6 Cara Alami dan Ampuh Atasi Sakit Gigi Berlubang, Jangan Disepelekan!

1.086 views
Tips mengatasi gigi berlubang
via: livelovefruit.com

Sejak kecil kita selalu diingatkan untuk rajin menggosok gigi dan menghindari makanan yang manis untuk mencegah gigi berlubang. Namun, entah mengapa karena kebandelan di masa muda, banyak sekali masalah gigi yang menghampiri, salah satunya gigi yang bolong atau gigi berlubang.

Gigi berlubang adalah masalah gigi yang paling umum di Indonesia. Masalah gigi ini disebabkan oleh plak yang ada di gigi. Nah, plak ini muncul karena kita tidak rajin membersihkan gigi dan diperparah dengan konsumsi makanan manis.

Plak yang terakumulasi di gigi akhirnya menghasilkan asam yang perlahan mengikis gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Kondisi ini jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan benar akan menyebabkan infeksi dan bahkan gigi berlubang bisa memicu serangan jantung, lho!

Waduh, ngeri banget, kan? Oleh karena itu, segera lakukan tindakan pencegahan untuk menghindari dampak buruk tersebut. Kita Muda telah merangkum beberapa tips mengatasi gigi berlubang secara alami. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Tips mengatasi gigi berlubang pertama adalah gunakan air garam sebagai obat kumur.

Tips mengatasi gigi berlubang
Gunakan air garam sebagai obat kumur | via: ramblingsoul.com

Kandungan antibakteri dan antiseptik pada garam bisa membantu mengurangi peradangan serta nyeri akibat gigi berlubang, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri yang bisa memperparah risiko gigi berlubang.

Kawan Muda cukup menyiapkan 1 sdt garam dan segelas air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk kumur-kumur selama satu menit. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari jika gigi berlubang terasa nyeri. Kamu juga bisa mencampurkan ½ sdt garam dengan air perasan lemon, lalu usapkan cairan tersebut di gigi berlubang dan gusi sambil memijat-mijatnya beberapa menit.

2. Bawang putih juga sangat direkomendasikan untuk mengatasi gigi berlubang.

Tips mengatasi gigi berlubang
Bawang putih sangat direkomendasikan untuk mengatasi gigi berlubang | via: livestrong.com

Sama dengan garam, bawang putih juga mengandung antibakteri yang bisa mengurangi rasa nyeri yang muncul serta membuat gigi dan gusi lebih sehat. Nah, untuk mengatasi gigi berlubang dengan bawang putih, hancurkan 3—4 siung bawang putih dan campurkan dengan ¼ sdt garam.

Oleskan campuran tersebut di gigi berlubang atau gigi yang terinfeksi dan biarkan selama 10 menit. Jika sudah, berkumurlah dengan obat kumur. Lakukan cara ini dua kali sehari agar gigi berlubang tidak menyebar.

3. Gunakan cegkeh untuk membantu mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang

Tips mengatasi gigi berlubang
Sifat anestesi dan antiseptik yang ada pada cengkeh membantu mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang | via: pinterest.com

Sifat anestesi dan antiseptik yang ada pada cengkeh membantu mengatasi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Kamu hanya perlu mencelupkan kapas pada minyak cengkeh, lalu tempelkan di bagian gigi berlubang dan diamkan selama 10 detik. Lakukan pengobatan ini setiap malam sebelum tidur untuk mengatasi gigi berlubang.

4. Untuk mencegah infeksi akibat gigi berlubang, kamu bisa menggunakan kunyit

Tips mengatasi gigi berlubang
Mencegah infeksi akibat gigi berlubang dengan kunyit | via: hergamut.in

Adanya kandungan vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan ternyata memiliki peran dalam mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri. Nah, caranya cukup mudah dan bahan yang kamu butuhkan hanyalah bubuk kunyit.

Yup, kamu hanya perlu mengusapkan bubuk kunyit tersebut di daerah sekitar gigi berlubang. Biarkan selama beberapa menit, lalu berkumurlah dengan air hangat.

5. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Hindari makanan yang bisa memperburuk kondisi gigi berlubang.

Tips mengatasi gigi berlubang
Hindari makanan tinggi gula atau bersuhu ekstrem saat mengalami nyeri gigi berlubang | via: ebay.co.uk

Makanan yang menjadi pantangan bagi penderita gigi berlubang adalah makanan yang tinggi gula dan sangat asam. Makan yang mengandung gula atau asam boleh, tapi usahakan hindari yang terlalu kuat kandungannya.

Selain itu, hindarilah makanan dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Nyeri akibat gigi berlubang akan membuat gigimu semakin sensitif dan mengonsumsi makanan dengan suhu ekstrem akan memperburuk rasa sakitnya.

6. Jangan ragu untuk ke dokter, apalagi jika gigi berlubang telah mengalami pembusukan

Tips mengatasi gigi berlubang
Segera kunjungi dokter untuk mengetahui penanganan terbaik bagi gigimu | via: corsodyl.co.uk

Terkadang, kita terlalu malas atau takut ke dokter gigi. Padahal, pepatah mengatakan malu bertanya sesat di jalan. Jangan malu untuk menanyakan kondisi gigi berlubangmu. Jika belum parah, setidaknya kamu akan mendapat pencegahan yang efektif dari dokter gigi.

Jika sudah parah, dokter gigi akan memberikan penanganan untuk mencegah agar gigi berlubang tidak merusak gigi atau membuat gigi rapuh. Biasanya, gigi berlubang yang telah mengalami pembusukan tahap awal akan ditambal oleh dokter atau jika busuknya terlalu parah dokter akan mencabutnya.

Sekali lagi Kita Muda mengingatkan, jangan pernah menyepelekan gejala atau penyakit gigi berlubang karena sakit yang mungkin tampak sepele ini ternyata bisa mengancam nyawa. Semoga infromasi di atas bermanfaat dan selalu jaga kesehatan, ya 😉