Cara Menambah Berat Badan yang Cepat dan Sehat

937 views

Bagi sebagian orang, menambah berat badan adalah hal yang menakutkan. Tapi di luar sana ternyata ada, lho, orang-orang yang mencari cara menambah berat badan agar berat badan mereka menjadi lebih ideal.

Yup, orang-orang tersebut mungkin memiliki tubuh kurus yang diidamkan banyak orang, tetapi mereka merasa tubuhnya kurang ideal karena berada di bawah indeks masa tubuh yang seharusnya alias terlalu kurus. Akhirnya mereka mencari-cari cara menambah berat badan yang efektif, dengan mengonsumsi  makanan untuk menambah berat badan misalnya.

Nah, Kawan Muda mungkin berada dalam golongan orang yang setengah mati berusaha menggemukkan badan. Biar aman dan tetap sehat, Kita Muda bakal kasih contekan cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat yang sehat. Penasaran gimana? Simak, ya!

1. Jangan banyak minum sebelum makan atau hindari minum saat makan

Jangan banyak minum sebelum makan atau hindari minum saat makan | via: TheHealthSite.com

Minum air sebelum makan atau disela-sela waktu makan bisa membuatmu lebih cepat kenyang dan ini berpengaruh pada jumlah kalori yang masuk pada tubuh.

Jika kamu ingin menggemukkan badan, jangan terlalu banyak minum air mendekati waktu makan. Minumlah 30 menit sesudah makan agar tubuh dapat menyerap lebih banyak kalori.

2. Makan lebih sering

Makan lebih sering untuk menaikkan berat badan | via: healthline.com

Biarkan mulut terus bekerja, baik konsumsi makanan berat atau camilan tambahan kapan pun, misalnya sebelum tidur. Eits, meski kamu dianjurkan makan lebih sering, perhatikan juga jenis makanan yang dikonsumsi.

Agar tubuh tetap sehat juga, hindari junk food atau makanan-makanan instan lainnya. Mungkin berat badanmu berhasil naik, tapi kalau risiko penyakitnya naik, sama saja bohong, dong? Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti beras merah, pasta, dan roti gandum.

3. Minum susu

Minum susu lebih sering bisa membantu menaikkan berat badan | via: dailymail.co.uk

Selain untuk pertumbuhan, susu ternyata bisa menjadi cara ampuh untuk menambah berat badan karena kandungan protein di dalamnya. Untuk menambah berat badan sebanyak 1 kg per minggu, kamu bisa minum 4—5 cangkir setiap harinya.

4. Biasakan diri untuk berolahraga

Untuk menaikkan berat badan, kamu perlu menambah massa otot dengan latihan kekuatan | via: self.com

Untuk menaikkan berat badan, kamu perlu menambah massa otot dengan latihan kekuatan. Salah satu cara yang populer untuk menstimulasi pertumbuhan otot adalah angkat beban. Beban tersebut bisa berupa alat seperti dumbbells maupun beban tubuh sendiri (melalui push up, pull up, maupun plank).

Hindari latihan kardio (lari, aerobik, berenang, bersepeda, atau jogging) karena jenis latihan ini malah menghilangkan massa otot sehingga bukannya menambah berat badan, kamu jadi makin kurus :”)

5. Tambahkan kalori dalam makanan

Menambah sekitar 300-500 kalori dalam makanan dan minuman kamu sehari-hari| via: liezljayne.com

Biasakan untuk menambah sekitar 300-500 kalori dalam makanan dan minuman kamu sehari-hari. Misalnya, jika kamu suka minum kopi hitam, kini tambahkan krimer,  susu UHT dan sirup vanila agar kopi lebih berkalori. Jika kudapan pagi kita biasanya hanya buah, coba tambahkan selembar roti keju ke dalam menu snack tersebut.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan glukosa (gula darah) atau lemak tidak sehat dalam tubuh.

6. Konsumsi jus atau smoothies

Konsumsi jus atau smoothies| via: greenblender.com

Cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat selanjutnya adalah dengan mengonsumsi jus buah segar atau smoothies. Ini bisa dijadikan pilihan buat kamu yang enggak begitu doyan ngemil. Beberapa jenis buah yang punya khasiat menurunkan berat badan, seperti semangka, nanas, alpukat, lemon, jeruk, anggur, jambu biji, dan buah berry.

7. Istirahat dengan cukup (tidur berkualitas)

Tidur berkualitas adalah penting saat Kawan Muda ingin menambah berat badan | via: overallhealth.in

Tidur  berkualitas adalah penting saat Kawan Muda ingin menambah berat badan. Kurangnya waktu dan kualitas tidur berpotensi membuat metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, tidur dan bangun tepat waktu dapat membantu menjaga berat badan.

Dengan menerapkan cara ampuh menambah berat badan di atas dengan disiplin, badan kamu yang sangat kurus bisa jadi lebih berisi. Hasilnya mungkin enggak akan kelihatan dalam waktu singkat, tapi jangan pernah menyerah untuk mencoba, Kawan Muda 😉