5 respons tubuh yang tanpa disadari ternyata penting banget!

bersin
Foto : www.omgnetizen.com

Tidak jarang, jika ada hal-hal aneh yang terjadi di lingkungan sekitar atau dari dalam tubuh yang berpotensi membahayakan tubuh, secepatnya tubuh akan merespons, memberikan semacam sinyal agar kita lebih berhati-hati lagi dan lebih memperhatikan kondisi tubuh Kita. Ajaib bukan? Maka sepatutnya kita banyak bersyukur kepada Tuhan yang menciptakan semua ini. Seperti tanggapan/respons tubuh berikut ini yang tidak kita sadari, ternyata memiliki arti penting yang sepatutnya kita syukuri.

Bersin

via: kabarikami.com
via: kabarikami.com

Bersin adalah respons tubuh terhadap benda asing yang masuk melalui hidung kita. Dengan cara ini tubuh berusaha keras untuk mencegah benda asing tersebut masuk lebih dalam lagi dan membahayakan. Rambut dan lendir di hidung seperti benteng pertahanan dari benda asing, jika benda asing tersebut lolos dari dua hal tersebut maka kinerja lain seperti bersin membantu mengeluarkan benda asing secara paksa. Sebagai peringatan juga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, karena kita tidak menyadari bahwa partikel-partikel debu yang dihirup melalui hidung berpotensi membahayakan kesehatan. Dengan begini kita terhindar dari berbagai macam penyakit pernapasan.

Menguap

via: meetdoctor.com
via: meetdoctor.com

Sering menguap? Sahabat Kita Muda termasuk tipe apa ya dalam menguap, apakah sambil menutup mulut (malu-malu gitu) atau nyantai aja sambil mempertontonkan mulut yang terbuka besar (hehehe)? kalau pilih yang pertama berarti Sahabat Kita Muda cerdas. Menguap adalah kegiatan yang kita tidak sadari diperintahkan oleh otak untuk mengambil oksigen melalui mulut karena kurangnya suplai oksigen ke otak. Bisa gawat kalau suplai oksigen kita terhambat, lama-lama bisa mati. Sebenarnya ini adalah bentuk peringatan agar memperhatikan kondisi pernapasan kita, hindarilah kinerja yang berlebihan, sempatkanlah waktu untuk istirahat dan menghirup udara segar agar suplai oksigen ke otak selalu lancar dan juga hindarilah makan makanan berlebih. Ingat bernapas melalui mulut berisiko terpaparnya mikroba dan benda-benda asing berbahaya berbeda dengan hidung yang punya mekanisme pertahanan seperti yang disebutkan di atas tadi.

Sendawa dan kentut

via: meetdoctor.com
via: meetdoctor.com

Jorok bukan saat orang lain atau diri kamu sendiri lagi sendawa? Apalagi bunyi yang keluar sangat besar ditambah lagi baunya (hehehe). Sendawa termasuk kegiatan mengeluarkan gas melalui mulut yang berasal dari dalam tubuh, khususnya pada bagian pencernaan kita, karena hasil lain dari proses pencernaan ialah gas. Nah, gas tersebut dikeluarkan agar terasa nyaman.

via: www.rtcx.net
via: www.rtcx.net

Fenomena ini sebenarnya harus diperhatikan dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang punya kadar gula yang tinggi, misalnya soda dan sayur mayur yang mengandung gas seperti kol/kubis. Jangan makan yang berlebih-lebihan karena pencernaan kita akan bekerja sangat keras, sehingga bisa saja mengganggu kesehatan. Pada dasarnya sendawa ini sama dengan yang terjadi saat kentut, yaitu sama-sama mengeluarkan gas hasil metabolisme. Adanya mekanisme ini, selain kita dapat merasakan keseimbangan di dalam tubuh, membuat kita nyaman dalam beraktivitas. Sekarang Sahabat Kita Muda pilih, mau mengeluarkan gas lewat bawah atau atas ?

Gerakan meregangkan

via: beritagar.id
via: beritagar.id

Sahabat Kita Muda, apa yang pertama kali dilakukan saat bangun tidur? Pasti banyak yang memilih tidur lagi (hehehe). Kebanyakan dari kita tentu tidak asing dengan meregangkan tubuh saat bangun tidur, yaitu menarik-narik lengan kita ke atas, kedua tangan dan kaki diregangkan, serta leher digerak-gerakan ke kiri dan kanan. Ini seperti spontan saja kita lakukan, tanpa berpikir panjang. Tubuh butuh namanya rileksasi atau proses meregangkan otot-otot saat kerja terlalu keras, tegang, bahkan saat tidak melakukan apa-apa seperti yang dilakukan saat tidur. Dengan cara itu, tubuh bisa kembali nyaman melakukan aktivitas-aktivitas selanjutnya. Tidak hanya bangun tidur, saat kita bekerja atau belajar berjam-jam, kita kadang secara spontan meregangkan tubuh kita. Betul tidak ?

Sebagai peringatan juga, sebaiknya kita perlu memperhatikan jam kerja kita, atau gunakanlah waktu instirahat dengan baik serta jangan memaksakan beban kerja tubuh agar tubuh ini bisa rileks kembali dan semangat menjalani aktivitas selanjutnya.

Mulut terbuka saat tidur

via: www.sleep-solutions.com
via: www.sleep-solutions.com

Ini sering terjadi pada orang yang posisi tidurnya tidak benar, seperti tidur terlentang. Tapi beda sama foto yang di atas, ya. Kalau yang di atas, malah justru tengkurep. Tapi lucu. Kayak kamu.

Kalau sahabat Kita Muda tidur dalam keadaan telentang, dapat dipastikan posisi tersebut membuat mulut terbuka. Hal ini disebabkan jalan napas yang terganggu akibat posisi tidur yang salah. Proses pernapasan yang dilakukan oleh hidung terhambat, dan kapasitas oksigen yang dihirup otomatis berkurang. Akibatnya, suplai oksigen ke otak kurang. Sehingga mulut orang yang posisi tidurnya salah pasti akan membuka, dan bekerja seperti layaknya hidung, menarik dan menghembuskan napas untuk membantu mencukupi oksigen yang kurang (perintah yang dilakukan oleh otak). Padahal rongga mulut sangat rentan terpapar benda-benda asing ataupun mikroba jahat yang membahayakan kesehatan. Selain itu, orang akan cenderung mendengkur yang mengganggu kenyamanan saat tidur. Sehingga perlu sekali untuk memperbaiki posisi tidur ini dengan yang disarankan, yaitu dengan cara miring ke kanan atau tulang rusuk kanan berada di bawah tulang rusuk kiri (posisi jantung tidak terhimpit).

Sahabat Kita Muda, jika kita sering melakukan kebiasaan-kebiasan buruk, segeralah ubah dengan kebiasaan yang baik. Selain itu respons-respons tubuh ini menjadikan pembelajaran penting bahwa tubuh ini perlu diperhatikan, sehingga bisa membuat kita memiliki tubuh dan jiwa yang sehat.

Written by Abdi Khalik

Sederhana