Buah bundar berwarna kuning ini memang sejak dahulu di kenal memiliki banyak khasiat. Bisa digunakan untuk bahan makanan dan minuman, sebagai bahan dasar kecantikan, atau untuk menjaga kesehatan tubuh. Sudah gitu, bisa di temukan kapan saja dan dimana saja, tanpa waktu atau musim tertentu. Makannya nggak heran kalau buah lemon begitu populer.

Tapi kamu tahu nggak sih, lemon memiliki banyak khasiat yang bahkan kamu nggak duga? Kalau selama ini kita mengenal lemon untuk masker wajah, sebagai pelengkap minuman, dsb, well kali ini nggak. Apa aja tuh, khasiat lemonnya? Yuk, kita lihat:

1. Menghilangkan kerutan secara natural

via: brightside.me

Kamu nggak bisa untuk mengubah proses penuaan, tapi kamu bisa untuk membuat kerutan di wajah jadi berkurang, sekaligus mengubah kualitas kulit kamu. Kok bisa? Iya, karena minyak lemon memiliki kandungan vitamin C, yang mampu untuk meningkatkan produksi kolagen dan mengembalikan kekencangan kulit. Selain itu, kandungan enzim di lemon dapat membantu untuk mengencangkan pori-pori sekaligus mengurangi pelebaran pori-pori.

Caranya? Cukup iris lemon menjadi potongan-potongan tipis, lalu oleskan dan pijat secara perlahan ke kerutan di wajah. Gunakan secara rutin selama satu bulan, dan lihat sendiri efeknya!

2. Jus lemon untuk detoks hati

via: brightside.me

Meminum jus lemon baik untuk memulai detoksifikasi racun dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan pectin dalam lemon bagus untuk mengencerkan minyak sekaligus menghilangkan sisa makanan pada usus. Kandungan choline dan minyak pada kulit lemon membantu untuk mendetoksifikasi hati secara efektif. Kalau kamu rajin, kamu bisa perlahan-lahan mengurangi lemak tubuh, lho!

3. Menghentikan mimisan

via: brightside.me

Baru tahu kan, kalau ternyata jus lemon bisa untuk menghentikan mimisan? Percaya atau nggak, kandungan asam dalam lemon dapat membantu untuk menghentikan aliran darah secara instan. Cukup tuangkan 1-2 tetes air lemon ke dalam lubang hidung kamu, dan darahnya akan langsung berhenti!

4. Menghilangkan sunburn

via: brightside.me

Bagi kalian yang suka berjemur di pantai pasti sering terkena sunburn atau kulit terbakar. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat meminimalisir kerusakan kulit sekaligus mencerahkan bekas hitam. Cukup campurkan 1 sendok makan jus lemon, air mawar, dan jus timun. Kemudian rendam dalam handuk kecil dan diamkan di tempat sunburn selama 30 menit. Tapi ingat ya, setelah menggunakan ramuan ini kalian jangan langsung berjemur kembali, nanti sunburn kalian tambah parah, lho!

5. Mengurangi stres sekaligus meningkatkan fungsi otak

via: brightside.me

Kandungan potasium yang ada dalam lemon merupakan salah satu elemen untuk meningkatkan fungsi otak. Potassium dapat mengaktifkan neuron yang membantu untuk mengeluarkan pikiran positif, yang membantu untuk meregulasi serotonin.Selain itu 1 buah lemon memiliki 187% kandungan vitamin C yang dapat di konsumsi dalam sehari. Cukup jadikan lemon sebagai bagian dari konsumsi harianmu, maka fungsi otak dapat berkembang baik, stres kamu juga menurun drastis.

Kegunaan lemon yang banyak ini dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan, sekaligus membantu untuk meningkatkan fungsi tubuh lainnya. Memang multifungsi banget ya, Kawan Muda?

sumber: Brightside