Kumpulan Cara Diet Efektif Turunkan Berat Badan

1.829 views
via: rd.com

Yang masih disibukkan dengan program penurunan berat badan mana suaranya?!? Sudah berapa lama nih kamu diet? Berhasil? Atau malah susah banget menerapkan program diet dengan disiplin?

Bukan sesuatu yang aneh lagi jika mendengar orang yang mengalami ‘gagal diet’.  Selain karena tidak bisa mengontrol ‘emosi’ saat menjalankan diet, beberapa orang cenderung memilih jenis diet ekstrim. Macam-macam diet cepat dan ekstrem  tersebut memang membuahkan hasil, tapi enggak akan bertahan lama karena berat badan jadi cepat naik lagi.

Pada dasarnya, diet seharusnya enggak membuat seorang tersiksa karena menahan diri untuk tidak makan. Sebaliknya, diet harusnya dilakukan dengan tujuan mengubah pola makan agar tubuh menjadi lebih sehat.

Misalnya saja, mengganti cemilan ringan yang mengandung MSG dengan buah untuk menurunkan berat badan. Langkah ini bisa menjadi cara diet buat yang doyang ngemil.

Atau kamu bisa memilih satu dari mamacam diet sehat dan cepat berikut ini:

1. Diet mayo

Diet mayo pada dasarnya adalah diet makan tanpa rasa, utamanya asin | via: wrp-diet.com

Tentu kita masih ingat selebriti Fitri Tropica yang sukses menurunkan berat badannya sebanyak 6kg hanya dalam waktu 2 minggu aja dengan menerapkan diet mayo! Diet ini sempat tenar banget beberapa tahun lalu karena banyak yang melakukannya dan berhasil. Sebenarnya bagaimana sih sistem diet mayo ini?

Diet mayo pada dasarnya adalah diet makan tanpa rasa, utamanya asin. Jadi, kamu mengonsumsi makanan yang dimasak rendah garam selama 13 hari. Mengapa demikian? Ternyata garam menahan air di dalam tubuh, dan ketika air terlalu banyak, berat tubuh seseorang akan  bertambah. Itulah mengapa mereka yang diet mayo diminta menghindari garam.

Proses memasaknya pun juga diperhatikan. Yup, pelaku diet mayo sebisa mungkin harus menghindari makanan yang digoreng. Selain memperhatikan konsumsi makanan, aktivitas fisik juga harus tetap dilakukan saat menjalankan diet ini.

2. Diet Ketogenik

Adalah diet tinggi lemak dan rendah protein serta karbohidrat | via: yahoo.com

Adalah diet tinggi lemak dan rendah protein serta karbohidrat. Rasio konsumsinya adalah 80% lemak, 15% protein, dan 5% karbohidrat. Lemak di sini akan menggantikan peran karbohidrat dalam proses pembakaran di tubuh, sehingga tubuh tetap bertenaga. Diet katogenik bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga bisa menekan nafsu makan.

Menu yang dianjurkan saat melakukan diet katogenik seperti es krim, daging, telur, sosis, udang, tuna, mayones serta makanan lain yang mengandung lemak tinggi dengan kadar karbohidrat rendah. Namun perlu diperhatikan bahwa diet katogenik bisa membuatmu kesulitan buang air besar dan tubuh menjadi gampang lelah.

3. Diet Rendah Lemak

Diet rendah lemak juga bertujuan memperbaiki kadar darah dalam tubuh | via: scopeblog.standford.edu

Kalau katogenik menekankan pada konsumsi lemak, yang ini sebaliknya. Yup, bagi sebagian orang lemak adalah momok yang bisa membuat berat badan naik. Itulah sebabnya, banyak orang memilih mengurangi asupan lemak dalam makanan mereka. Diet rendah lemak juga bertujuan memperbaiki kadar darah dalam tubuh sehingga tubuh terhindar dari penyakit yang menyerang pembuluh darah.

Makanan yang dianjurkan saat menjalani diet rendah lemak antara lain makanan yang mengandung karbohidrat kompleks (beras merah, gandum, jagung, kentang, ubi-ubian, dan oatmeal), sumber protein hewani (ayam tanpa kulit, ikan salmon, susu low fat milk), protein nabati (tempe, tahu, dan kacang-kacangan), buah-buahan (tapi hindari nangka dan durian) dan sayur-sayuran.

4. Diet Ketofastosis

Merupakan gabungan dari diet ketogenik dan fastosis (puasa dalam kondisi ketosis) | via: simomot.com

Merupakan gabungan dari diet ketogenik dan fastosis (fasting on ketosis atau puasa dalam kondisi ketosis). Jadi kamu mengonsumsi makanan yang dianjurkan saat diet ketogenik, tapi ada fase fastosis atau puasa sekitar 6—12 jam.  Oh ya, meski menu makanannya mirip dengan diet ketogenik, pelaku diet ketofastosis diasarankan mengonsumsi makanan yang 100% hewani.

Metode diet keto memang sangat efekti dalam menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. Namun perlu diketahui bahwa diet ini harus dilakukan dengan tepat. Kalau enggak, bisa berdampak pada penyusutan otot, kram pada kaki, gangguan pencernaan, dan sering mengalami gejala flu.

5. Diet Nasi Merah

Beras merah lebih tinggi serat dan kaya antioksidan sehingga bermanfaat melancarkan pencernaan | via: MalayalamEmagazine.com

Dibanding beras putih, beras merah lebih tinggi serat dan kaya antioksidan sehingga bermanfaat melancarkan pencernaan dan menghindarkan tubuh dari beragam penyakit, seperti diabetes dan gagal jantung. Mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah juga membantu mengontrol berat badan.

Metode diet nasi merah cukup mudah dilakukan karena kamu hanya perlu mengganti nasi putih dengan nasi merah. Eits, tapi porsinya juga harus dikontrol. Kamu bisa makan 5—6 kali sehari, tapi setiap kali makan, kamu hanya boleh mengonsumsi lima sendok makan saja.

6.  Diet GM (General Motor)

Diet ini menekankan pada konsumsi makanan yang mengandung banyak air | via: justforhearts.com

Diet ini dulunya diterapkan di salah satu perusahaan otomotif ternama di Amerika, General Motor, agar pekerja mereka memiliki tubuh yang sehat. Karena itulah dinamakan Diet GM. Diet ini menganjurkan kamu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air agar bisa meningkatkan pembakaran lemak di samping adanya proses detoksifikasi.

Meski efektif dalam menurunkan berat badan, diet GM ternyata belum tentu aman untuk semua orang karena tubuh bisa kekurangan protein dan zat-zat penting dalam tubuh juga berkurang.

7. Diet Food Combining

Food combining adalah cara mengatur makanan yang kamu konsumsi sehari-hari | via: GreenSmoothieGirl.com

Diet food combining ini memberikan penekanan cara mengatur makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Misalnya nih, jangan mengonsumsi karbohidrat dan protein secara bersamaan. Selain itu, sebelum mengonsumsi apa pun, kamu disarankan untuk mengonsumsi buah dulu dan minum air perasan lemon di pagi hari.

Waktu makan juga menentukan keberhasilan diet food combining. Aturan dasarnya ada tiga, makan berat dua jam setelah buah, makan protein tiga jam setelah karbohidrat, dan makan karbohidrat empat jam setelah protein.

Pada dasarnya, diet itu bukan menyiksa diri sendiri. Kalau kamu menahan lapar, mending diniati puasa saja, biar bisa sekalian nambah pahala, hehe. Yang terpenting dalam program diet adalah menjaga pola makan dan membatasi makanan yang tidak ada manfaatnya buat tubuh. Kamu bisa mengintip nih cara memaksimalkan konsumsi sayuran dan buah lewat diet pelangi.

Diet seharusnya diimbangi juga dengan olahraga yang teratur agar tubuh lebih bugar. Langsing tanpa diet ekstrem mungkin bagi sebagian orang sulit dilakukan, tapi (semoga) macam-macam diet sehat dan cepat di atas bisa jadi solusi yang aman. Selamat mencoba!