5 Manfaat Ajaib Minum Kopi. Bisa Bikin Umur Panjang Juga!

2.031 views
Manfaat minum kopi
via: blog.pricecheck.co.za

Jika dulu minum kopi identik dengan orangtua atau ‘bapak-bapak, kini aktivitas ini menjadi sebuah tren dan bahkan menjelma sebagai gaya hidup baru di kalangan anak muda. Apakah ini sebuah kabar baik atau malah sebaliknya?

Karena selama ini, kan, kopi identik sebagai minuman berkafein yang bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Kawan Muda tentu pernah mendengar tentang bahaya minum kopi terlalu sering, mulai dari merusak gigi, memicu inkontinensia (tidak bisa mengontrol buang air kecil), insomnia, mengganggu pencernaan, sakit kepala, hingga masalah kesuburan.

Segala sesuatu jika dikonsumsi secara berlebihan memang bisa menimbulkan efek negatif, termasuk kopi. Namun, jika kamu mengonsumsi kopi dalam batas aman yang dianjurkan, yakni maksimal 3—4 cangkir per hari (tanpa gula), kebiasaan tersebut malah bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

Ya, para ahli terus melakukan penelitian untuk menguak manfaat minum kopi sesuai takaran aman.  Bahkan menurut Profesor Paul Roderick, manfaat dari konsumsi kopi ternyata lebih besar daripada bahaya minum kopi!

Lantas, apa saja manfaat minum kopi seperti yang disebutkan para ahli tersebut? Simak yuk, ulasan Kita Muda berikut ini.

1. Kandungan kafein pada kopi membantu mempertajam daya ingat

Manfaat minum kopi
Kandungan kafein pada kopi membantu mempertajam daya ingat| via: mariefranceasia.com

Para peneliti dari Harvard University pernah melakukan penelitiaan tentang manfaat kafein pada kopi terhadap kinerja otak. Hasilnya, kafein membantu otak lebih banyak dan lebih lama mengingat informasi.

Kafein akan bereaksi secara kimia yang kemudian menstimulasi otak untuk mengingat hal yang mungkin dilupakan.

Namun ingat ya, hal ini akan mendapatkan manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Jika tidak, kafein akan berdampak sebaliknya, yakni menghasilkan ingatan yang tidak akurat. Meskipun begitu, hal ini sangat jarang terjadi.

2. Fokus juga meningkat saat kamu minum kopi

Manfaat minum kopi
Kopi membantu kita lebih waspada dan fokus | via: usnews.com

Selain daya ingat menjadi tajam, kamu akan lebih waspada dan fokus sehingga proses berpikir menjadi lebih efisien. Mengutip Kompas.com, kafein yang terbawa oleh aliran darah berinteraksi dengan reseptor adenosin dan merangsang produksi serotonin, dopamin, dan nonadrenalin.

Tiga senyawa tersebut yang membantu kita lebih waspada dan fokus. Mereka juga berkontribusi dalam memperbaiki suasana hati.

3. Psst…minum kopi juga menurunkan risiko penyakit otak dan saraf

Manfaat minum kopi
Minum kopi juga menurunkan risiko penyakit otak dan saraf| via: sciencedaily.com

Rutin minum kopi juga mengurangi risiko pikun dini, Alzheimer, dan penyakit otak atau saraf lainnya. Nah, seiring bertambahnya usia manusia cenderung lebih rentan dengan penyakit tersebut. Dengan minum kopi, perkembangan penyakit tersebut bisa diperlambat.

Kandungan kafein pada kopi juga bisa mencegah penyakit Parkinson. Penyakit ini membuat gerakan tubuh terganggu dan menimbulkan tremor akibat rusak atau matinya sel-sel saraf di otak yang memproduksi dopamine. Nah, kafein akan mengurangi peradangan pada sel-sel otak.

4. Menurut riset, risiko kematian akibat penyakit mematikan juga berkurang saat minum kopi!

Manfaat minum kopi
Risiko kematian akibat penyakit mematikan juga berkurang saat minum kopi | via: thisisinsider.com

Penyakit-penyakit ‘menyeramkan’ seperti tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan bahkan jantung bisa diminimalisir risiko kematiannya dengan rajin minum kopi. Minum tiga hingga empat cangkir kopi sehari mampu mengurangi risiko kematian dini yang disebabkan oleh berbagai faktor hingga 17 persen.

Untuk risiko kematian dini akibat penyakit jantung, mengonsumsi tujuh cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko kematian dini hingga 10 persen! Eits, tapi ini hanya boleh dilakukan untuk orang yang tidak menderita penyakit jantung, ya, bukan yang sudah menderita masalah kesehatan jantung.

5. Mau awet muda? Minum kopi atau maskeran kopi saja!

Manfaat minum kopi
Kopi membuat kita awet muda | via: mtlblog.com

Kopi merupakan antioksidan efektif. Biji kopi sendiri adalah bahan yang kaya akan kandungan antioksidan alami bernama quinines, yang akan  menjadi makin aktif setelah dipanggang.

Kandungan antioksidan dan kafein  juga bisa menangkal radikal bebas dan radiasi sinar UV yang menyebabkan penuaan kulit dini. Nah, hal ini bisa memperbaiki garis-garis halus di wajah, keriput, hingga pigmentasi kulit.

Whoa, ternyata banyak sekali manfaat minum kopi tak pernah kita duga! Eits, tapi manfaat tidak di atas tidak berlaku pada ibu hamil dan penderita masalah jantung ya. Jadi, mau ngopi enggak hari ini?