10 kejorokan di kamar mandi yang sering kamu lakukan tanpa sadar

Salah satu ruangan yang pasti kita kunjungi setiap hari selain kamar tidur adalah toilet. Karena rajin dikunjungi, pastilah kamar mandi merupakan tempat yang akrab dengan apa pun kebiasaan yang sering kita lakukan ketika sedang berada di sana, bercengkrama dengannya.

Frekuensi itulah yang kemudian mau tak mau, membuat kita memiliki kebiasaan-kebiasaan selama berada di kamar mandi, baik disadari atau pun tidak. Lewat artikel ini, Kita Muda merangkum beberapa kebiasaan jorok yang sering orang-orang lakukan ketika sedang berada di kamar mandi. Apakah di antara 10 hal ini ada yang pernah kamu lakukan? Atau malah sering? Yuk kita cek bareng-bareng.

#1. Menaruh alat make up atau alat apapun yang digunakan untuk wajah di atas permukaan rak kamar mandi yang nggak bersih.

via : hype.idntimes.com

Kamu yakin semua bagian kamar mandimu nggak terkontaminasi sama kuman. Kayaknya ada yang terlewatkan deh seperti sela-sela rak atau permukaan wastafel.

 

BACA JUGA: 10 hal yang terbukti salah, tapi kamu masih saja tetap melakukannya

 

Kebiasaan menaruh eyeliner, sisir atau bahkan spons bedak di tempat tersebut akan menjadi hal vatal kalau kamu nggak segera memindahkannya. Kamu sama aja memindah kuman dari wastafel ke alat make up lalu ke wajah.

#2. Memakai keset yang sama dalam waktu yang lama.

via : id.aliexpress.com

Sama seperti lantai kamar mandi yang lembab, keset kamar mandi juga bisa jadi sarang jamur ketika kondisinya lembab. Apalagi kalau kamu gunakan berminggu-minggu tanpa dicuci dan dijemur. Kebayangkan berapa tumbuk bakteri dan jamur yang menempel di sana. Ada baiknya kamu beli keset yang mudah dicuci minimal selama seminggu atau 2 minggu sekali biar nggak tumbuh jamur.

#3. Nggak pernah membersihkan kamar mandi lebih dari sebulan.

bersihkan rumah
Foto : waterandmoldpros.com

Duh, ini biasanya anak kosan nih. Karena sibuk ngerjain tugas dan kuliah sampai lupa membersihkan kamar mandi sampai berbulan-bulan. Menyiram dengan air aja nggak cukup loh gaes, kamu harus lebih telaten membersihkan dengan cairan anti bakteri mulai dari lantai hingga bak mandinya.

 

BACA JUGA: Berencana membeli sepatu baru dalam waktu dekat? Gunakan 5 trik ini agar nggak salah beli!

 

Ingatlah bahwa kamar mandi yang nggak bersih itu bisa jadi sumber segala kuman yang menyebabkan penyakit loh.

#4. Meninggalkan alat cukup di kamar mandi cukup lama.

via : id.aliexpress.com

Ini emang bikin kita sering lupa! Setelah cukuran atau menggunting rambut-rambut halus pada ketiak dan organ berbulu lainnya, kita kerap menaruh cukuran secara asal hingga lupa ditaruh di tempatnya. Padahal gaes alat cukur yang terlalu lama di kamar mandi bisa terkontaminasi sama bakteri dan mulai berkarat. Kalau udah kayak gitu jangan dipakai lagi ya soalnya rawan terkena infeksi saat pemakaian. Mendingan sebelum itu terjadi, kamu simpan di tempat yang kering atau segera disemprot alcohol.

#5. Menggantung handuk lembab di gantungan dan membiarkannya begitu saja

via ideaonline.co.id

Kebiasaan ini emang sering terulang. Menggantung handuk bekas pakai sejatinya lebih praktis daripada harus segera pergi untuk menjemurnya. Hmmm…tau nggak sih handuk yang bertumpuk dan saling menyentuh satu sama lain itu sama aja membiarkan kuman saling berpindah.

 

BACA JUGA: Tak disangka, barang-barang yang akrab banget dengan kita ini ternyata jadi benda paling kotor!

 

Ya, berpindahnya juga sampai ketubuh meskipun kamu udah mandi ! Ada baiknya cuci handuk setelah pemakaian ke dua sampai ke tiga atau gantung di tempat yang agak berjauhan.

#6. Mengeringkan tangan dengan handuk / lap yang sama secara bergantian.

via : id.aliexpress.com

Sama halnya handuk bekas pakai, handuk atau lap yang lembab mempermudah bakteri berkembang biak apalagi kalau dipakai bersamaan. Parahnya lagi, orang lain mungkin juga mengelap muka atau mulut mereka dengan lap yang sama. Lebih baik setiap orang memiliki handuknya sendiri atau menggunakan tisu sehingga kamu nggak harus tertular kuman dari orang lain.

#7. Menyimpan sabun di dalam kotak sabun.

via : mokomoko.id

Meskipun sabunmu udah anti bakteri tapi tetap aja sabun batangan akan terus memiliki kondisi yang basah, sehingga wajar jika kuman berkembang di sana. Apalagi jika ditaruh di wadah yang tertutup, wah ini berlawanan dengan tujuan menggunakan sabun untuk membersihkan tangan.

 

BACA JUGA: 7 manfaat tersembunyi dari minuman bersoda yang membuat kamu mikir-mikir lagi untuk meminumnya!

 

Lebih baik gunakan kotak sabun yang berlubang atau menggunakan sabun cair aja deh gaes.

#8. Menyimpan sikat gigi di dekat WC.

via : id.aliexpress.com

Sebuah penelitian menyebutkan jika kamu menaruh sikat gigi di dekat WC maka berisiko besar bua sikat gigimu terkena partikel kotoran dalam WC. Karena setiap kali kamu menyiram WC, WC akan melepaskan semprotan aerosol tetesan air. Well, pastikan kamu menyimpan sikat gigi dalam kotak obat atau berjauhan dengan WC.

#9. Menyimpan sikat gigi bersama dalam satu wadah.

via : suara.com

Jika kamu tinggal bersama banyak orang seperti di kosan atau punya saudara banyak di rumah, hindari mengumpulkan sikat gigi dalam satu wadah.

 

BACA JUGA: 7 benda sehari-hari yang belum disadari kegunaanya oleh orang awam

 

Sikat gigi kalian bisa saling bersentuhan dan itu sama saja dengan memindahkan kuman satu sama lain. Kalau ada salah satu yang sakit tentu penyakit bisa tersebar dengan mudah.

#10. Lupa membersihkan sikat gigi setelah kamu sakit atau lupa mengganti.

via : klinikjoydental.com

Logika sederhananya, ketika kamu sakit maka air liurmu juga penuh kuman dan mudah tertinggal di sikat gigi ketika selesai menyikat gigi. Jadi, saat kamu udah sembuh kamu berhak mengganti sikat gigi atau paling tidak membersihkannya terutama di sela-sela sikat gigi.

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll