Membicarakan jerawat memang enggak ada habisnya, ya, Kawan Muda. Selain disebabkan oleh bakteri, minyak berlebih, dan hormon, kemunculan jerawat bisa jadi indikator bahwa kamu atau tubuhmu sedang dalam keadaan kurang sehat.

Misalnya nih, kalau kamu lagi jerawatan di hidung, ini berarti ada kaitannya dengan kondisi jantung dan tekanan darah. Yup, tekanan darah yang tinggi bisa menyebabkan pembengkakan pada hidung dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk menghindari hal tersebut, Kawan Muda bisa mengurangi konsumsi garam dan makanan berlemak yang memang kurang baik untuk tekanan darah. Selain mencegah atau menghilangkan jerawat dengan cara menjaga kesehatan, kamu juga bisa menggunakan obat jerawat yang dijual luas di pasaran.

Nah, kali ini Kita Muda akan merekomendasikan beberapa obat jerawat paling ampuh dan cepat hilang yang bisa kamu temukan di apotek atau drug store terdekat. Kira-kira apa saja?

1. Acnes

Rekomendasi obat jerawat ampuh
Rekomendasi obat jerawat Acnes | via: Yukcoba.in

Obat jerawat pertama yang Kita Muda rekomendasikan adalah Acnes. Nah, produk ini tentu sudah enggak asing lagi kan buat kamu? Obat jerawat Acnes ini sebenarnya ada beberapa jenisl; ada facial wash, jel penghilang jerawat (acnes sealing gel), dan obat untuk menghilangkan noda bekas jerawat (acnes spot care).

Kamu bisa menggunakan semua rangkaian obat jerawat Acnes atau beli saja yang sesuai kebutuhan. Kalau hanya ingin mengempeskan jerawat, kamu bisa beli Acnes Sealing Gel. Dan kalau ingin menyamarkan noda bekas jerawat, kamu bisa menggunakan Acnes Spot Care. Oh ya, karena enggak semua orang punya kondisi kulit yang sama, saat ada ruam merah atau iritasi, segera hentikan pemakaian ya.

2. Quinoderm Cream 10

Rekomendasi obat jerawat ampuh
Rekomendasi obat jerawat Quinoderm Cream 10 | via: solusi-jerawat.com

Kandungan Potassium hydroxyquinoline sulphate dan benzoyl peroxide dalam dosis tinggi yang ada dalam obat jerawat yang satu ini membuatnya ampuh sekaligus ‘berbahaya’ kalau Kawan Muda enggak menggunakannya dengan resep dokter.

Manfaatnya untuk membasmi jerawat parah dan meradang memang sudah enggak diragukan lagi. Namun, pastikan kamu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat jerawat yang satu ini.

3. Salcura Antiac Activ Liquid Spray

Rekomendasi obat jerawat ampuh
Rekomendasi obat jerawat Salcura Antiac Activ Liquid Spray | via: Feelunique.com

Obat jerawat paling ampuh dan cepat hilang selanjutnya adalah Salcura Antiac Activ Liquid Spray. Obat yang satu ini tergolong obat jerawat alami karena mengandung bahan alami sehingga enggak memberikan efek samping berbahaya pada kulit atau membuat kulit menipis.

Penggunaannya juga mudah, lho, tingga menyemprotkannya ke bagian wajah yang meradang. Selain bisa mengempeskan jerawat, Salcura juga bisa membantu memudarkan bekas jerawat yang sulit hilang. Lumayan banget kan?

4. Freederm Gel

Rekomendasi obat jerawat ampuh
Rekomendasi obat jerawat Freederm Gel | via: chemistdirect.co.uk

Obat jerawat yang satu ini memiliki khasiat yang sama dengan Quinoderm. Freederm gel bisa meredakan peradangan dan kemerahan dalam jerawat dalam hitungan jam saja. Kalau digunakan secara rutin pada bagian wajah yang berjerawat, jerawat enggak akan muncul lagi.

Meski khasiatnya jempolan, Quinoderm termasuk obat keras. Jadi, baca petunjuk penggunaan baik-baik ya agar enggak salah menggunakan dan hentikan pemakaian kalau muncul iritasi atau ruam-ruam di wajah.

5. Freederm Facial Cleanser

Rekomendasi obat jerawat ampuh
Rekomendasi obat jerawat Freederm Facial Cleanser| via: chemistdirect.co.uk

Selanjutnya ada Freederm facial cleanser. Kalau obat jerawat yang pada poin-poin sebelumnya berbentuk jel atau krim, Freederm ini berupa facial cleanser atau sabun cuci muka. Kalau jerawat ingin cepat hilang, kamu bisa menggunakannya 2—3 kali sehari. Freederm bisa membantu menghilangkan jerawat sekaligus memudarkan bekas jerawat yang membandel. 

6. Pimplex Krim Sulfur

Rekomendasi obat jerawat ampuh
Rekomendasi obat jerawat Pimplex Krim Sulfur | via: Vemale.com

Pimplex krim sulfur merupakan obat jerawat yang mengandung sulfur allantoin, bentoit,dan trikosan. Bahan-bahan tersebut sudah terbukti ambuh untuk membasmi bakteri penyebab timbulnya jerawat. Tak hanya itu saja, obat jerawat Pimplex juga bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat dan mencegah agar jerawat tak muncul kembali.

7. Kapsida Kembang Bulan

Rekomendasi obat jerawat ampuh
Rekomendasi obat jerawat Kapsida Kembang Bulan | via: elevenia.co.id

Selain menggunakan obat luar untuk menghilangkan jerawat, Kawan Muda juga bisa mengonsumsi obat dalam atau pil jerawat seperti Kapsida Kembang Bulan.

Yup, obat ini ternyata enggak hanya ampuh mengatasi bisul dan alergi saja, lho. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin 2—3 kali sehari, setelah makan atau sebelum tidur, untuk mencegah atau menyembuhkan jerawat.

Nah, itulah rekomendasi obat jerawat yang bisa Kawan Muda gunakan untuk mengatasi jerawat dan noda bekas jerawat. Seperti yang sudah Kita Muda singgung sebelumnya, jangan lupa menjaga kesehatan dan hindari stres agar jerawat enggak bermunculan di wajahmu. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!