Setelah menikah, beberapa pasangan ada yang ingin menunda memiliki momongan, ada juga yang mendamba ingin segera menimang buah hati. Namun sayangnya, mereka yang tak sabar menunggu momen kehamilan tersebut malah tak kunjung diberi momongan.

Padahal, tubuh dalam keadaan sehat ;  sel telur dan sperma pun subur. Berbagai cara cepat hamil secara alami seperti berhubungan intim dan mengonsumsi makanan sehat pun sudah dilakukan. Kenapa ya buah hati yang didambakan tak kunjung datang juga?

Perlu Kawan Muda ketahui, cara cepat hamil secara alami melalui berhubungan intim harus didukung dengan faktor-faktor lain. Ya, berhubungan intim tak akan menghasilkan embrio bayi yang sehat apabila tidak dilakukan pada waktu yang tepat. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu Kawan Muda perhatikan.

Berikut adalah cara cepat hamil alami yang telah Kita Muda rangkum dari laman Merdeka.com. Buat Kawan Muda yang sudah lama menunggu buah hati yang tak kunjung datang, mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu memecahkan permasalahan kamu.

1. Berhubungan badan dan melakukannya pada waktu yang tepat

tips cepat hamil
Berhubungan badan dan melakukannya pada waktu yang tepat | via: rd.com

Kita semua tahu bahwa berhubungan intim tanpa ‘pengaman’ bisa menyebabkan kehamilan. Namun, ada saat-saat di mana peluang kehamilan sangat kecil. Nah, kesuburan dan kehamilan sangat ditentukan oleh siklus menstruasi. Jika kamu pengin cepat hamil, ada baiknya melakukan hubungan intim di masa-masa subur atau sekitar seminggu setelah menstruasi.

Meskipun cara cepat hamil dengan berhubungan intim pada puncak masa subur dinilai efektif, kamu tak perlu melakukan hubungan intim setiap hari di masa subur. Kesuburan sel sperma mampu bertahan hingga 7 hari; kamu cukup melakukan hubungan intim setiap dua hari sekali saja di masa subur.

2. Efek samping dari penggunaan pil kontrasepsi

tips cepat hamil
Efek samping dari penggunaan pil kontrasepsi | via: elawoman.com

Apakah kamu sebelumnya pernah mengonsumsi pil kontrasepsi untuk menunda kehamilan? Beberapa perempuan mengonsumsi pil KB untuk mencegah kehamilan. Nah, bisa jadi inilah yang menyebabkan program hamil kamu belum berhasil.

Butuh waktu agar pil tersebut tak lagi mempengaruhi tubuh kamu dan proses menstruasi kembali seperti semula. Namun jangan khawatir, begitu berhenti mengonsumsi pil tersebut dan berhasil menstruasi kembali, kamu bisa hamil setelah menstruasi.

3. Posisi bercinta yang tepat dan membantu

tips cepat hamil
Posisi saat berhubungan yang banyak dianjurkan agar cepat hamil adalah posisi misionaris| via: rd.com

Salah satu cara cepat hamil yang banyak dicoba orang-orang adalah dengan minuman obat-obatan tertentu, seperti Clomiphene (yang merangsang sel telur agar cepat matang), metformin hydrochloride,  bromokriptin, atau gonadotropin. Memang sih, dalam beberapa kasus, konsumsi obat-obatan tersebut membantu, Namun, bukan berarti enggak ada efek sampingnya.

Lebih baik kamu menggunakan cara cepat hamil alami tanpa obat, dengan memperbaiki posisi saat berhubungan intim misalnya. Posisi saat berhubungan yang banyak dianjurkan adalah posisi misionaris, posisi ini adalah wanita berada di bawah laki-laki.

Posisi  ini dapat meningkatkan produksi sperma yang keluar dan tertampung di dalam vagina, sehingga posisi ini sangat efektif untuk mempercepat kehamilan.

4. Santai dan jangan stres

tips cepat hamil
Stres ya bisa menyebabkan menurunnya kualitas sperma dan sel telur | via: verywellmind.com

Cara cepat hamil secara alami setelah memperbaiki posisi saat berhubungan intim adalah sebisa mungkin hindari stres. Entah itu stres akibat masalah rumah tangga, stres pekerjaan, atau stres karena penyebab lainnya.  Meski saat pemeriksaan kondisi sperma atau sel telur dikatakan sehat, kalau kamu dan pasangan sama-sama stres ya bisa menyebabkan menurunnya kualitas sperma dan sel telur.

Penelitian membuktikan bahwa meskipun pasangan suami istri melakukan hubungan intim saat masa subur, jika keduanya atau salah satu dari mereka stres, hal tersebut akan mengurangi peluang untuk cepat hamil. Itulah sebabnya, dibutuhkan kerja sama antara suami dan istri.

5. Hindari penggunaan pelumas

tips cepat hamil
Pelumas atau lubrikan bisa merusak sel sperma yang diproduksi oleh laki-laki | via: Tbodyshsg.ml

Ketika berhubungan intim, beberapa mungkin menggunakan pelumas atau lubrikan yang membantu agar penetrasi lebih lancar dan mengurangi sakit. Penggunaan lubrikan ini ternyata bukan tanpa risiko karena bisa merusak sel sperma yang diproduksi oleh laki-laki.

Ada baiknya suami dan istri melakukan foreplay (pemanasa) yang alami untuk memberikan pelumasan pada bagian intim pasangan sehingga tidak kering dan tidak sakit.

6. Jagalah kesehatan tubuh kamu

tips cepat hamil
Terapkan gaya hidup sehat agar bisa cepat hamil | via: lentheplumber.com

Selain berusaha sebisa mungkin menjaga pikiran agar tetap tenang dan bebas stres, kamu dan pasangan juga harus mempertahankan gaya hidup sehat. Semakin sehat tubuh dan pikiran, maka semakin besar pula peluang kamu untuk cepat hamil.

Hindari beberapa kebiasaan yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, terlalu banyak mengonsumsi makanan instan, dan tidak menjaga berat badan (hingga mengalami obesitas).

Kehadiran buat hati adalah salah satu hal yang paling ditunggu. Namun jika kamu dan pasangan belum juga dikaruniai buah hati, beberapa cara cepat hamil secara alami di atas mungkin bisa dipraktikkan mulai dari sekarang. Jika telah lama menunggu namun belum berhasil juga, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kamu ke dokter dan berkonsultasi tentang program hamil yang kiranya tepat untuk kondisi kamu. Selamat mencoba 😉