Mungkin dulu penyakit jantung selalu identik dengan orang-orang yang berusia senja. Namun seiring perkembangan zaman, penerapan pola kehidupan sehari-hari yang kurang sehat akhirnya menyeret banyak anak muda ke dalam lingkaran setan penyakit jantung.   

Yup, serangan jantung sebenarnya dapat terjadi pada siapa saja, tidak hanya orang tua, tetapi juga usia muda yang tidak peduli dengan pola hidup sehat. Nah, untuk mencegah penyakit jantung dan agar jantung sehat kembali, Kawan Muda harus mulai menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Pola hidup sehat yang bisa kamu terapkan adalah menghindari makanan yang tidak baik untuk jantung dan melatih kesehatan jantung dengan olahraga.

Nah, kali ini Kita Muda akan mengulas beberapa olahraga ringan untuk kesehatan jantung. Apa saja? Simak, yuk!

1. Naik turun tangga

Naik turun tangga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru| via: medguidance.com

Naik turun tangga adalah olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Buat kamu yang padat banget aktivitasnya, bisa nih diterapkan biar kesehatan jantung dan paru-paru tetap terjaga.

Menurut penelitian, naik turun tangga bisa melancarkan aliran darah yang membawa oksigen ke jantung, sehingga jantung semakin sehat dan kamu terhindar dari risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 38%.

2. Jalan cepat di pagi hari

Dengan rutin jalan cepat di pagi hari saja, kesehatan jantung bisa terjaga | via: independent.co.uk

Tak perlu melakukan olahraga high impact untuk membuat jantungmu sehat. Dengan rutin jalan cepat di pagi hari saja, kesehatan jantungmu bisa terjaga. Risiko terkena jantung koroner pun menjadi lebih rendah. So, masih mau malas-malasan di kasur kalau sudah tahu manfaat ajaib jalan cepat di pagi hari?

3. Berenang

Orang yang rutin bersepeda memiliki risiko serangan jantung 18% lebih rendah | via: sciencemag.org

Buat kamu yang suka berenang, ada kabar gembira, nih! Olahraga favorit kamu ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Yup, selain menurunkan stres, berenang bisa menstabilkan detak jantung, membantu pernapasan, dan melancarkan sirkulasi darah serta menjaga tekanan darah. Lakukan olahraga ini setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Sepeda

Berenang selama 30 menit per hari bisa menurunkan risiko serangan jantung | via: hit-alpinea.si

Bersepeda enggak hanya seru, kalau dilakukan secara teratur aktivitas menyenangkan ini bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. Sebuah studi di Denmark menunjukkan sekitar 45.000 orang dewasa berusia 50—60 tahun yang rutin bersepeda memiliki risiko serangan jantung 18% lebih rendah dibanding mereka yang enggak rutin bersepeda.

Kamu enggak perlu lama-lama kok bersepedanya karena waktu yang direkomendasikan hanya 5—30 menit saja setiap minggunya. Whoa, hayuklah langsung naik sepeda biar jantung sehat :”)

5. Stretching

Menggerakkan bahu atau mengangguk-anggukkan kepala bisa mengurangi risiko serangan jantung dan meningkatkan kinerja jantung | via: cbphysicaltherapy.com

Siapa sangka melakukan aktivitas stretching seperti menggerakkan bahu atau mengangguk-anggukkan kepala bisa mengurangi risiko serangan jantung. Jika kamu melakukan olahraga ini sebanyak 4—5 kali seminggu (masing-masing selama 30 menitan), kinerja jantung akan meningkat hingga 70—80%.

Wah, cocok nih buat kamu yang super sibuk sampai-sampai enggak punya waktu buat olahraga karena olahraga ringan untuk kesehatan jantung ini bisa dilakukan di sela-sela jam kerja dan sambil duduk pula!

Ternyata bikin jantung sehat itu enggak susah, hanya kita saja yang mau konsisten menerapkan pola hidup sehat. Buat Kawan Muda yang pengin terhindar dari serangan jantung di usia muda, lakukan olahraga ringan di atas minimal 30 menit per harinya.

Enggak harus seminggu penuh, kamu hanya perlu melakukannya selama lima hari saja. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba!