7 Cara Berhenti Merokok Permanen Tanpa Obat

Sudah bukan rahasia lagi kalau rokok memang lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Bahkan di era sekarang, beberapa negara atau daerah sudah ada yang mengharamkan konsumsi merokok.

Bahaya merokok sangat banyak nggak cuma menyakiti diri sendiri mulai dari menurunkan daya tahan tubuh, sakit jantung, hingga yang paling tega sih menyakiti orang lain sebagai perokok pasif.

Kali ini, Kita Muda bakal bahas beberapa cara berhenti merokok secara permanen dan tanpa obat. Buat kamu atau mungkin ada kerabatmu yang sedang mencoba stop merokok, boleh banget lho share artikel ini.

1. Hindari pemicu

cara berhenti merokok
via liputan6.com

Sesegera mungkin hindari pemicu yang membuat kamu pengin ngerokok lagi. Kurangi dulu bergaul dengan teman sesama perokok. Hindari kopi. Kunyahlah permen karet atau menggosok gigi agar teralihkan dari keinginan merokok.

2. Terapi Penggantian Nikotin (NRT)

Terapi ini yang banyak disarankan oleh dokter dan psikiater. NRT alias terapi penggantian nikotin menggunakan bahan kimia yang aman. Cara kerjanya adalah dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus dalam pembuluh darah.

Unsur yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan berbahaya lainnya. Steril dan aman. Medianya beragam bisa permen karet, plester yang ditempel ke kulit, atau bisa dengan disemprotkan pada hidung atau mulut.

3. Terapi Perilaku dan Konseling

Konseling merupakan salah satu cara yang dilakukan orang yang serius ingin berhenti merokok. Caranya juga bisa dengan terapi perilaku, bicara pada konselor baik secara personal maupun kelompok. Di sini kamu harus terbuka ya, biar cepat sembuh.

4. Olahraga

olahraga-ringan-untuk-kesehatan-jantung-4
via: hit-alpinea.si

Olahraga akan membuat tubuhmu lebih sehat. Lebih-lebih jantungmu. Olahraga yang baik buat jantung ada renang, bersepeda, atau berjalan kaki santai. Dengan rajin berolahraga, kondisi kesehatanmu akan membaik, Kawan Muda.

Saat kamu sudah lebih bisa menyayangi tubuhmu sendiri, maka jauh-jauh deh tuh yang namanya rokok. Kamu bakal males menyentuhnya lagi.

5. Libatkan Keluarga dan Orang Terdekat

Peran orang terdekat sangat penting. Mereka dapat mendukungmu. Ceritakan bahwa kamu sedang berjuang berhenti dari merokok dan lihat bagaimana respons keluarga dan orang terdekat–siap-siap kamu ditraktir makanan sehat tiap hari!

6. Jaga Pola Makan Sehat

tips diet sehat
via pexels.com

Berhenti merokok artinya memulai kehidupan yang lebih sehat. Begitu pula dengan pola makanmu. Jaga pola makan sehatmu. Makan tiga kali sehari dengan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kamu bisa konsultasi dengan dokter atau teman yang sudah lebih dulu berhasil perang melawan candu rokok. Jangan lupa minum madu setiap hari. Air mineral juga banyakin ya!

7. Perhatikan Keuntungan Jangka Panjang

Tindakan berhenti merokok nggak akan berlangsung lama kalau kamu nggak ada niat serius dalam lubuk hati yang terdalam. Eng… nggak selebay itu juga sih ya. Tapi gini nih intinya, perhatikan keuntungan jangka panjang kalau kamu berhenti merokok.

Adapun manfaat berhenti merokok adalah sebagai berikut:
– Tubuh lebih sehat. Tekanan darah turun, risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan kanker juga turun
– Finansial lebih terkendali karena nggak ada lagi pengeluaran sia-sia untuk membeli rokok
– Bau mulut jadi lebih segar, si dia jadi mau dideketin. Eh.
– Kulit lebih cerah dan bersih, begitu pula bibir
– Orang terdekat terhindar dari bahaya perokok pasif
– Dan pastinya, kamu (mungkin) akan jauh lebih bahagia sebab menjalani hidup dengan lebih sehat

 

Buat kamu Kawan Muda yang sedang berjuang untuk berhenti merokok, teruslah berusaha ya. Jangan menyerah. Kamu pasti bisa! Kesehatanmu lo~

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *