Buat kamu yang sering tidur siang, bersyukurlah. Berikut 6 manfaat tidur siang

tidur siang
Foto : www.wellnessalbertamag.com

Hanya dengan tidur siang 30 menit, kamu bisa terhindar dari kematian yang disebabkan penyakit jantung!

Tidur siang diam-diam menyimpan banyak manfaat. Meski sebentar, ia memberikan keuntungan yang banyak bagi tubuh dan otak. Cukup sisihkan waktu 30 menit sehari maka kamu telah membuat tubuhmu menjadi lebih sehat.

Buat kamu yang bekerja dan terpancang oleh jam kantor, manfaatkan semaksimal mungkin waktu istirahat untuk tidur siang sebentar. Selesaikan makan siang dan aktivitas lain dengan cepat lalu tidurlah sejenak. Berikut ini manfaat tidur siang yang harus kamu tahu.

1. Tidur siang bisa meningkatkan kewaspadaan.

Jika kamu merasa matamu terlalu berat dalam melakukan suatu pekerjaan, maka kamu sama saja tidak menyelesaikannya dengan maksimal. Lebih baik tidur siang sejenak kemudian lanjutkan lagi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur siang selama 40 menit akan meningkatkan kesadaran 100%. Penelitian lain menyatakan bahwa tidur siang selama 20 menit lebih baik daripada mengkonsumsi 200 miligram kafein.

Penelitian yang lain lagi menyebutkan bahwa seorang pilot yang diperbolehkan tidur siang selama 25 menit memiliki risiko kesalahan yang kecil ketika take off dan landing. Satu lagi penelitian menunjukkan jika kamu tidur siang, kamu akan menjadi lebih waspada dan lebih enerjik seperti memulai hari baru.

Baca Juga : Buat kamu yang menginjak usia 30an, pastikan mengutamakan kesehatanmu dengan memikirkan 6 hal ini

2. Tidur siang dapat menguatkan ingatan.

Tidur siang dapat meningkatkan ingatan yang kamu miliki. Saat tidur, ingatan terbaru akan ditransfer ke neokorteks dimana memori jangka panjang dipadatkan dan disimpan. Jadi kalau ingin materi kuliah segera tersimpan di otak, segeralah tidur siang setelah dosen menjelaskan supaya ingatan terbaru bisa segera dipindahkan ke neokorteks.

3. Memperbaiki ketajaman indra dan kreativitas.

Berdasarkan penuturan ahli, Sara C. Mednick, tidur siang bisa meningkatkan penerimaan pancaindra, sama efektifnya seperti tidur di malam hari. Ini artinya bahwa tahu dan tempe yang biasa kamu makan mempunyai rasa yang lebih lezat, matahari terbenam terlihat lebih bagus, dan suara lalu lalang kendaraan terdengar lebih baik di telinga.

Pernah bangun dari tidur tiba-tiba menemukan ide? sekelompok peneliti menemukan bahwa aktivitas otak kanan akan meningkat ketika tidur, otak yang sering dikaitkan dengan kreativitas.

4. Memperbaiki kesehatan.

Kurang tidur menyebabkan produksi hormon kortisol yang berlebihan bagi tubuh. Kortisol adalah hormon yang memicu munculnya stres. Tak berhenti di situ, kelebihan kortisol mendorong peningkatan intoleransi glukosa dan lemak di perut, melemahkan otot dan sistem pertahanan tubuh, menghalangi masuknya ingatan, dan menurunkan produksi hormon lain di dalam tubuh. Efek yang sangat merusak itu nantinya menyebabkan penyakit diabetes dan serangan jantung.

Ketika tidur, tubuh akan memproduksi banyak hormon yang dapat menangkal kortisol. Efeknya, tubuh menjadi lebih kuat, memperbaiki seksualitas, mengurangi stres dan gelisah, memperbaiki otot dan mengurangi berat badan. Tidur siang memberi kesempatan istirahat untuk otak dan tubuh.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mereka yang tdur siang selama 30 menit setidaknya 3 kali dalam seminggu memiliki peluang 37% terhindar dari kematian yang disebabkan penyakit jantung. Sedangkan mereka yang tidak tidur siang, peluangnya meningkat menjadi 64%!

Baca Juga : Kebaikan yang terdapat pada Yogurt yang harus kamu tahu

5. Membuat mood menjadi lebih baik.

Neurotransmitter serotonin mengatur mood, tidur, dan selera makan. Ia bertugas memproduksi kesenangan dan kesegaran. Ketika tubuh dalam keadaan bekerja, ia membutuhkan banyak serotonin sedangkan produksinya tidak sebanyak yang dibutuhkan. Hasilnya, tubuh menjadi kekurangan serotonin yang mengakibatkan munculnya rasa gelisah, lekas marah, depresi, berlebihan, dan mudah terganggu. Menurut pendapat Mednick, tidur siang memandikan otak dengan serotonin dan menciptakan pandangan yang lebih positif.

6. Tidur siang membuatmu jadi lebih hemat.

Tidur siang jelas ada hubungannya dengan berhemat. Dengan tidur siang, kamu tidak perlu membeli bermacam-macam minuman dan makanan yang membuatmu tetap terjaga. Daripada membeli secangkir kopi yang mahal dan tidak sehat, lebih baik tidur siang sebentar saja. Murah dan lebih bagus untuk tubuh.

Sekarang kamu tahu apa yang harus dilakukan saat kesibukan memadati. Sempatkan sejenak untuk tidur siang agar kamu bisa lebih segar sehingga meningkatkan produktifitas. Jangan dipaksakan kalau tubuh sudah memberikan tanda-tanda tidak kuat ketimbang menanggung akibat yang fatal.

Written by Lia Sylvia

Apa ya ???