Sakit Perut dan Susah Buang Air Besar? 7 Hal Sederhana Ini Bisa Jadi Solusi Ampuh

Kawan Muda tentu pernah merasakan sakit perut atau merasa ada hal yang membuat perutmu terasa tidak nyaman. Ini bisa terjadi karena kamu mengalami gangguan pencernaan, diare, susah buang air besar atau sembelit, atau bahkan rasa sakit perut yang muncul akibat stres berlebih.

Tentu hal ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan kalau tidak segera ditangani, misalnya saja sakit perut akibat konstipasi, bisa berujung pada masalah kronik dan memicu timbulnya kanker usus. Aduh, ngeri banget!

Buat Kawan Muda yang sering mengalami masalah sakit perut atau susah buang air besar dengan rutin, Kita Muda punya 7 cara sederhana dan ampuh untuk mengatasi rasa sakit perut tersebut. Seperti apa? Simak ya, ulasannya berikut ini.

1. Mengompres perut dengan air hangat atau sesuatu yang hangat.

Cara mengatasi sakit perut dan sembelit
Mengompres perut dengan air hangat atau sesuatu yang hangat untuk redakan nyeri perut | via: brightside.me

Rasa hangat yang diberikan pada perut terasa nyeri bisa memberikan efek menenangkan dan perlahan akan mengurangi rasa sakitnya.

Kamu bisa menggunakan bantal penghangat (heating pad) atau cara-cara sederhana seperti mengompres perut dengan handuk yang telah direndam atau di-steam dengan air hangat.  Kamu juga bisa mandi air hangat yang telah diberi garam untuk meredakan rasa tidak nyaman di perut akibat konstipasi.

2. Minum larutan baking soda.

Cara mengatasi sakit perut dan sembelit
Larutan bakin soda bisa menetralisir asam pada perut | via: brightside.me

Kandungan sodium bicarbonate dalam baking soda membantu menetralisasi asam pada perut dan bisa meredakan nyeri saat kamu mengalami heartburn.

Cara membuat larutan baking soda cukup mudah. Kamu hanya membutuhkan ¼ sdt baking soda dan satu gelas air. Larutkan baking soda dalam air, lalu minum campuran tersebut. Jangan mengonsumsi obat-obatan apa pun selama dua jam karena bisa menyerap kinerja baking soda dalam perutmu.

3. Berbaring dengan posisi kepala agak tinggi

Cara mengatasi sakit perut dan sembelit
Berbaring dengan posisi kepala agak tinggi untuk menghindari naiknya asam lambung dan mencegah heartburn | via: brightside.me

Berbaring dengan posisi ‘datar’ bukanlah solusi yang tepat untuk meredakan nyeri perut. Ketika tubuh dalam posisi lurus saat berbaring, tenggokan dan perut akan berada pada posisi yang sama, dan ini bisa membuat asam lambung naik dan menyebabkan heartburn.

Oleh karena itu, posisi yang tepat adalah berbaringlah dengan posisi kepala agak naik. Kamu mungkin bisa menggunakan 2 bantal.

4. Mengonsumi makanan yang dianjurkan saat sakit perut melanda, seperti pisang, nasi, apple sauce, jus apel, minum banyak air, dan kaldu ayam.

Cara mengatasi sakit perut dan sembelit
Pisang, jus apel, nasi, dan roti adalah makanan yang dianjurkan ketika kamu mengalami sakit perut | via: brightside.me

Ketika kamu mengalami muntah-muntah, diare, atau susah buang air besar, jangan konsumsi apa pun terlebih dahulu untuk beberapa saat. Jika perut terasa lebih nyaman, kamu bisa memasukkan makanan sedikit demi sedikit.

Makanan yang dipilih juga tak boleh sembarangan. Beberapa makanan yang dianjurkan dan baik untuk mengatasi sakit perut antara lain pisang, nasi, applesauce, dan roti panggan (konsumsi sedikit demi sedikit). Jangan lupa konsumsi banyak cairan; minum air putih yang banyak atau minum kaldu ayam.

5. Makanan kaya serat akan membantu mengatasi masalah sakit perutmu.

Cara mengatasi sakit perut dan sembelit
Makanan kaya serat akan membantu mengatasi masalah sakit perutmu | via: brightside.me

Kalau kamu sering mengalami susah buang air besar, cobalah untuk menambahkan serat dalam menu makananmu sehari-hari. Serat bisa diperoleh dari sayuran, buah-buahan, roti gandum, dan kacang-kacangan. Untuk yang mengalami diare, konsumsi serat yang mudah dicerna atau larut lebih disarankan.

6. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt. Kamu juga bisa minum suplemen probiotik.

Cara mengatasi sakit perut dan sembelit
Konsumsi makanan atau suplemen yang mengandung prebiotik agar terhindar dari masalah pencernaan | via: brightside.me

Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh dan bisa membantumu mengatasi masalah pencernaan. Probiotik akan membantu menurunkan bakteri jahat di saluran cerna sehingga kamu terhindar dari risiko infeksi dan inflamasi pada organ tubuh tertentu.

7. Minum teh herbal untuk memberikan efek tenang pada perut.

Cara mengatasi sakit perut dan sembelit
Minum teh peppermint atau chamomile bisa memberikan efek tenang pada perut | via: brightside.me

Teh yang mengandung peppermint bisa membantu meredakan nyeri pada perut karena kandungan menthol yang ada di dalamnya. Kamu juga bisa mengonsumsi teh chamomile yang diberi jahe untuk mengurangi rasa mual dan rasa tidak nyaman pada perut.

Masalah pencernaan dan sakit perut adalah masalah serius dan bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang ‘salah’ pada tubuhmu.

Jika Kawan Muda mengalami sakit perut atau konstipasi yang tak kunjung sembuh meskipun sudah menerapkan langkah-langkah di atas, jangan ragu untuk segera memeriksakan kesehatanmu ke dokter, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *