Di jaman serba mudah seperti sekarang, kebiasaan sehat menjadi berkurang karena banyak kegiatan yang tidak membuat tubuh menjadi sehat. Jarang meminum air putih, malas bergerak, sering mengonsumsi junk food, dan kebiasaan buruk lain yang tentunya semakin menumpukkan penyakit dalam tubuh. Tapi tahu nggak sih, ternyata ada kebiasaan sepele dalam kehidupan kita, yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kamu?

Kebiasaan-kebiasaan ini merupakan tindakan yang selama ini kita kenal sebagai kebiasaan sehat, padahal nggak. Kebiasaan ini kalau kamu teruskan secara terus menerus, bisa gawat nanti kesehatan tubuh kamu. Nah, apa saja sih jenis kebiasaannya? Yuk, kita lihat:

1. Menyikat gigi setiap habis makan

via: brightside.me

Kebanyakan dari kita sering menyikat gigi setiap habis makan agar bau dan kesehatan mulut tetap terjaga. Padahal nih menurut Mayo Clinic, kalau setelah mengonsumsi makanan yang mengandung asam, kamu nggak boleh langsung sikat gigi, karena akan merusak lapisan enamel gigi pada saat di kondisi lemah.

2. Mendapatkan tambahan waktu tidur di hari libur

via: brightside.me

Menurut penelitian dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, menambah waktu tidur di hari weekend bisa menambah masalah kesehatan di waktu yang akan datang. Lho, terus gimana? Nah, akan lebih baik kalau kamu selalu menjaga waktu tidur malam selama 7-9 jam setiap harinya.

3. Terlalu memikirkan kesehatan = mengisolasi diri

via: brightside.me

Pernah nggak Kawan Muda, karena kamu sedang diet ketat, kamu akhirnya menghindar dari acara-acara seru bareng teman-teman kamu karena takut kebanyakan makan? Well, percaya deh, sebenarnya hal itu nggak bagus lho untuk kesehatan diri. Selain kamu tambah stres karena kurang main, efek dari stres itu malah memicu kamu untuk makan banyak, dan alhasil membuat kamu tambah berisi. Kamu bisa menghindari hal ini dengan membuat diet plan yang berisi apa saja yang kamu harus konsumsi dalam seminggu, jadi kamu bisa main sama temanmu sambil tetap diet sehat.

4. Nggak makan siang

via: brightside.me

Ini nih yang biasanya dilakukan sama anak kos. Mentang-mentang ngirit uang sekalian diet, kamu jadi nggak makan siang. Padahal nih menurut Weight Control Information Network, mereka yang sering nggak makan siang cenderung untuk memiliki berat badan lebih daripada mereka yang selalu makan siang. Lho, kok bisa? Iya dong, kalau kamu nggak makan siang yang terjadi adalah kamu menahan nafsu makanmu dan membuat kamu untuk mengonsumsi makanan yang lebih nggak sehat nantinya. Jadi, jangan lupa makan siang ya!

5. Mengupas apel

via: brightside.me

Hayo, Kawan Muda pasti sering mengupas kulit apel terlebih dahulu sebelum memakan buahnya kan? Padahal nih, kulit apel 2 kali lebih banyak mengandung serat daripada buahnya, 25 persen potassium, serta 40 persen vitamin A. Kerennya lagi, hampir 100 persen kandungan zat antioxidant ada di kulit apel, lho! Masih mau membuang kulit apel?

6. Meminum diet soda

via: brightside.me

Diet soda terlihat sekilas seperti minuman berkabonasi yang rendah gula. Padahal nih, nggak ada bedanya sama soda biasa. Gula buatan yang terdapat di diet soda memiliki rasa yang lebih kuat, jadi semakin lama semakin disimpan rasanya akan semakin manis, dan otomatis kandungan gulanya bertambah. Nah karena kandungan gula yang tinggi ini, bukannya malah menurunkan berat badan tapi malah meningkatkan berat badan kamu.

7. Menimbang berat badan setiap hari

via: brightside.me

Sedang diet dan ingin segera mengetahui progress berat badan kamu? Percaya deh, kalau mau diet kamu berhasil, jangan pernah menimbang badan setiap hari. Kenapa tuh? Karena setiap kali kamu menimbang berat badan dan tidak ada perkembangan, kamu akan menjadi emosi dan malah akhirnya mengabaikan konsumsi sehat sama sekali. Nggak banget, kan? Nah, makannya coba kurangi waktu untuk menimbang berat badanmu, biar nggak stres setiap kali diet. Oke?

8. Meminum minuman protein setelah berolahraga

via: brightside.me

This is one of the things that people always do wrong. Benar kok kalau protein dapat membantu untuk pertumbuhan otot dan mengurangi rasa sakit setiap kali olahraga. Tapi percaya deh, kalau kamu malah mengonsumsi minuman protein setelah berolahraga di malam hari, kamu malah berisiko untuk overeating. Daripada malah menambah penyakit, lebih baik kurangi konsumsi minuman proteinnya, ya!

9. Berfokus hanya pada aktivitas kardio

via: brightside.me

Kebanyakan dari mereka yang berolahraga cenderung hanya berfokus pada satu jenis olahraga, seperti untuk pembentukan otot. Padahal nih, kamu nggak bisa hanya berfokus pada satu jenis saja, dan kalau bisa kombinasikan kegiatan olahraga kamu setiap hari, agar lebih seimbang.

Nah, sudah tahu kan sekarang kebiasaan apa saja yang kamu kira sehat, ternyata malah membahayakan kesehatan kamu? Setelah membaca artikel ini, jangan dilakukan lagi ya, Kawan Muda!

sumber: Brightside