Kawan Muda mungkin berpikir asam urat adalah penyakit yang umumnya menyerang orang tua, kan? Padahal, penyakit kronis yang satu ini bisa menyerang mereka yang berusia 20-an! Yup, gaya hidup dan pola makan enggak sehat bisa meningkatkan risiko penyakit asam urat di usia muda.

Oke-oke, mungkin ada yang masih bingung, asam urat tuh sebenarnya penyakit apaan, sih?

Penyakit asam urat atau gout (encok) adalah kondisi yang gejalanya berupa nyeri yang enggak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Semua sendi di tubuh bisa kena penyakit asam urat, tapi yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Penyebab asam urat itu bervariasi, mulai dari jenis kelamin (umumnya asam urat terjadi pada pria), keturunan, seringnya mengonsumsi makanan yang tinggi purin (seperti daging, seafood, jeroan, kacang-kacangan, minuman beralkohol, dan makanan/minuman yang mengandung pemanis buatan), kelebihan berat badan, dan komplikasi penyakit lain (seperti darah tinggi, diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan ginjal), hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

Nah, jika Kawan Muda sudah mulai merasakan tanda-tanda penyakit asam urat atau memang sudah ‘divonis’ menderita penyakit asam urat, kamu jangan panik dulu. Penyakit ini bisa diatasi, kok, melalui cara-cara sederhana (bahkan tanpa mengonsumsi obat penurun asam urat).

Berikut adalah cara menyembuhkan asam urat tanpa obat, sebagaimana dilansir dari CNN Indonesia.

1. Perbanyak minum air putih

Cara mengatasi asam urat secara alami dengan perbanyak minum air putih
Cara mengatasi asam urat secara alami dengan perbanyak minum air putih | via: skinnyms.com

Kadar asam urat yang berlebihan di tubuh bisa membentuk kristal monosodium urat dan menumpuk pada jaringan tubuh terutama sendi. Untuk menghindari pembentukan kristal asam urat, kamu bisa memperbanyak konsumsi air putih.

Minumlah air putih setidaknya 10 gelas setiap harinya untuk menjaga urin tetap encer. Kristal asam urat enggak akan terbentuk dengan mudah bila urin encer.

2. Sebisa mungkin kurangi porsi makanan yang mengandung purin tinggi

Cara mengatasi asam urat secara alami dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin
Cara mengatasi asam urat secara alami dengan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin | via: thedailymeal.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, makanan yang mengandung purin tinggi bisa meningkatkan kadar asam urat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kurangi makanan yang mengandung kadar purin tinggi.

Makanan dengan kadar purin yang tinggi, seperti jeroan, seperti hati, ginjal, otak, daging merah, alkohol, makanan/minuman dengan pemanis buatan, bayam, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, dan jamur.

Eitss, ini bukan berarti kamu haru menghindari makanan di atas, tapi mengonsumsinya dalam jumlah yang pas agar tak meningkatkan kadar asam urat.

3. Mengonsumsi buah ceri

Cara mengatasi asam urat secara alami dengan mengonsumsi buah ceri
Cara mengatasi asam urat secara alami dengan mengonsumsi buah ceri | via: juicing-for-health.com

Cara mengobati asam urat tradisional selanjutnya adalah mengonsumsi buah ceri. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, ceri memiliki kemampuan menurunkan kadar asam urat dan mengurangi sifat inflamasi.

Mengonsumsi buah ceri atau ekstrak ceri alami (sebanyak setengah cangkir atau sekitar 10—12 buah ceri) bisa menurunkan risiko terkena serangan asam urat sebanyak 35%. Konsumsilah buah ceri sebanyak 2—3 cangkir per hari untuk menurunkan risiko nyeri asam urat.

4. Minum cuka apel organik

Cara mengatasi asam urat secara alami dengan minum cuka apel organik
Cara mengatasi asam urat secara alami dengan minum cuka apel organik | via: whole-dog-journal.com

Cuka apel juga bisa digunakan sebagai obat penurun asam urat alami. Cuka apel mengandung banyak kalium yang membantu mekanisme keseimbangan asam-basa tubuh. Kandungan asam asetat pada cuka apel organik bisa merangsang cairan pencernaan sehingga membuat sistem tubuh lebih basa.

Ketika sistem tubuh lebih basa, penumpukan asam urat tidak dapat terjadi pada tingkat yang sama seperti di lingkungan yang lebih asam.

5. Tingkatkan konsumsi vitamin C

Cara mengatasi asam urat secara alami dengan mengonsumsi vitamin C
Cara mengatasi asam urat secara alami dengan mengonsumsi vitamin C | via: collagencomplete.com

Perbanyak asupan vitamin C bisa membantu dalam mencegah penyakit asam urat. Risiko penyakit asam urat berkurang hingga 45 persen saat mengonsumsi Vitamin C sebanyak 1.000—1.500 mg per hari.

Itulah tadi tips mengurangi asam urat di usia muda secara alami tanpa obat. Meski tubuhmu enggak menunjukkan tanda-tanda asam urat, ada baiknya tips di atas dipraktikkan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!