Deg degan bukan karena jatuh cinta aja, bisa jadi jantungmu lagi nggak bekerja normal. Cek tanda-tandanya …

serangan jantung
Source : www.healthline.com

Perkembangan jaman makin hari makin ganas gaess, nggak cuma teknologi yang tumbuh pesat tapi juga penyakit yang mulai menunjukkan eksistensinya. Buktinya aja penyakit mematikan udah nggak berlaku lagi untuk usia tua tapi yang muda-mudapun bisa kena getahnya kalau nggak jaga kesehatan sejak muda.

Nah, bagi Kawan Muda, ternyata jantung berdebar alias deg degan nggak hanya dialami sama kamu yang lagi jatuh cinta aja loh. Tapi bisa jadi kamu yang nggak lagi jatuh cintapun merasakannya, itu karena jantungmu nggak bekerja secara normal. Wah bisa gawat nih.

BACA JUGA : Daripada beli rokok, lebih baik beli barang-barang ini aja – Bagian I

So, kenali lebih dalam kesehatan jantungmu dengan memahami 4 tanda berikut ini :

1. Tanda pertama untuk jantung yang nggak bekerja secara normal adalah adanya rasa nyeri pada dada.

nyeri di dada
Foto : www.belanjaalkes.com

Jangan samakan dengan rasa sakit saat gebetanmu ditikung teman sendiri ya. Rasa sakit atau nyeri yang dimaksud di sini adalah rasa perih (cenut-cenut) di dadamu saat bernafas. Gejalanya beda tipis dengan heartburn (gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), yang terjadi ketika isi lambung kembali naik ke kerongkongan. Gejala nyeri ini ternyata bis menjalar ke lengan, bahu, rahang, punggung dan leher.

2. Dada seperti di tekan oleh sesuatu.

dada tertekan
Foto : www.anekashare.com

Adanya tekanan yang kuat seolah-olah dihimpit oleh sesuatu yang dirasakan pada dada, itu pertanda jantungmu nggak bekerja secara normal.  Terlebih jika kamu merasakannya setelah olahraga berat atau ketika stress, bisa jadi adanya gangguan pada aliran darah di jantung.

3. Susah atau sesak ketika bernapas.

sesak nafas
Foto : gejalasakitginjal.com

Susah bernapas karena tenggelam itu mah mainstream, tapi kalau suasana santai tiba-tiba merasa sesak dan susah bernapas, hal itu patutnya kamu curigai. Susah bernapas di kondisi normal bisa jadi gejala jantung bekerja tak normal.  Biasanya diiringi dengan rasa pusing dan mengeluarkan keringat bahkan detak jantung yang terlalu kuat atau tidak teratur.

4. Mudah lelah tanpa tahu penyebabnya apa

tidur siang
Foto : www.wellnessalbertamag.com

Wajar, ketika seseorang melakukan aktivitas tertentu seperti bekerja, angkat beban atau kegiatan yang butuh tenaga fisik berakibat kecapekan. Beda cerita kalau kamu nggak melakukan sesuatu, misalnya sedang berbaring atau menonton TV, tiba-tiba merasa capek luar biasa hingga terengah-engah dan mengganggu waktu tidur. Hal tersebut bisa jadi indikasi gangguan katup jantung. Sama halnya dengan rasa pusing, meriang, mual, atau berkeringat tiba-tiba, juga bisa jadi indiasi aliran darah yang nggak cukup.

Jika hal ini terjadi pada Kawan Muda, yang perlu dilakukan adalah segera menghubungi dokter. Supaya bisa mendapat diagnosis yang tepat dan segera ditangani.

Written by Indah Puspita Hardinoto

Profile photo of Indah Puspita Hardinoto

Talk active ll Endel boleh, asal cerdas dan berkelas ll