Perhatikan apa yang kamu makan karena kamu adalah apa yang kamu makan. Dalam artian, pastikan apa yang kamu konsumsi sehari-hari betul-betul memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, bukan malah makanan yang mengganggu kesehatan.

Apalagi makanan yang menganggu kesuburan. Wah, harus dikurangi atau bahkan sebisa mungkin dihindari kalau kamu dan pasangan berencana untuk memiliki momongan dalam waktu dekat.

Di artikel kali ini, Kita Muda akan mengulas 5 makanan dan minuman yang ternyata bisa menurunkan kesuburan. Apa saja?

1. Makanan olahan atau makanan ringan yang mengandung MSG, lemak trans, dan gula tinggi.

makanan ganggu kesuburan
Makanan mengandung MSG bisa mengganggu kesuburan | via: indiatoday.in

Selain menyebabkan berat badan naik, makanan olahan atau makanan ringan yang mengandung MSG bisa mengganggu aktivitas produksi hormon esterogen pada perempuan. Jadi produksi hormon tersebut tak seimbang sehingga menganggu kesuburan.

Mengonsumsi makanan ini sebetulnya tidak apa-apa, tapi lebih baik dihindari supaya kesuburan tidak terganggu. Apalagi kalau kamu ingin segera punya momongan dalam waktu dekat.

2. Suka beli minuman bersoda atau minuman manis kemasan? Aduh, mending dikurang-kurangi, ya. Enggak mau, kan, kesuburan terganggu?

makanan ganggu kesuburan
Minuman bersoda atau minuman manis memicu resistensi insulin, yang mengganggu kesuburan | via: health.com

Minuman bersoda atau minuman manis kemasan memiliki kadar gula yag sangat tinggi. Nah, konsumsi gula yang tinggi bisa memicu resistensi insulin, yang mengganggu kesuburan.

Selain itu, minuman bersoda seperti  cola juga mengandung kafein yang bisa menurunkan jumlah sperma dan kekentalan air mani yang bisa membuat peluang kehamilan lebih kecil.

3. Makanan atau minuman menggunakan kemasan plastik atau kemasan yang mengandung BPA

makanan ganggu kesuburan
Makanan atau minuman menggunakan kemasan plastik bisa menjadi penyebab ketidaksuburan seseorang | via: cnn.com

Menurut peneliti dari Harvard University, paparan BPA bisa mempengaruhi kualitas sel telur pada perempuan, mengganggu proses reproduksi, dan dalam takaran 20 % bisa menjadi penyebab ketidaksuburan seseorang.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang kurangilah minum dari botol kemasan, memanaskan makanan dalam wadah plastic/bungkus plastik, dan simpan makanan dari wadah yang terbuat dari kaca, keramik, atau logam.

Sebenarnya ada jenis plastic tertentu yang masuk kategori aman. Kamu bisa memeriksa labelnya dan pastikan plastik tersebut memiliki label nomor # 1 PETE, # 2HDPE, # 4LDPE atau # 5PP.

4. Ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi seperti tuna halibut, ikan todak, tilefish, tenggiri, ikan bass, marlin, bluefish dan striped bass.

makanan ganggu kesuburan
Kurangi konsumsi ikan bermerkuri tinggi saat program hamil | via: youwontstarve.com

Makan ikan memang tidak dilarang karena kandungan Omega-3 pada ikan sangat baik untuk ibu hamil dan calon jabang bayi. Namun, baiknya kamu menghindari ikan yang punya kandungan merkuri tinggi tiga bulan sebelum merencanakan kehamilan.

Sebaiknya konsumsi ikan bermerkuri rendah yang kaya akan asam lemak Omega-3 seperti ikan asin, rainbow trout, salmon, ikan daging putih, sarden, hingga kepiting, udang, dan cumi. Mengonsumsi ikan bermerkuri rendah tidak dianjurkan lebih dari 12 ons per minggu.

5. Telur,  daging, atau ikan  yang masih mentah.

makanan ganggu kesuburan
Makanan mentah bisa membuat tingkat kesuburan perempuan menurun | via: wabisabi.co.mz

Jika sedang merencanakan program hamil, sangat disarankan untuk menghindari telur, ikan, dan juga daging yang masih dalam kondisi mentah.

Ditahan-tahan dulu deh makan sashimi atau mie instan pake telur setengah matangnya karena menurut penelitian kandungan bakteri salmonella yang  ada pada makanan mentah bisa membuat tingkat kesuburan perempuan menjadi menurun.

Nah, itulah 5 jenis makanan dan minuman yang ‘diam-diam’  bisa mengganggu kesuburan. Sangat tak disarankan buat kamu dan pasangan yang merencanakan program hamil.

Beberapa di antaranya juga termasuk dalam jenis makanan tidak sehat yang sebaiknya memang tidak sering-sering dikonsumsi. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!