Khasiat Ajaib Buah Mangga untuk Kesehatan dan Kecantikan

674 views
via: cookinglight.com

Harum baunya, lembut teksturnya, dan manis rasanya; enggak ada yang bisa menolak kelezatan buah mangga. Bahkan makan satu buah saja rasanya enggak cukup, karena memang bikin nagih, sih. Selain lezat untuk dikonsumsi, tahukah kamu kalau buah mangga memiliki segudang manfaat untuk tubuh?

Kandungan buah mangga ternyata memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Nah, Kawan Muda mungkin sudah tahu kalau buah mangga rasanya enak, tapi belum tahu banyak kan soal manfaat buah mangga yang menakjubkan?

Biar enggak kudet, yuk, simak ulasan Kita Muda berikut ini soal manfaat buah mangga, sebagaimana dilansir dari DokterSehat.com.

1. Manfaat buah mangga untuk mencegah jerawat

Manfaat buah mangga untuk mencegah jerawat
Manfaat buah mangga untuk mencegah jerawat | via: mypositivehealth.com

Aneh tapi nyata, buah mangga ternyata bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat. Dengan mengoleskan bulir mangga pada kulit wajah akan membantu membersihkan pori-pori dan menjauhkan kulit wajahmu dari komedo atau jerawat.

Ekstrak mangga juga berfungsi membersihkan bakteri yang ada pada kulit wajah dan menjadi pelembab yang baik untuk kulit sensitif. Buat Kawan Muda yang punya masalah dengan kulit berminyak, kamu bisa rutin maskeran dengan ekstrak mangga biar kulitmu bebas kilap.

2. Manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan

Manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan
Manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan | via: english.newstracklive.com

Buah mangga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan sehingga manfaat buah mangga untuk wajah dan kulit begitu besar.

Selain membantu mencegah dan mengobati jerawat, kandungan vitamin A dan C pada buah mangga membantu menjaga imun tubuh dengan menghasilkan protein kolagen. Nah, protein kolagen ini juga membantu proses penuaan alami.

Kandungan alpha hydroxyl acid atau AHA pada mangga merupakan eksfoliator alami yang bisa mengatasi masalah kulit kusam dan kering.

3. Manfaat buah mangga untuk mencegah kanker

Manfaat buah mangga untuk mencegah kanker
Manfaat buah mangga untuk mencegah kanker | via: easyhealthoptions.com

Buah mangga adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan petkin yang cukup tinggi. Petkin adalah serat makanan yang larut secara efisien dan membantu menurunkan kolesterol dalam darah. . Pektin juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Institute for Food Research, makan mangga bisa menurunkan risiko kanker saluran pencernaan.

4. Manfaat buah mangga untuk menambah berat badan

Manfaat buah mangga untuk menambah berat badan
Manfaat buah mangga untuk menambah berat badan | via: rush.edu

Buat Kawan Muda yang berjuang untuk menambah berat badan, makan bangga adalah solusi yang alami dan sehat. 150 g mangga memiliki sekitar 86 kalori, yang dapat diserap dengan mudah oleh tubuh.

Mangga juga mengandung pati, yang berubah menjadi gula dan membantu menambah berat badan. Mengonsumsi mangga yang dicampur susu (milkshake mangga) akan membantu mempercepat proses penambahan berat.

5. Manfaat buah mangga untuk mengatasi masalah pencernaan

Manfaat buah mangga untuk mengatasi masalah pencernaan
Manfaat buah mangga untuk mengatasi masalah pencernaan | via: drbrighten.com

Mengonsumsi mangga bisa menghindarkan kita dari gangguan pencernaan atau keasaman berlebih. Yup, enzim yang terkandung pada mangga bisa membantu menjaga pencernaan kita tetap sehat. Selain itu, kandungan senyawa bioaktif pada mangga, seperti ester, terpene, dan aldehid, bisa meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

6. Manfaat buah mangga untuk mengatasi anemia

Manfaat buah mangga untuk mengatasi anemia
Manfaat buah mangga untuk mengatasi anemia | via: westchesterhealth.com

Buah mangga juga baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Mangga adalah buah yang kaya akan zat besi, sehingga mengonsumsinya secara teratur bisa membantu meningkatkan sel dara merah dalam tubuh.

Whoa, enggak menyangka, ya, kandungan buah mangga bisa membawa manfaat sebesar itu. Belum tahu manfaatnya saja doyan banget, kalau sudah tahu begini malah makin lahap deh makan buah mangganya :”)