6 Cara Mudah Untuk Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan itu enggak perlu menunggu sampai kamu tua atau saat terserang penyakit saja. Mulai dari sekarang, Kawan Muda harus membiasakan diri menerapkan gaya hidup sehat agar kesehatan tubuh selalu terjaga, baik kini maupun nanti. Lebih baik mencegah bukan daripada mengobati? Apalagi biaya pengobatan semakin lama semakin mahal.

Mungkin bagi sebagian orang, mejaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat itu terlihat sulit dilakukan. Padahal nih, banyak, lho, kumpulan tips kesehatan yang mudah dilakukan. Bahkan berbagai tips kesehatan tersebut bisa kamu terapkan di sela-sela aktivitas. Misalnya saja tips kesehatan singkat di kantor dengan melakukan gerakan-gerakan ringan (seperti naik turun tangga agar kamu enggak kebanyakan duduk), atau tips kesehatan mata dengan mengurangi penggunaan gadget dan komputer agar mata bisa beristirahat.

Selain itu. masih banyak lagi tips kesehatan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap bugar. Apa saja? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Menyikat gigi dengan baik

Mulut yang penuh bakteri bisa berdampak pada kesehatan paru-paru | via: draxe.com

Kawan Muda tahu enggak sih, ternyata ada kaitan antara kesehatan gigi dan kesehatan paru-paru. Menurut Tripti Meysman, bakteri yang ada di mulut bisa terhirup ke dalam sistem pernapasan dan meningkatkan kemungkinan peradangan di paru-paru dan trakea!

Untuk menghindari hal tersebut, menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi dengan baik dan rutin bisa menjadi solusi. Sikat gigi setidaknya dua kali sehari agar plak dan kotoran lain yang menempel pada gigi terangkat. Selain sikat gigi, kamu juga bisa menggunakan benang gigi untuk menjangkau daerah-daerah yang tak tersentuh karang gigi. Dua langkah ini juga menjadi cara memutihkan gigi alami dan efektif karena bisa menghilangkan plak yang membuat gigi kuning.

2. Berolahraga untuk menghindari sakit punggung

Tidur dan beristirahan bisa membuat sakit punggung makin parah. Berolahragalah agar otot punggung menjadi kuat | via: womenfitness.org

Sedikit-sedikit sakit punggung, padahal kerjaannya juga cuma duduk di depan komputer. Eits, jangan salah, lho! Kelamaan duduk tuh malah enggak baik buat kesehatan dan menjadi salah satu penyebab kenapa kamu sering sakit punggung! Kalau lagi sakit pungung, jangan malah tiduran, lebih baik kamu berolahraga biar rasa sakitnya hilang.

Lho, sakit kok disuruh olahraga? Manurut ahli bedah ortopedi, William Morrison, tidur atau beristirahan semaksimal mungkin malah membuat sakit punggungmu semakin parah. Sebaiknya kamu melakukan olahraga untuk memperkuat otot inti sehingga otot punggung bisa menopang tulang belakang dengan baik.

Nah, beberapa olahraga yang bisa dilakukan untuk mencegah atau menghindari sakit punggung seperti yoga, stretching, atau berenang. Hindari olahraga high impact seperti berlari, tennis, atau olahraga apa pun yang bisa menggoncangkan tulang belakang.

3. Melatih diri untuk buang air besar secara rutin

Siklus buang air besar harus rutin agar usus sehat dan bebas sembelit | via: self.com

Apakah siklus buang air besarmu rutin? Kalau tidak, kamu harus mulai melatih diri agar bisa buang air besar secara rutin terutama setelah bangun tidur, kenapa? Buang air besar secara rutin bisa mengatur fungsi usus sekaligus mengatasi sembelit. Ususmu harus ‘dipancing’ untuk bisa mengosongkan dirinya di pagi hari atau satu jam usai sarapan.

4. Membaca buku lebih banyak untuk menurunkan tekanan darah

Membaca buku bisa menimbulkan efek rileks pada otak dan bisa menurunkan tekanan darah | via: entrepreneur.com

Tips kesehatan singkat selanjutnya adalah membaca buku. Selain menambah wawasan, membaca buku ternyata bisa menurunkan tekanan darah, lho! Menurut professor epidemologi di Yale School of Public Health, Becca Levy, membaca buku bisa menghilangkan stress dan mengurangi jumlah hormon stres kortisol. Saat kortisol menurun, tekanan darah juga bisa turun.

Kawan Muda bisa membaca buku jenis apa pun kecuali surat kabar dan majalah. Karena surat kabar dan majalah cenderung dibaca dalam waktu singkat sehingga tidak bisa memberikan efek rileks pada otak seperti saat membaca buku fiksi atau non-fiksi.

5. Perbanyak konsumsi asam amino atau mineral

Konsumsi asam amino dan mineral yang cukup bisa menghindarkan tubuhmu dari lemas dan mudah lelah akibat dehidrasi | via: Acupuncturewilmington.com

Tubuh yang lemas dan mudah lelah bisa diakibatkan karena tubuhmu mengalami dehidrasi. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Selain minum air putih, kamu juga bisa menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi asam amino atau mineral. Misalnya saja mencoba sejumput magnesium atau garam laut Himalaya.

6. Berjemur di bawah matahari dalam waktu 10-20 menit tanpa sunscreen

Berjemur di bawah sinar matahari pagi atau sore selama 10-20 menit tanpa sunscreen bisa membuat tulangmu sehat dan membantu menurunkan tekanan darah | via: clinia.ca

Pergi ke luar ruangan dan terkena paparan matahari memang bisa meningkatkan risiko kanker kulit. Untuk menghindari efek buruk sinar matahari tersebut, kita dianjurkan untuk memakai sunscreen. Namun, ada waktu-waktu tertentu di mana sinar matahari malah penting untuk tubuh kita, terutama untuk kesehatan tulang.

Yup, tubuh kita ternyata butuh asupan sinar matahari, lho, agar tulang bisa lebih kuat, menurunkan tekanan darah, dan tidur bisa jadi lebih nyenyak. Pastikan tubuhmu mendapatkan sinar matahari di pagi atau sore hari. Enggak perlu lama-lama berjemur, cukup 10-20 menit saja. Dan ingat, jangan menggunakan sunscreen saat berjemur.

7. Minum teh hijau

Teh hijau membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung | via: Anxiety.org

Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Tingginya flavonoid atau tingkat antioksidan yang ada di teh hijau mampu membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Nah, biar enggak kena darah tinggi atau serangan jantung, bisa nih rutin konsumsi teh hijau setiap harinya. Namun, jangan ditambahin gula! Sama aja bohong, sih, kalau konsumsi gula harian enggak dikontrol juga :”)

8. Menjaga kebersihan

Dengan menjaga kebersihan, kamu akan terhindar dari berbagai serangan penyakit | via: thehindu.com

Tips kesehatan sederhana yang bisa diterapkan dalam keseharian adalah menjaga kebersihan. Dengan menjaga kebersihan, kamu akan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Cara menjaga kebersihan yang bisa Kawan Muda lakukan, seperti mandi setiap hari, cuci tangan sebelum dan setelah makan, membersihkan sela-sela kuku, tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin.

9. Atur pola tidur

Risiko penyakit jantung dan hati akan lebih besar saat kamu kebanyakan begadang| via: overallhealth.in

Kita Muda enggak capek-capeknya buat ngingetin bahwa tidur yang cukup itu sangat penting. Tahu enggak sih, risiko penyakit jantung dan hati akan lebih besar saat kamu kebanyakan begadang. Tidur terdengar hal yang sepele untuk diperhatikan. Namun aktivitas ini justru dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Saat kurang tidur, risiko terserang penyakit seperti jantung dan hati akan lebih besar. Tidur yang baik berkisar antara 6-8 jam mulai pukul 9 atau 10 malam. Selain itu, bahan tempat tidur dan bantal juga berpengaruh terhadap kualitas tidur. Carilah bahan yang sesuai agar tidurmu lebih nyaman dan berkualitas.

10. Menyapa Orang

Menyapa orang bisa menjauhkanmu dari stres | via: gymjunkies.com

Hah? Sejak kapan menyapa orang bisa bikin tubuh lebih sehat? Hoho, jangan salah! Meski kedengarannya sepele, menyapa tetangga atau teman dengan sapaan standar seperti ‘selamat pagi’ saja bisa menjaga kesehatan mental dan menjauhkan kamu dari stres.

Kalau pikiran tenang dan bebas stres, badan pasti lebih sehat. Yup, ketika stres, tubuh ternyata bisa menyimpan lebih banyak lemak. Stres juga bisa berpengaruh pada pemilihan makanan kamu. Orang yang stres cenderung memilih makanan yang mengandung gula atau lemak tinggi, yang tentu saja tidak baik bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu sering (akibat keseringan stres!).

11. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan instan

Mie instan mengandung banyak zat kimia, yang akan menimbulkan efek negatif pada tubuh saat terlalu sering dikonsumsi | via: Livestrong.com

Kelezatan mie instan memang enggak ada duanya. Namun mau pilih mana, lezat sesaat atau sehat sampai kakek nenek bareng pasangan *cieee*? Bukannya Kita Muda sok melarang kamu makan mie instan, tapi jangan setiap hari saja.

Mie instan mengandung banyak zat kimia, seperti natrium polifosfat, natrium karbonat, kalium karbonat, zat lilin serta pewarna makanan, yang tentunya akan menimbulkan efek negatif pada tubuh saat dikonsumsi terlalu sering. So, batasi konsumsi mie instan atau makanan instan lainnya. Yaaa, sesekali tiap minggunya masih okelah. Kalau bisa, ya, cukup sebulan sekali :”)

12. Hindari tidur dalam waktu-waktu tertentu

Hindari tidur di pagi hari setelah pukul 06.00 serta sore hari setelah pukul 15.00| via: abcnews.go.com

Tidur yang cukup memang penting, tapi ada waktu-waktu yang diharamkan untuk tidur, yaitu pagi hari setelah pukul 06.00 serta sore hari setelah pukul 15.00.

Yup, tidur di jam-jam tersebut ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh kamu. Tidur setelah pukul  6 pagi bisa menyebabkan pusing, sedangkan tidur setelah pukul 3 sore bisa melemahkan kecerdasan otak. Jika  ingin beristirahat di siang hari, tidurlah satu jam sekitar pukul 12.00 hingga 13.00.

Menjaga gaya hidup sehat sebenarnya enggak sulit, yang penting kamu punya niat dan komitmen yang kuat. Mulai sekarang yuk terapkan tips kesehatan sederhana di atas biar tubuh selalu bugar dan sehat. Selamat mencoba, Kawan Muda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *