Selain flu, penyakit yang bikin enggak nyaman banget adalah radang tenggorokan. Yup, ketika terserang radang tenggorokan atau orang Indonesia biasa menyebutnya panas dalam, tenggorokan akan terasa sakit atau panas.

Memang sih penyakit ini bisa reda dalam waktu kurang dari seminggu meski kita enggak mengonsumsi obat radang tenggorokan. Namun, saat kena radang tenggorokan kamu jadi kesulitan saat menelan makanan, kan?

Belum lagi kalau radang tenggorokan tersebut disertai gejala umum lain, seperti demam, sakit kelah, dan nyeri sendi atau nyeri otot. Daripada nunggu sembuh dengan sendirinya, mending langsung diobati saja kalau sudah ada tanda-tanda akan kena radang tenggorokan.

Kamu bisa membeli obat radang tenggorokan di apotek. Kalau enggak pengin ambil risiko dengan coba-coba obat, kamu bisa memanfaatkan cara tradisional untuk mengobati sakit tenggorokan.

Berikut adalah obat radang tenggorokan paling ampuh dan terbuat dari bahan-bahan alami, yang bisa membantu kamu mengurangi gejala radang tenggorokan.

1. Radang tenggorokan biasanya disebabkan oleh bakteri dan virus. Nah, untuk menghilangkan infeksi bakteri dan virus, Kawan Muda bisa kumur-kumur dengan air hangat yang sudah diberi garam. Air garam ini akan membantu membunuh bakteri atau virus penyebab radang.

Cara atasi radang tenggorokan dengan kumur-kumur air garam | via: thealternativedaily.com

2. Cara selanjutnya untuk melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang tenggorokan adalah mengonsumsi teh lemon yang diberi beberapa sendok madu. Lemon bisa membantu memecah lendir dan air panas akan melemaskan otot tenggorokan. Sementara kandungan vitamin C dan madu akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kamu terhindar dari bakteri penyebab radang.

Cara atasi radang tenggorokan dengan teh lemon madu | via: npr.org

3. Kawan Muda juga bisa nih mengonsumsi susu hangat dengan sejumput kunyit saat radang tenggorokan menjadi-jadi. Minuman ini adalah obat radang tenggorokan paling ampuh karena kunyit memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi.

Cara atasi radang tenggorokan dengan susu kunyit | via: fashionlady.in

4. Sup ayam kampung dengan bawang putih yang banyak juga baik untuk meredakan radang tenggorokan. Zat besi dari ayam dan sifat antibakteri serta antiinflamasi bawang putih akan membantu meredakan infeksi dan membersihkan saluran pernapasan. Makanan ini bisa dijadikan obat radang tenggorokan anak yang aman dan ampuh.

Cara atasi radang tenggorokan dengan sup ayam kampung dan bawang putih | via: huffingtonpost.ca

5. Jahe memang terkenal memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah membantu meredakan radang tenggorokan. Kamu bisa membuat air jahe hangat untuk membantu membunuh bakteri dan menyapu lendir yang membuat tenggorokan terasa enggak nyaman. Oh ya, usahakan minum air jahe yang terbuat dari jahe segar ya agar khasiatnya maksimal.  

Cara atasi radang tenggorokan dengan wedang jahe | via: drpankajnaram.org

6. Tahukah kamu, makan buah pisang ternyata membantu meredakan dan mencegah gejala radang tenggorokan, lho! Kandungan vitamin B6, kalium, dan kalsium yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab radang serta batuk.

Cara atasi radang tenggorokan dengan buah pisang | via: momjunction.com

7. Selain buah pisang, kamu juga bisa mengonsumsi buah kiwi atau jus buah kiwi. Buah kiwi kaya akan protein yang bisa mengatasi batuk kering akibat infeksi tenggorokan.

Cara atasi radang tenggorokan dengan buah kiwi atau jus kiwi | via: lifealth.com

8. Kandungan vitamin A dan vitamin C dalam wortel terbukti ampuh meringankan rasa sakit di tenggorokan. Kawan Muda bisa nih bikin jus wortel untuk mengatasi radang tenggorokan.

Cara atasi radang tenggorokan dengan jus wortel | via: healthline.com

9. Obat radang tenggorokan paling ampuh berikutnya adalah bawang putih. Mengunyah bawang putih saat sakit tenggorokan akan membantu meredakan sakitnya. Memang sih rasanya enggak enak, tapi kalau pengin cepat sembuh ya bawang putih solusi utamanya, hehe.

Cara atasi radang tenggorokan dengan bawang putih | via: ecowatch.com

10. Yogurt ternyata tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi yogurt saat sakit radang tenggorokan bisa membantu melawan bakteri jahat penyebab radang.

Cara atasi radang tenggorokan dengan yogurt | via: mamamia.com.au

Nah, itulah beberapa obat radang tenggorokan dewasa dan obat radang tenggorokan anak tradisional yang bisa Kawan Muda coba di rumah.

Perlu diingat, obat tradisional di atas hanya efektif mengobati radang tenggorokan ringan hingga sedang. Jika dalam seminggu kamu enggak sembuh-sembuh, segera periksakan diri ke dokter.

Apalagi kalau kamu mengalami kesulitan bernapas, kesulitan menelan, atau ada darah dalam air liur. Semoga infomasi di atas bermanfaat dan jaga kesehatan, ya, Kawan Muda 😉