Inilah bahaya yang akan timbul kalau kamu memiliki kuku panjang

Bagi sebagian orang, memiliki kuku yang panjang mungkin tampak menyenangkan. Apalagi kalau kuku itu kerap dijaga biar bersih, sampai diwarnain pula. Sungguh, akan menambah keindahan bagi setiap mata yang memandangnya.

Tapi tahukah Kawan Muda, bahwasanya memiliki kuku panjang itu menyimpan beragam bahaya, di antaranya sebagai berikut:

1. Makan menggunakan kuku yang panjang, memungkinkan bakteri untuk masuk dan tercampur ke dalam makanan.

via: BelanjaAlkes.com

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kuku tangan dengan panjang lebih dari 3 mm dari luar ujung jari akan membawa bakteri berbahaya. Jadi buat Kawan Muda yang seneng memelihara kuku panjang, sebaiknya kalau cuci tangan harus sesempurna mungkin. Biar kumannya enggak nyangkut.

Pakar kesehatan juga menyarankan bahwa untuk orang yang memiliki kuku panjang, dianjurkan untuk mencuci tangan setidaknya 15 detik sampai bersih untuk menghilangkan kuman-kuman yang tak tampak mata.

 

BACA JUGA: Nafsu makan menurun? Konsumsi 6 hal ini untuk membangkitkannya!

 

Punya kuku panjang tentu akan menyulitkanmu saat makan menggunakan tangan. Karena pasti sebersih-bersihnya kamu mencuci tangan, pasti ada aja kotoran yang nyelip di sudut-sudut, yang mungkin saja tak kamu duga. Lalu saat kamu makan, kotoran itu bergabung dengan nasi-nasi serta sayur yang kamu makan. Hiii…

“Tapi kan, aku bisa makan pakai sendok!” kata kamu, para Kawan Muda yang doyan ngeyel. Hehehe.

Ya, tetep aja bisa kan, kotoran yang tadinya nyelip rapat, eh pas kamu lagi ngambil nasi pakai sendok, tiba-tiba kotoran itu terjatuh dan bergabung bersama para makanan yang sedang kamu santap. So, hati-hati, Kawan Muda!

2. Dengan memiliki kuku panjang, kamu bisa terancam melukai diri sendiri.

via: AliExpress.com

Orang itu kan kadang enggak kerasa. Lagi kegigit nyamuk, atau uler mungkin, terus tiba-tiba ngerasa gatel, lalu ngegaruk. Nah, kalau kuku pendek, pasti menggaruk akan terasa biasa saja. Tapi kalau panjang, wah, hati-hati, bisa-bisa lecet atau bahkan berdarah, loh.

3. Memiliki kuku panjang memang menyenangkan. Tetapi di lain waktu, ia akan menyulitkanmu saat ingin memegang sesuatu.

via: Infokecantikan.co

Coba deh, kamu, Kawan Muda yang kuku-kukunya punya panjang sampai 1 meter itu, coba deh ngetik di keyboard laptop atau komputer. Atau nulis tangan aja deh. Pasti kerasa banget susahnya.

 

BACA JUGA: Sudah berulang kali diet tapi badan nggak kurus-kurus? Mungkin ini penyebabnya

 

Ya kalau pekerjaan kamu tak terganggu dengan adanya kuku panjang sih enggak masalah. Tapi kalau sampai mengganggu pekerjaanmu, apalagi sampai mengganggu produktivitasmu, tentu tak ada cara terbaik sih, menurut Kita Muda, selain segera memotong kukumu.

4. Jari-jarimu pasti akan terasa tegang tatkala mengetik di layar smartphone.

via: id.aliexpress.com

Pasti ada perasaan gimana gitu kalau ngetik di smartphone dalam keadaan kuku panjang. Pertama-tama, mungkin touch screen kurang peka dengan gesekan kuku yang engkau berikan. Atau taruhlah touch screen bisa peka, deh. Tapi ya meski touch screen bakal peka, jari-jarimu juga bakal terasa kaku pas ngetik gitu.

5. Merawat kuku kemudian akan menjadi sebuah kebutuhan, kalau kukumu panjang-panjang gitu. Kan, jadi menambah beban pikiran.

via: Suara.com

Ya, kalau kukumu udah bener-bener panjang, mau enggak mau ia akan masuk ke dalam prioritas kebutuhan. Sehingga kamu harus melakukan perawatan secara berkala. Perawatan pun tentu tak gratis. Karena pasti kamu harus ke salon. Atau kalau memang kamu bisa merawat kukumu secara mandiri, tetap saja kamu harus mengeluarkan biaya untuk perlengkapan perawatan itu. Harus mengalokasikan waktu juga. Tenaga juga. Pikiran juga. Tuh, kan, jadi banyak prioritasnya.

 

BACA JUGA: 9 tips agar mata yang sering kamu pakai untuk stalking mantan itu bisa jadi sehat lagi

 

Di artikel ini sih Kita Muda sama sekali enggak bermaksud untuk melarang kamu memelihara kuku. Sama sekali enggak. Tapi Kita Muda cuma mau ngasih pertimbangan: kira-kira apa-apa yang wajib, primer, dan prioritas dalam hidupmu bakal jadi terganggu atau enggak? Kalau enggak, ya silakan kalau mau memelihara kuku. Tapi kalau sampai mengganggu? Dipotong lebih baik, sih.

Written by Ahmad Mufid

Profile photo of Ahmad Mufid

Baru rilis buku novel komedi 'Pharmacophobia', lagi bikin podcast 'Teman Becandamu' dan masih berusaha meyakinkan orangtuamu agar beliau jangan menikahiku.