cara membuat kulit eclair sama seperti resep dasar eclair
2. Perlu diperhatikan, saat memasukkan tepung terigu, masukkan pula lelehan cokelat dan cokelat bubuk hingga warna kulit menjadi cokelat pekat
3. Selesaikan seperti resep dasar eclair
4. Tambahkan topping sesuai selera

Resep Eclair Sandwich

eclair sandwich
eclair sandwich | via pinterest.com

Bahan isi:

3 buah tomat, potong
50 gr daging asap
3 lembar selada, cuci bersih dan iris tipis-tipis
100 gr keju, parut
secukupnya mayonaise
secukupnya saus sambal

Cara membuat:

1. Kulit eclair dibuat seperti resep dasar eclair
2. Belah adonan eclair agar dapat diisi dengan isian sandwich
3. Tata rapi isian sandwich, bisa kamu tambahkan bahan lain yang gurih-gurih sesuai selera
4. Hiasi dengan topping sandwich seperti sosis, lalu bakar sebentar
5. Eclair sandwich siap disajikan

Yummy! Gampang banget kan cara masaknya? Tinggal sediakan niat penuh untuk membuatnya ya. Eclair paling enak dinikmati pas fresh from the oven. Selamat mencoba, semoga berhasil!

Cara Membuat Seblak, Camilan Khas Sunda yang Mengenyangkan

seblak

Seblak adalah jajanan khas Sunda yang sudah meluas ke mana-mana. Sebegitu masifnya tersebar di nusantara karena memang cara membuat seblak ternyata sangat mudah.

Kuliner khas Bandung ini punya berbagai manfaat untuk tubuh lho. Apalagi kalau nggak sekedar seblak tapi juga dicampur dengan aneka daging dan sayuran. Manfaat yang paling berasa sih, seblak ini jelas merupakan camilan yang mengenyangkan ya.

Seblak memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Seblak ini dasarnya kerupuk, kalau membuat seblak kering tentu kamu akan merasakan sensasi gurih dan pedasnya. Sedangkan seblak basah, rata-rata diolah dengan cita rasa yang pedas.

Ragam seblak pun beraneka. Berikut adalah resep seblak basah sederhana. Untuk menambah kelezatannya, kamu bisa mencampurnya dengan berbagai bahan sesuai selera.

Seperti seblak ceker, makaroni, mie, jamur, bakso, basreng, aci, batagor, kwetiau, siomay, kikil, telur, dan aneka sayuran lainnya.

 

seblak basah
seblak basah | via resepkoki.com

Resep Seblak Basah

Bahan-bahan:

Kerupuk orange mentah, direndam air panas sekitar 15 menit lalu tiriskan
1/2 kg ayam potong sesuai selera, direbus lalu suwir-suwir
2 butir telur, dikocok
10 butir bakso, diiris
1 batang daun bawang, diiris
Cabai rawit secukupnya, diiris memanjang
Garam secukupnya
1/4 kaldu bubuk
300 mili air
Minyak goreng, untuk menumis

Bahan Bumbu Halus:

4 siuang bawang merah
2 siung bawang putih
1 kencur
Cabai merah sesuai selara

Cara Membuat Bumbu Seblak Basah:

  1. Haluskan semua bumbu
  2. Panaskan minyak lalu orak-arik telur hingga matang, sisihkan
  3. Masukkan bumbu halus dan tumis sampai harum.
  4. Kemudian masukkan daun bawang, cabai rawit, ayam suwir, bakso, dan sosis dan aduk sampai merata.
  5. Tuangkan air secukupnya sambil terus diaduk. Lalu masukkan kerupuk dan aduk sampai kerupuk menjadi empuk hingga matang.
  6. Seblak basah siap disajikan.
seblak kering
seblak kering | via seblakkeringkaradenan.com

Resep Seblak Kering

Bahan-bahan:

1 ons kerupuk bawang
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 ruas kencur
Secukupnya penyedap rasa
Garam secukupnya
Cabe rawit sesuai selera
Minyak goreng

Cara membuat:

1. Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, kencur, dan lain-lain
2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus
4. Masukkan kerupuk bawang mentah dan aduk secara merata agar bumbu dan kerupuknya bisa lebih menyatu
5. Aduk-aduk hingga kerupuk bawang merekah
6. Tambahkan penyedap rasa lalu aduk secara merata
7. Setelah matang, angkat, tiriskan
8. Seblak kering siap disajikan
9. Kamu juga bisa menambahkan bumbu bubuk seperti rasa keju, barbeque, rumput laut dan lain-lain sesuai selera

 

Nah, mau coba bikin yang mana dulu nih? Prefer seblak basah sebagai camilan mengenyangkan bisa juga sebagai main course bagi beberapa orang atau suka seblak kering?

FYI, Kita Muda juga mau ngasih tau kamu tentang asal usul seblak nih. Meskipun terkenal sebagai makanan khas Sunda, beberapa sumber juga menyebutkan kalau mulanya seblak ini berasal dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah.

Masyarakat menilai hal ini sebab seblak sangat mirip dengan makanan rakyat kecil dari Sumpiuh yaitu kerupuk godog yang sudah populer sejak tahun 1940an, sementara seblak baru populer sekitar tahun 2000an.

Seblak juga sudah ada di daerah Cianjur bagian selatan sejak dari zaman sebelum kemerdekaan, makanan ini adalah makanan alternatif kaum masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajanan.

Makanan bertekstur kenyal ini cocok jika dimakan di siang atau sore hari, apalagi pas musim hujan. Beuh, seblak kuah akan membuat tubuhmu hangat. Makan seblak pas jam makan siang boleh juga, bareng temen sekantor, order online, biar hemat ongkir. Hihi! Who did that too?

Anyway, selamat makan seblak, Kawan Muda!

5 Varian Resep Ayam Goreng yang Terkenal di Nusantara

ayam goreng

Ayam goreng adalah menu favorit kita semua. Banyak cara untuk memasak ayam goreng. Kreasi ayam goreng di Indonesia juga berjibun. Ada yang memang dimasak secara khas daerah masing-masing ada pula yang mengikuti tren.

Kalau kamu paling suka ayam goreng diapain sih, Kawan Muda? Pasti pernah dong masak sendiri di dapur?

Biar nggak lupa, Kita Muda bantu catatkan lagi nih buat kamu. Berikut adalah resep ayam goreng lengkap terpopuler di nusantara.

1. Ayam Goreng Tepung

ayam goreng tepung
ayam goreng tepung | via review.bukalapak.com

Bahan-bahan:

1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
2 cangkir mentega susu
1 sdm garam
2 sdt bubuk lada hitam
2 sdm saus sambal
50 gram tepung terigu
50 gram tepung maizena
1 sdt paprika
minyak goreng, untuk memasak

Cara membuat:

1. Campurkan ayam dalam garam, lada hitam, saus sambal, dan mentega susu ke dalam mangkuk besar.
2. Dinginkan sekitar 4 jam dalam kulkas.
3. Ambil mangkuk berukuran sedang untuk mencampurkan tepung terigu, tepung maizena dengan paprika.
4. Keluarkan ayam dari campuran mentega susu, tambahkan ayam ke dalam tepung.
5. Letakkan ayam di loyang dan biarkan selama 30 menit.
6. Tuangkan minyak dalam panci, panaskan
7. Masak ayam goreng hingga berwarna keemasan
8. Ayam goreng tepung siap disajikan

2. Ayam Goreng Kremes

Bahan-bahan:

1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
1/2 batang serai, memarkan
1/2 butir kelapa yang diambil santannya
1 lembar daun salam
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt garam

Bahan Bumbu halus:

2 butir kemiri
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1 sdt ketumbar
1/2 cm kunyit

Bahan-bahan untuk kremes:

150 ml kaldu ayam
1 sdm tepung beras
75 gr tepung sagu
1/4 sdt baking powder
1/2 butir kuning telur

Cara membuat:

1. Campurkan santan, serai, salam, garam, bumbu halus, dan gula ke dalam wajan.
2. Setelah dicampur, masukkan ayam dan masak menggunakan api kecil.
3. Ambil sisa kaldu yang ada untuk digunakan kremes nantinya.
4. Tuang semua bahan kremes ke dalam mangkuk, masukkan ayam.
5. Goreng ayam dengan api sedang hingga matang.
6. Untuk membuat kremesnya, kamu bisa memasukkan adonan ke dalam wajan menggunakan jari tangan.
7. Setelah matang, taburkan kremes di atas ayam goreng yang telah matang.
8. Ayam goreng kremes siap disajikan!

3. Ayam Goreng Lemon Madu

ayam goreng lemon madu
ayam goreng lemon madu | via masakapaya.com

Bahan-bahan:

1 ekor ayam, potong menjadi 8 bagian
3 siung bawang putih
1 sdt garam
1 buah lemon, diperas
50ml madu
2 sdt kaldu ayam

Cara membuat:

1. Balurkan ayam dengan perasaan lemon dan beri kaldu ayam
2. Panaskan panci dan masak ayam hingga kering renyah dan matang selama 5 menit
3. Campurkan madu dan bawang putih sampai halus
4. Oleskan campuran madu ke ayam yang sudah matang
5. Ayam goreng lemon madu siap disajikan

4. Ayam Goreng Salted Egg

ayam goreng telur asin chicken salted egg
ayam goreng salted egg | via youtube.com

Bahan ayam:

250 gram dada ayam fillet
1 butir telur
50 gr tepung Maizena
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya

Bahan saus:

3 butir kuning telur asin
Air putih secukupnya
2 lembar daun kari
2 biji cabe keriting, potong-potong
2 sdm margarin
Garam secukupnya
Lada secukupnya
3 siung bawang putih (cincang)
Susu cair secukupnya

Cara membuat:

1. Potong-potong ayam, taburi garam dan lada, diamkan kurang lebih sekitar 15 menit.
2. Campurkan ayam yang sudah ditaburi lada dan garam dengan telur.
3. Siapkan tepung di dalam wadah. Ayam yang sudah dicampur telur dicelupkan satu persatu ke dalam tepung
4. Panaskan minyak lalu goreng ayam hingga matang. Kemudian angkat dan sisihkan.
4. Untuk membuat saus, haluskan kuning telur asin dengan sedikit air.
5. Panaskan mentega dalam wajan, masukkan bawang putih, cabe, dan daun kari, tumis hingga harum.
6. Masukkan kuning telor asin, tambahkan air dan susu supaya sedikit creamy.
7. Tambahkan garam dan lada sesuai selera. Masukkan ayam, aduk sebentar hingga merata.
8. Ayam goreng telur asin alias chicken salted egg siap disajikan.

5. Ayam Goreng Kecap

resep masakan rumahan
Resep ayam goreng kecap | via: waktuku.com

Bahan-bahan:

1 ekor ayam, potong menjadi 10 bagian
1/2 bungkus kecap
2 siung bawang putih
1,5 siung bawang merah
1/4 bawang bombay
1/2 sdm saus tiram
2 buah cabai rawit
1 buah cabai keriting
100 ml air
1 batang daun bawang
gula, garam, lada secukupnya

Cara membuat:

1. Lumuri ayam dengan garam dan lada bubuk, diamkan selama 15 menit.
2. Goreng ayam selama beberapa menit hingga warnanya berubah jadi kuning kecokelatan.
3. Tambahkan bawang-bawang dan cabai ke dalam penggorengan untuk ditumis.
4. Masukkan gula, saus tiram, garam, dan air. Kemudian, didihkan dan tutup rapat panci penggorengan.
5. Tunggu hingga bumbu mulai meresap pada ayam, setelah itu siap disajikan!

Itulah berbagai resep ayam goreng yang wajib kamu coba di rumah, Kawan Muda. Selain itu, juga ada berbagai resep populer seperti ayam geprek, ayam saos BBQ, ayam lodho, dan lain-lain.

Well, selamat memasak ya!

Resep Donat Kentang Maha Lezat dengan Aneka Topping

donat kentang

Donat kentang merupakan donat yang berbahan kentang. Donat kentang mulai marak di pasaran sejak 7 tahun belakangan. Sebelum orang beramai-ramai menjual donat kentang, jajan donat pun sudah menjadi favorit bagi banyak orang.

Donat tidak hanya dijual di pasar bersandingan dengan jajan pasar yang murah-murah. Tapi juga sampai ada toko sendiri khusus menjual donat. Sebut saja Dunkin Donuts, Jco, Mokko Factory, dan lain-lain.

Sejarah donat

Sebelum membahas tentang resep donat kentang, ada baiknya Kita Muda ingatkan lagi nih soal sejarah donat yang mungkin belum kamu tahu.

Seperti pada umumnya, sejarah donat pun terbagi menjadi beberapa versi. National Dunking Association of Amerika (NDAA) mengesahkan penemuan donat didaulat oleh Hanson Crocket Gregory. Namun suku Indian juga mengklaim bahwa bangsa mereka lah yang kali pertama menemukan donat.

Ada dua cerita tentang Hanson Gregory dalam perjalanannya menemukan donat.

Pertama, Hanson yang merupakan seorang kapten kapal berkebangsaan Jerman tidak sengaja memasukkan kue ke roda ke roda kapal. Saat terjadi badai, ia mengambil alih nahkoda kapalnya lalu kue tersebut yang menjadi perbekalan ditusukkannya ke bagian roda kemudi sehingga tengahnya menjadi bolong. Jadilah donat.

Kedua, Hanson disebut pernah mencungkil bagian tengah kue yang belum matang dengan pisau sehingga berlubang. Kala itu Hanson masih berusia 15 tahun. Kebiasaan ini berlanjut sampai ia dewasa menjadi kapten kapal. Kue buatannya ini pun menyebar ke seluruh dunia, yang kemudian dikenal dengan nama donat.

Nah, sudah cukup kan wawasanmu tentang sejarah donat. Sekarang, yuk bahas resep donat kentang maha lezat dengan aneka topping. Simak terus ya!

 

resep donat kentang
via rumahmesin.com

Resep Donat Original

Bahan Adonan:
500 gr tepung terigu serbaguna
75 gr margarin
200 gr kentang yang sudah dikupas, dikukus, dan didinginkan
4 butir kuning telur
100 ml air dingin
100 gr gula halus
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instan
¼ sdt garam

Langkah:
1. Campurkan tepung terigu, ragi, dan gula halus ke dalam satu wadah. Aduk sebentar hingga ketiga bahan tersebut tercampur. Lalu masukkan kentang dan kuning telur ke dalam adonan tersebut.
2. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diuleni. Lakukan langkah ini sampai air dingin habis dan adonan menjadi kalis.
3. Setelah adonan sudah kalis, tambahkan margarin dan garam. Uleni kembali agar semua bahan tercampur rata. Tutup wadah berisi adonan dengan kain lap bersih dan diamkan selama 20 hingga 30 menit.
4. Ketika adonan donat sudah mengembang. Kempiskan adonan donat tersebut lalu cetaklah dengan cetakan khusus donat. Diamkan kembali adonan donat yang sudah dicetak selama 20 menit.
5. Jika sudah lewat 20 menit, adonan donat yang sudah dicetak pun siap digoreng.
6. Panaskan wajan berisi minyak goreng dengan api kecil.
7. Saat minyak sudah panas, masukkan donat ke dalam wajan. Jangan masukan donat terlalu banyak supaya temperatur minyak goreng tidak turun drastis.
8. Goreng donat hingga kedua sisinya matang dan berwarna cokelat keemasan.
9. Angkat dan tiriskan donat yang sudah matang. Diamkan sejenak agar uap panasnya hilang.
10. Tambahkan topping sesuai selera.
11. Donat kentang pun siap disajikan.

Resep Donat Kentang Rasa Cokelat

Bahan adonan dan langkah-langkah sama dengan resep dasar membuat donat kentang.

Bahan topping:
Gula halus secukupnya
250 gr dark cooking chocolate yang sudah dipotong lalu dilel

Langkah:
1. Untuk membuat lelehan cokelat, rebus air lalu letakkan potongan cokelat di dalam wadah tahan panas dan taruh mangkuk di atas panci.
2. Panaskan cokelat hingga meleleh.
3. Matikan api dan diamkan sebentar
4. Oleskan topping cokelat pada adonan donat yang sudah jadi
5. Taburi atau gulingkan donat di dalam wadah yang berisi gula halus ke seluruh permukaan donat jika ingin
6. Donat kentang rasa cokelat siap disajikan

Resep Donat Kentang Aneka Rasa

Resep ini juga berlaku untuk topping lainnya. Kamu dapat memilih topping sesuai selera kamu. Berikut adalah rekomendasi topping yang sering digunakan untuk adonan donat:

1. Meses cokelat atau warna
2. Keju
3. Greentea
4. Marble
5. Kopi
6. Red velvet
7. Strawberry
8. Vanilla
9. Madu
10. Blueberry
11. Mangga
12. Biskuit
13. Kacang
14. Lemon
15. Ice cream

Gampang banget kan cara bikinnya? Sisanya, selamat berkreasi ya, Kawan Muda!

Resep Jamur Crispy Rumahan. Dijamin Enak!

jamur crispy

Jamur crispy adalah olahan jamur digoreng kering menggunakan tepung. Jenis jamur yang digunakan biasanya adalah jamur tiram. Jamur crispy memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh.

Selain bisa dijadikan cemilan, masakan rumahan ini juga bisa dijadikan lauk untuk makan siang lho. Cara mengolahnya ada yang original, ada yang dikreasikan sedemikan rupa. Menghasilkan cita rasa yang unik tanpa menghilangkan rasa asli dari jamurnya.

Resep Jamur Crispy

jamur digoreng
jamur crispy goreng | via bukalapak.com

Bahan Jamur Crispy:

100 gram jamur tiram atau sesuai selera
1 butir telur
100 ml air panas
1 sendok teh garam

Bahan Pelapis Jamur Crispy (Aduk Rata):

150 gram tepung protein tinggi
1/2 sendok makan bawang putih bubuk
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh cabe bubuk
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu jamur bubuk
1/4 sendok teh bikabornat/baking powder

Cara Membuat Jamur Crispy:

1. Dalam mangkuk, masukkan jamur dan garam. Siram dengan air panas, biarkan jamur sedikit layu. Tiriskan.
2. Pecahkan telur dan kocok lepas. Campur kocokan telur dengan jamur. Aduk rata.
3. Ambil jamur satu persatu dan balurkan dengan tepung sampai jamur tertutup rata dengan tepung. Letakkan di atas piring bersih. Panaskan minyak.
4. Goreng jamur dengan minyak banyak dan api sedang. Angkat setelah jamur kuning kecokelatan. Jamur crispy siap dinikmati selagi hangat dengan tambahan saus sambal.

Resep Jamur Crispy Mozarella

Bahan dan cara dasarnya sama dengan jamur crispy original di atas.

Bahan Saus Mozarella:

50 gram mozarella (parut)
50 gram cream cheese
200 ml susu
2 siung bawang putih (rajang)
1 buah bawang bombay (rajang)
2 helai daun bawang
2 helai daun seledri
2 sdm mentega
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada putih
1/4 sdt lada hitam

Cara Membuat Jamur Crispy Saus Mozarella:

1. Tumis mentega, bawang bombay, bawang putih
2. Masukkan susu, cream cheese, dan keju mozarella hingga lumer
3. Tambahkan daun bawang, seledri, garam, lada putih, lada hitam
4. Siram di atas jamur crispy
5. Sajikan

Resep Jamur Crispy Bumbu Balado

Bahan dan cara dasarnya sama dengan jamur crispy original di atas.

Bahan Bumbu Balado:

100 gram bumbu bubuk balado (bisa diganti dengan bumbu bubuk rasa lain seperti keju, ayam bawang, ayam bakar, barbeque, dan lain-lain)
1 sdt merica
1 sdt garam

Cara Membuat Jamur Crispy Bumbu Balado:

  1. Siapkan adonan jamur crispy
  2. Campur dengan bumbu bubuk balado
  3. Tambahkan merica dan garam
  4. Jamur crispy bumbu balado siap disajikan sebagai cemilan atau keripik

Resep Jamur Crispy Geprek

nasi jamur geprek
nasi cobek jamur crispy | via twitter.com

Bahan dan cara dasarnya sama dengan jamur crispy original di atas.

Bahan Sambal Bawang:

7 buah cabai rawit (atau sesuai selera)
1 sdt garam
1 siung bawang putih
1 sdm minyak goreng

Bahan Pelengkap Jamur Geprek:

1 biji kacang panjang
1 buah tomat
4 lembar daun kemangi
2 lembar daun selada
1/2 jeruk nipis

Cara Membuat Jamur Crispy Geprek:

  1. Ulek semua bahan sambal bawang
  2. Geprek jamur crispy di atas cowek sambal bawang
  3. Siapkan nasi hangat dan taburi dengan bawang goreng agar cantik
  4. Lengkapi dengan selada, kacang panjang, tomat, kemangi, dan jeruk nipis
  5. Jamur Crispy Geprek siap disajikan

Itulah tadi beberapa resep jamur crispy. Gimana, simple banget kan sebenarnya? Yuk, makan rame-rame!

 

Resep Bakso Mercon, Pedasnya Selangit!

bakso mercon

Bakso, kuliner Indonesia yang satu ini sangat mendunia. Memang, bakso yang paling terkenal adalah bakso Malang dan bakso Solo. Tapi hidangan bakso, pasti ada di mana-mana di Indonesia.

Kali ini, Kita Muda akan secara spesifik membahas tentang bakso mercon. Bakso mercon mulanya dikenalkan oleh salah satu tempat makan bakso paling favorit di Malang. Oleh karena itu, kalau mau wisata kuliner di Malang, kamu nggak boleh skip bakso merconnya.

 

 

Tempat Makan Bakso Mercon yang Enak

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan bakso mercon di beberapa kota di Indonesia. Rasa nendang dan pedasnya sudah diakui oleh banyak pengunjung.

  1. Bakso Cak Kar, Singosari Malang

    Sebagai pelopor bakso mercon di Malang, Bakso Cak Kar punya bakso mercon yang rasanya bikin kangen. Kuahnya juga juara. Selalu ramai dan antri. Nggak cuma bakso mercon, tapi juga ada bakso isi keju, usus, ati, dan lain-lain.

  2. Bakso Abah Killer, Surabaya

    bakso abah killer surabaya
    bakso abah killer surabaya | via travelingyuk.com

    Bakso Abah Killer Surabaya punya bakso mercon yang pedesnya kebangetan. Isian sambalnya full sebakso masih ditambah dengan kulit sambal super pedas. Request kuah pedas yang cabainya wungkul, biar tambah panasss seperti cuaca Surabaya di siang bolong.

  3. Bakso Setan Pak Asep, Bogor

    Bakso Setan Pak Asep ukurannya big jumbo mega extra large alias gede banget. Isian sambalnya bener-bener kayak mercon, karena sebegitu besarnya. Cocok buat kamu perutnya berkapasitas besar.

  4. Bakso Miss Judes, Depok

    bakso miss jeletot depok
    bakso miss judes depok | via kaskus.com

    Di Bakso Baper Miss Judes, kamu bisa merasakan bakso mercon dengan beragam kreasi. Ada bakso penyet dan bakso mercon keju. Mulai dari level 1 sampai level 6. Selain bakso mercon, juga ada bakso iga lho. Mantap!

  5. Bakso Jeletot, Cipayung Jakarta Timur

    Bakso bercitarasa pedas ini memiliki isian sambal rawit dan cincangan daging plus tetelan sapi. Kuah bakso yang tadinya bening berubah menjadi merah pedas panas karena bakso jeletot. Siap-siap bibirmu jontor kalau ke sini :p

Resep Bakso Mercon

Bahan adonan bakso

500 gram Daging Sapi, tanpa lemak
3 sdm Tepung Tapioka
150 ml Air Es
5 butir telur

Bahan Isian Mercon

250 grams Jamur Tiram, potong kecil-kecil
250 grams Cabai Rawit Merah, haluskan
3 siung Bawang Putih, cincang
1 sdt Garam

Bahan Kuah Kaldu

300 grams Tulang sapi
2 liter Air
2 sdm Minyak Zaitun
1 sdt Bumbu penyedap rasa ayam
1 sdt Merica Bubuk

Bahan Pelengkap

200 grams Daun Sawi, potong, rebus
100 grams Sohun / Soun

Bahan Taburan

2 batang Daun Bawang, iris tipis
2 batang Seledri, iris tipis
1 sdm Bawang Goreng, dihancurkan

Cara membuat Bakso Mercon

1. Siapkan adonan bakso, giling semua bahan, lalu sisihkan
2. Buat adonan isian mercon dengan panaskan minyak zaitun
3. Tumis bawang putih hingga harum
4. Masukkan cabai rawit dan jamur tiram
5. Tambahkan air, garam, dan gula pasir
6. Masak sampai jamur matang dan air teserap habis lalu angkat. Sisihkan
7. Ambil 2 sdm adonan bakso, isi dengan 1 sdt isian mercon atau sesuai selera, bentuk bulatan
8. Masukkan bulatan bakso mercon ke dalam air panas, lakukan hingga habis
9. Rebus bakso mercon hingga mengapung dan matang, tiriskan
10. Untuk membuat kuah kaldu, panaskan minyak zaitun
11. Tumis bawang putih hingga harum
12. Masukkan air dan tulang sapi
13. Rebus dengan api kecil hingga mengeluarkan kaldu
14. Tambahkan bumbu penyedap rasa ayam, merica bubuk, dan garam. Aduk rata, angkat
15. Siapkan bahan pelengkap lalu tata semuanya dalam mangkok
16. Siram dengan kuah kaldu
17. Sempurnakan dengan taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng
18. Sajikan dengan sambal, saus tomat, jeruk nipis, dan kecap manis

Bakso mercon super pedas mantap siap disantap!

8 Kuliner Unik dengan Tema Hari Kemerdekaan Indonesia

pudding merah putih

17 Agustus tahun ’45, itulah Hari Kemerdekaan kita. Hari merdeka, nusa dan bangsa, hari lahirnya Bangsa Indonesia. Mer de ka!

Yey! Alhamdulillah umur Indonesia sudah 74 tahun. Kalau setara dengan umur manusia pada umumnya, Indonesia sudah beruban nih.

Semarak kemerdekaan biasanya diawali dengan upacara kemerdekaan untuk mengenang jasa para pahlawan. Hari-hari di Bulan Agustus juga banyak diisi dengan berbagai macam lomba agustusan. Nggak ketinggalan, ada acara syukuran di setiap RT atau RW untuk memeriahkan perayaan ini.

Nggak cukup sampai di situ, ada nih beberapa menu kuliner dengan tema merah putih yang ikut meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia.

 

1. Tumpeng, selalu ada di setiap syukuran kemerdekaan. Kalau biasanya pakai nasi kuning, ini ada pakai nasi warna merah dan putih. Nasi merahnya dibuat dari campuran buah bit. Sehat, cerah, mengenyangkan!

tumpeng merah putih
Tumpeng merah putih | via aremafood.com

2. Kue Tart, dengan kombinasi warna merah dan putih kamu sudah bisa membuat kue dengan tema kemerdekaan. Tambahkan bunga mawar sebagai hiasan, biar makin ramai.

kue tart
Kue Tart Merah Putih | via cintaihidup.com

3. Klepon, jajanan tradisional ini juga bisa dibikin warna merah di hari spesialnya Indonesia. Bahan dasarnya untuk kulit tetap daun pandan, filling tetap gula merah, dan selimut tetap kelapa. Yang bikin beda, ditambah setetes pewarna merah cair khusus kue. Gemesin!

klepon merah putih
Klepon Merah Putih | via endeus.tv

4. Cupcake, kue manis yang berukuran mini ini juga bisa diproduksi secara tematik berwarna merah putih. Buat bahan bolu rasa red velvet, lalu kasih topping whipped cream. Penampilan cantik, rasanya pun manis.

cupcake merah putih
cupcake merah putih | via kitchme.com

asd

5. Pudding, dessert favorit sejuta umat ini turut meramaikan menu merah putih yang bisa kamu bikin untuk syukuran kemerdekaan. Cara bikinnya gampang banget, tinggal pakai perasa dari buah dan gelatin. Sisipkan buah strawberry di atasnya sebagai pemanis. Nyesss~ bikin seger-seger adem.

pudding
Pudding Merah Putih | via ncc-indonesia.com

6. Jus strawberry leci. Jus jambu sirsak. Atau jus apapun yang berasal dari buah warna merah dan buah warna putih bisa kamu padu padankan untuk menyambut 17 Agustus. Ngelihatnya aja udah bikin haus ya!

jus strawberry
Jus Merah Putih | via prfmnews.com

7. Martabak manis warna merah putih biasanya hanya dijual spesial di Hari Kemerdekaan. Dijualnya terbatas, biar berasa Agustusan-nya. Kombinasi rasa red velvet dan keju sudah membuatnya merah putih. Udah pernah coba?

martabak merah putih
martabak merah putih | via martabak-olala.com

8. Nyadar nggak kalau balado telur juga warna merah-putih? Iya! Kalau ada lomba bikin menu merah putih untuk Agustusan, bikin balado telur aja. Balado telur, masakan rumahan yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

telur balado
Telur Balado | via harianmu.com

Itu dia 8 menu merah putih yang turut memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Kalau kamu nemu menu lain bertemakan merah putih, bisa langsung tambahin di kolom komentar yah!

Melalui artikel ini, Kita Muda juga mau mengucapkan:

Selamat Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Dirgahayu. Semoga makin aman, jaya, sentosa. Masyarakatnya makin makmur, damai, dan sejahtera. Aamiinn!

Kenapa Ayam Geprek Bisa Ngehits Banget?

ayam geprek

Dua tiga tahun belakangan, ayam geprek hitsnya nggak karuan. Padahal, menu ini sebenarnya biasa banget, Kawan Muda. Tanpa sadar mungkin kamu atau ibumu juga pernah dari dulu bikin ayam dimodel geprek.

Tapi kenapa ya, makin ke sini makin hits? Simak yuk ulasan sotoy dari Kita Muda berikut ini. Please scrolling down, ada bonus resep ayam geprek gampang yang bisa kamu tiru di rumah!

1. Pedasnya Mantap

Kalau di tahun 2012 publik dihebohkan dengan adanya mie pedas level-level, kali ini pedas itu diterapkan di ayam geprek. Nggak afdol kalau ayam geprek nggak pedas.

Meskipun pada beberapa kasus, memang ada yang digeprek dengan level pedas yang rendah. Ayam geprek yang mampu menggoyangkan lidah ini bikin menu ini hits di dua tahun belakangan.

Dan tahu nggak sih, manfaat makan makanan pedas tuh banyak banget lho. Salah satunya adalah bisa menurunkan berat badan. Hmm, tapi kalau makan ayam geprek dengan porsi nasi berlimpah sih sama aja boong yaa Kawan Muda :p

2. Sambalnya Asin-Pedes-Gurih

sambal bawang
sambal bawang | via idntimes.com

Ayam geprek mostly digeprek pakai sambal bawang. Menentukan ayam geprek enak apa enggak itu juga biasanya tergantung harganya sambalnya.

Sambal bawang di ayam geprek selain menciptakan rasa pedas juga bisa menambah kesan gurih-gurih asin. Apalagi kalau minyaknya cukup, nggak terlalu encer juga nggak terlalu kering.

Level pedas tiap orang beda-beda, tapi sambal bawang adalah kunci. Anyway, bikin sambal bawang tuh gampang banget loh. Klik untuk mengetahui resep sambal bawang enak!

3. Kriuknya Renyah

Cara bikin ayam geprek beda-beda. Namun kebanyakan adalah yang ayamnya digoreng dulu pakai tepung sampai crispy-nya dapet.

Kriuk ayam geprek inilah yang juga membuat ayam geprek banyak digemari. Renyah dan pedasnya bikin nggak mau bagi-bagi. Sekali makan, rasanya pengin cepet menghabiskan. Ya, kan?

Meskipun nggak jarang, kita menemukan ayam geprek yang nggak kriuk sama sekali. Kalau kamu nih, suka ayam geprek yang kriuk atau yang biasa aja, Kawan Muda?

4. Mie dan Mozarella, Perfect Combination!

mie ayam geprek
mie ayam geprek | nibble.id

Ini nih yang bikin resto dengan menu utama ayam geprek makin menjamur. Ayam geprek enak banget kalau dimakan pakai mie goreng dan diberi topping keju mozarella.

Kombinasi inilah yang kayaknya baru booming sejak ayam geprek muncul. Tak ditepis, ayam geprek pakai mie dan mozarella ini emang beneran perfect!

Mie goreng merupakan makanan yang Indonesia banget. Kandungan karbohidratnya bisa digunakan untuk menggantikan nasi pada menu ayam geprek.

Sementara keju mozarella, ini favoritnya anak muda. Kalau ayam geprek pakai keju mozarella, rasa gurihnya jadi berlipat ganda. Heumm yummy!

5. Bikinnya Gampang

Yup, yang bikin ayam geprek makin banyak diminati dan makin banyak pula orang yang jualan adalah karena bikinnya gampang. Nggak percaya? Nih Kita Muda kasih resep ayam geprek yang maha mudah bin lezat:

Bahan-bahan:
1 buah fillet dada ayam, potong jadi 5 bagian melebar
1 bungkus tepung bumbu fried chicken
Keju mozarella, lelehkan
Keju cheddar, parut
Lada secukupnya
Bubuk bawang putih
Cabe rawit secukupnya
Bawang putih secukupnya
Garam secukupnya

Cara membuat ayam geprek:
1. Lumuri ayam dengan garam, lada bubuk, dan bawang putih. Diamkan selama 15 menit
2. Bagi tepung fried chicken menjadi dua bagian untuk adonan basah.
3. Campur dengan air es.
4. Adonan yang satu lagi biarkan kering.
5. Celupkan fillet ayam ke dalam adonan basah, kemudian gulingkan ke adonan kering sambil ditekan-tekan agar menempel.
6. Goreng dalam minyak panas sampai matang.
7. Gerus cabe rawit, bawang putih, dan garam dalam cobek. Jangan terlalu halus supaya lebih berasa.
8. Siram dengan minyak panas.
9. Geprek ayam bersamaan dengan cabe.
10. Beri parutan keju atau lelehan keju mozarella.

Ayam geprek gampang dan enak pun siap disantap!

