6 Tips Diet Sehat yang Berhasil Bikin Badan Ideal

Ada berbagai macam cara diet efektif yang bisa kamu terapkan untuk memiliki tubuh ideal. Mulai dari diet keto, OCD, puasa Nabi Daud, dan lain-lain. Selain menentukan ragam diet yang paling cocok dengan tujuan dan kesanggupanmu, kamu juga harus memperhatikan tips dasar dalam diet.

Tips diet sehat berikut ini merupakan dasar-dasar alias pedoman penting yang harus kamu pegang dan terapkan agar diet kamu berhasil. Nggak sekedar memiliki tubuh ramping, langsing, kurus tapi kamu juga mendapat manfaat kesehatan lainnya.

Langsung aja yuk, simak tips diet sehat berikut ini!

1. Menu makanan sehat

menu makanan sehat
menu makanan sehat | via pexels.com

First of all, konsumsi menu makanan sehat setiap hari. Bahkan ketika tidak sedang diet pun, ada baiknya kamu mengurangi konsumsi yang tidak sehat seperti jajan gorengan, fast food, junk food. 

Ganti camilan dengan buah-buahan segar. Catat menu diet setiap hari. Dengan menu makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan gizi yang tinggi, keperluan tubuh kamu akan terpenuhi.

2. Hindari kelaparan

Sedang diet, bukan berarti kamu harus membiarkan tubuhmu kelaparan ya. Aduhh, jangan deh! Jangan hobi menyakiti diri sendiri gitu lah.

Diet itu gaya hidup, pola makan, dan seharusnya nggak menyakitkan. Kalau kamu sampai kelaparan, berarti ada yang salah dengan cara dietmu. Ada yang kurang cocok untuk diaplikasikan ke tubuhmu. Sebaiknya konsultasikan ke dokter juga tentang cara diet mana yang paling cocok denganmu.

Kalau kamu sampai lapar, dikhawatirkan kamu bakal ada perasaan untuk ‘balas dendam’ alias makan terus sampai kekenyangan. So, yang wajar-wajar aja ya, Kawan Muda!

3. Perhatikan asupan nutrisi

aplikasi penghitung kalori
aplikasi penghitung kalori | via pexels.com

Walaupun kamu bukan lulusan jurusan gizi, kamu juga sebaiknya aware dengan ini. Zaman sekarang banyak kok aplikasi penghitung kalori dan nutrisi lainnya yang bisa kamu install langsung di smartphone kamu.

Kurangi konsumsi garam dan hindari makanan yang terlalu manis. Mungkin sekarang nggak kerasa, tapi 20-30 tahun lagi saat kamu menua kamu akan merasakan dampaknya. Betapa jahatnya garam dan gula jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak.

4. Perbanyak minum air putih

Ini basic ya, Kawan Muda. Nggak ada diet yang melarang minum air putih atau air mineral. Rata-rata kebutuhan air putih orang dewasa itu 8 gelas atau 2 L per hari. Namun kebutuhan ini juga berbeda, tergantung orangnya. Bisa lebih bisa kurang.

Asupan air 2 L per hari ini nggak cuma dari air putih sih. Bisa dari buah yang berair seperti semangka, melon, blewah atau bisa juga dari sayuran seperti sayur asem, sop, dan lain-lain.

5. Tidur cukup

Kebiasaan tidur larut malam nggak baik bagi kamu yang sedang menjalani diet. Hal ini perlu disadari mengingat tidur itu kebutuhan primer yang juga penting. Sebaiknya penuhi kebutuhan tidurmu setiap harinya.

Normalnya, 8 jam per hari. Tapi kebutuhan tiap orang beda-beda. Dengan tidur yang cukup, istirahat yang cukup, tubuhmu nggak akan terlalu capek untuk beraktivitas. Pegal-pegal, linu, otot kaku, hilang semuanya.

6. Rajin olahraga

via: berkeleywellness.com

Diet tanpa olahraga ibarat hidup aku tanpa kamu. Cie. Nggak jangkep!
Ya mana bisa gitu kamu diet mempraktikkan ini itu, nggak makan ini itu, tapi kamu olahraganya ogah-ogahan. Sama aja kamu cuma membatasi makanan tanpa merawat anggota badan yang lainnya untuk tetap bugar.

Olahraga sebaiknya seminggu 3x. Kalau nggak sanggup, boleh deh seminggu sekali. Bergerak dan berkeringat akan membuat tubuhmu bugar, sehat, awet muda, dan makin kuat tulang dan sendinya. Jadi nggak sekedar ideal atau kurus.

Kalau keenam pedoman atau tips dasar ini sudah kamu lakukan dengan baik, yakin deh mau diet model gimana pun tubuh kamu tetap sehat.

Ingat ya, diet itu ada batasnya. Kalau tujuanmu di berat badan tertentu sudah terpenuhi, ya sudah stop. Jangan diet terus-terusan, nanti kamu sakit.

Lebih baik terapkan pola makan sehat dan sederhana setiap harinya. Semangat!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *