Mamah Muda Merapat! Ini 10 Cara Aman Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

505 views
Cara-menurunkan-berat-badan-pasca-melahirkan
via instagram.com/tasyakamila

Pasca kelahiran, beberapa ibu-ibu muda biasanya sangat hectic dan antusias untuk merawat bayi yang baru lahir. Apalagi kalau anak pertama dan sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Tidak jarang, beberapa ibu muda juga menginginkan badannya kembali seperti sebelum hamil. Apalagi kalau wanita karir yang dituntut menjaga berat badan.

Nggak ada salahnya membiarkan badanmu ‘melar’, toh kamu juga sedang menyusui dan yang penting bayimu sehat. Tapi kalau kamu kurang percaya diri, lebih-lebih kalau ada tuntutan pekerjaan, kamu bisa coba cara menurunkan berat badan yang aman seperti berikut.

1. Tidak perlu diet

Ada banyak cara diet yang dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari diet ekstrim, diet keto, hingga diet ala militer. Khusus untuk kamu mamah muda yang baru melahirkan, jangan ambil diet tertentu. Cukup dengan kurangi makanan yang 0 kalori yakni makanan yang penuh lemak dan gula. Hindari kue tinggi gula, cookies, soda, alkohol, dan junk food.

2. Konsumsi “superfood” lebih banyak

Busui alias ibu-ibu yang sedang menyusui butuh banyak nutrisi. Selain agar kualitas ASI bagus, juga agar kamu badan kamu tetap fit. Konsumsi makanan superfood yang tinggi protein seperti ayam, daging, kacang-kacangan; mengandung kalsium seperti susu, yogurt, dan keju; serta yang mengandung DHA dan asam lemak omega 4 seperti ikan salmon.

3. Ganti camilan dengan buah

Makan buah adalah cara aman dan sehat untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Kamu dapat memilih buah pisang dan buah dari keluarga berry lainnya. Kalau emang pengin banget ngemil kue, kamu bisa ngemil sereal tanpa gula.

4. Menyusui

Menyusui-bayi
menyusui bayi | via parenting.omami.com

Berat badan turun secara alami bagi Busui tidak lain tidak bukan adalah dengan menyusui. Menyusui banyak manfaatnya, selain mempererat ikatan ibu dan anak, baik untuk kesehatan ibu dan anak, juga ternyata bisa mengecilkan lingkar pinggang sang Ibu. Sebab, menyusui dapat membakar ratusan kalori per hari. Emejing!

5. Minum air putih

Inilah tips segala urusan, minum air putih membuatmu kenyang dan nggak pengin ngemil. Tapi ingat, tetap harus sesuai takaran dan kemampuan tubuh ya. Jangan terlalu banyak jangan pula terlalu sedikit. Setidaknya minum segelas air tiap kali akan menyusui.

6. Olahraga! Jangan mager!

Yup, gimana mau turun berat badan kalau kamu nggak pernah olahraga? Menyusui anak bukan alasan untuk bermalas-malasan. Banyak tips olahraga untuk ibu menyusui. Salah satunya adalah dengan morning walk secara rutin minimal 30 menit, 5 kali seminggu.

7. Tidur cukup

Susah punya waktu tidur, apalagi punya waktu me time merupakan common problems ibu-ibu yang baru punya anak. Tapi kamu tetap harus punya waktu tidur yang cukup, minimal 7 jam per hari. Sedikit lebih pendek boleh asal kualitas tidurmu bagus, nyenyak. Jadwalkan waktu tidur si bayi dan waktu tidurmu agar kamu bisa beristirahat.

8. Makan porsi kecil

Tips turun berat badan secara mudah adalah dengan mengurangi porsi makan. Porsi makan boleh kecil, tapi intensitas makan boleh sedikit lebih sering. Penting untuk tidak melewatkan sarapan. Walaupun dengan porsi kecil, pastikan kamu merasa cukup dan kenyang.

9. Konsultasi dokter

Jika segala macam cara sudah kamu lakukan tapi berat badanmu belum juga kembali seperti sedia kala, kamu boleh menempuh jalan dokter. Datanglah ke dokter yang sudah kamu percaya, dokter akan menyarankan diet sehat yang aman untuk kamu dan bayimu. Tentunya juga disesuaikan dengan kemampuan fisikmu.

10. Sabar

Sabar! Ini memang bukan cara menurunkan berat badan yang eksplisit. Tapi dengan sabar menjalani masa-masa pasca kelahiran dan tanpa melakukan diet yang aneh-aneh, percayalah suatu saat berat badanmu akan kembali normal. Hamil butuh 9 bulan, nggak mungkin kan kamu kurus otomatis?

Dan yang terpenting, jangan lupa selalu jaga kesehatanmu, kesehatan suamimu, dan kesehatan bayimu ya!