Nah itu tadi beberapa alasan yang bikin ayam geprek jadi hits abis. Duh, ngomongin ayam geprek jadi laper ya. Makan dulu yuk, jangan lupa langsung praktik pakai resep ayam geprek ini ya!

5 Olahan Lezat Daging Qurban di Hari Raya Idul Adha

gule

Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H, buat kamu Kawan Muda yang sedang merayakan!

Hari Raya di mana nih? Mudik ke kampung halaman, tetap di perantauan, atau… tahun ini kali pertama hari raya di rumah mertua?

Di manapun kamu, semoga kebahagiaan Hari Raya Idul Adha selalu menyertaimu ya.

Baiklah, kali ini Kita Muda bakal kasih rekomendasi beberapa menu olahan daging qurban. Jangan cuma disimpan di kulkas sampai berhari-hari karena bingung mau diapain!

Kamu bisa mengolahnya menjadi menu-menu favorit seperti berikut yang pastinya kamu sudah nggak asing lagi. Yuk, scrolling down!

1. Sate

sate kambing
sate kambing | via food.detik.com

Satenya tuh di sini di dalam hatiku, satenya tuh di sini pas kena hatiku~

Eh, kok jadi ketularan Mang Saswi ya?

Okay, sate adalah menu favorit keluarga Indonesia. Kalau lagi musim qurban, sate kambing bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Yaiyalah, bikin sendiri gitu.

Bikin sate waktu Idul Qurban juga bisa mempererat tali persaudaraan. Soalnya, kamu dan keluarga saling membagi tugas dalam membuat sate.

Ada yang bagian memotong daging kambing, meletakkan daging pada tusuk sate, membuat bumbu, membakar, dan nggak ketinggalan, biasanya pasti ada aja nih yang tugasnya tinggal makan doang :p

Sate kambing paling enak dibumbu kecap. Jangan lupa pakai bawang merah di tepinya ya. Bawang merah itu berguna untuk menetralisir efek samping dari daging kambing. Mengurangi kadar kolesterolnya, memperlezat rasa, hingga menurunkan hipertensi.

2. Krengsengan

Menu krengsengan sebutannya bisa beda di tiap daerah. Krengsengan atau tongseng adalah olahan daging baik kambing maupun sapi yang dipotong dadu. Setelah itu diberi bumbu bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, dan kecap manis.

Krengsengan memiliki rasa yang cenderung ke manis dan makanannya garingan alias tanpa kuah. Digoreng hingga air meresap penuh ke daging bersama dengan kecapnya. Mantap dengan nasi putih hangat.

Krengsengan cocok untuk segala timing makan. Mau itu sarapan, makan siang, makan malam, atau yang paling enak adalah saat kamu lapar. Hmm yummy!

3. Bakso

bakso
bakso | via freepik.com

Kepikiran nggak kalau daging sapi yang kamu dapatkan dari hasil qurban bisa dibikin jadi bakso?

Tentu, ini isiannya tergantung selera ya. Mau polosan cuma pentol bakso aja pakai kuah boleh. Tambah bihun seperti bakso solo boleh. Atau lengkap dengan gorengan, paru, mie, siomay, usus, dan lain-lainnya hingga komplit seperti bakso malang juga enak banget!

Caranya memang daging harus digiling terlebih dahulu. Kalau kamu punya alat masak yang serba lengkap dengan alat penggilingan, langsung giling aja. Kalau enggak, kamu bisa ke pasar induk terdekat dan cari jasa giling daging. Biasanya dihitung per kilogram serta ada tambahan biaya untuk tambahan bumbu dan telur.

Bakso kuah dimakan pas sore-sore, apalagi kalau pas dingin, apalagi kalau pas hujan. Hmm mantapp!

4. Gulai

Gulai adalah masakan khas Indonesia dengan daging sapi atau daging kambing sebagai bahan bakunya. Gulai merupakan makanan daging berkuah. Biasanya dimakan bareng sama sate.

Hidangan asal Sumatera ini menggunakan santan sebagai kuahnya. Rempah-rempah juga cukup komplit. Rasanya gurih-gurih pedas. Selera lidah Indonesia!

5. Rendang

rendang
rendang | via travistory.com

Last but not least, kamu bisa memasak daging qurban dengan menu makanan asli Indonesia yang sudah terkenal di seantero jagat raya ini. Yup, rendang.

Rendang dinobatkan sebagai makanan terlezat asal Indonesia. Masakan ini menggunakan rempah-rempah yang beraneka macam. Asalnya kalau menurut Wikipedia sih dari Minangkabau. Tapi kamu juga bisa membuat rendang enak dengan resep dari ibu di rumah.

Rendang daging merupakan makanan yang bisa awet sampai kurang lebih 3 hari. Asal kamu benar menyimpannya. Yakni disimpan di wadah tertutup kedap udara.

 

Itulah 5 masakan populer untuk daging qurban. Jadi kamu mau masak yang mana dulu nih, Kawan Muda?

Again, selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H ya. Semoga berkah untuk kita semua 😀