Guys, jangan sering nonton film horor ya! Ini bahayanya!

film-horror
Source : www.youtube.com

Di zaman sekarang ini, siapa sih yang gak pernah nonton film horor? Selain memicu adrenalin, menonton film bergenre horor juga seakan dijadikan sebagai tolok ukur keberanian, terlebih di kalangan kaum muda. Apalagi, film horor kini sedang naik daun, berkat produksi film The Conjuring 2 kemarin.

Tapi apakah Kawan Muda tahu, bahwa keseringan nonton film horor ternyata berdampak negatif loh. Apa saja? Berikut ini bahayanya.

1. Sulit tidur.

via: rumahraza.com
via: rumahraza.com

Biasanya, setelah nonton film horor, kita akan membayangkan adegan-adegan ataupun ekspresi seram dari film horror yang sebelumnya kita nonton. Nah, karena membayangkannya, kita jadi sulit memejamkan mata. Hayo ngaku! Kawan Muda ada yang gitu juga kan?

Akibatnya, kita jadi sulit tidur. Kalau pun kita dapat tertidur, tak menutup kemungkinan kita akan mimpi buruk. Insomnia di malam hari mungkin tidak berbahaya jika hanya terjadi sesekali, namun mimpi buruk kerap terjadi secara berulang-ulang dan menyebabkan kesulitan tidur yang cukup serius. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental Kawan Muda sekalian. Maka dari itu, poin ini merupakan poin pertama, mengingat dampak negatifnya berganda.

2. Memicu cemas dan takut yang berlebih.

via: www.kompasiana.com
via: www.kompasiana.com

Bahaya selanjutnya akibat keseringan nonton film horor, yaitu Kawan Muda akan merasa cemas dan takut yang berlebihan. Pemicu utamanya ya bisa saja karena gambaran mistis/menyeramkan yang kita dapatkan dari film horor yang kita tonton. Contoh kecilnya, misalnya ketika nonton film horor, tiba-tiba kita kebelet buang air kecil. Pasti kita ketakutan duluan untuk beranjak ke kamar kecil, kalau-kalau gambaran mistis yang kita tonton akan benar-benar berhadapan dengan kita di kamar mandi nantinya. Apalagi kalau kondisi kamar mandinya gelap. Udah kencing celana duluan.

Selain itu, bagi Kawan Muda yang pernah mengalami trauma terhadap suatu hal, akan lebih stres jika menonton film horor. Karena film horor dapat memicu serangan panik dan membuat kita flashback dengan insiden yang menyebabkan kita trauma.

3. Halusinasi yang berlebihan.

via: www.darkbeautymag.com
via: www.darkbeautymag.com

Setelah nonton film horor, biasanya kita akan berpikir yang enggak-enggak. Misalnya, setelah nonton film horor tiba-tiba mati lampu, maka kita akan berpikiran yang aneh-aneh, misalnya akan ada hantu yang bakal menyalakan dan mematikan lampu, atau benda-benda di sekitar kita seolah-olah berubah menjadi sosok yang menyeramkan, sesuai dengan sosok yang kita lihat dari film horor tadi. Atau ketika kita bercermin, kita tiba-tiba berhalusinasi. Misalnya, kita melihat ada sesosok yang tengah berdiri di belakang kita, tapi pas kita balik, eh gak ada apa-apa. Pas nengok lagi ke cermin, AAA! Hantunya tiba-tiba nongol. Tapi sebenarnya, semua itu hanya halusinasi. Yang perlu dicatat oleh Kawan Muda sekalian ialah, halusinasi seperti ini bisa saja semakin parah jika kita keseringan nonton film horor. Soalnya, poin ini sebenarnya pengalaman pribadi.

4. Penyakit kardiovaskular.

via: www.readersdigest.ca
via: www.readersdigest.ca

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Orang yang sering menonton film horor, pasti jantungnya sering berdetak begitu kencang. Nah, ini dapat menimbulkan penyakit jantung, juga dapat memicu naiknya tekanan darah. Selain itu, menonton film horor dapat menyebabkan penggumpalan darah sebagai reaksi dari rasa takut. Jika dibiarkan secara terus-menerus, gumpalan darah ini akan menumpuk dan meningkatkan resiko kesehatan, terkhusus yang berkaitan dengan penyalit kardiovaskular. Apalagi bagi Kawan Muda yang punya riwayat penyakit ini, mesti jaga jarak nih sama film bergenre horor.

5. Merusak keyakinan.

via: www.lifehacker.com.au
via: www.lifehacker.com.au

Keyakinan yang dimaksud di sini adalah keyakinan agama. Di dalam film horor, makhluk-makhluk halus digambarkan sebagai sesosok yang memiliki kekuatan dan kemampuan diluar akal manusia. Sosok seperti ini biasanya merupakan ruh manusia orang mati yang bergentayangan. Padahal hakikatnya, orang yang telah meninggal tidak dapat hidup kembali di dunia ini. Hal ini diakui oleh semua agama. Jadi Kawan Muda kudu hati-hati sama poin terakhir ini ya. Kalau memang mau menonton film horor, perlakukan saja tontonan itu cuma sebagai hiburan semata.

Nah, Kawan Muda sudah tahu kan bahayanya? Jadi, besok-besok, tetap memilih nonton film horor atau malah memilih tak akan menonton film horor lagi?