7 Cara Berhenti Merokok Permanen Tanpa Obat

cara menambah tinggi badan

Sudah bukan rahasia lagi kalau rokok memang lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Bahkan di era sekarang, beberapa negara atau daerah sudah ada yang mengharamkan konsumsi merokok.

Bahaya merokok sangat banyak nggak cuma menyakiti diri sendiri mulai dari menurunkan daya tahan tubuh, sakit jantung, hingga yang paling tega sih menyakiti orang lain sebagai perokok pasif.

Kali ini, Kita Muda bakal bahas beberapa cara berhenti merokok secara permanen dan tanpa obat. Buat kamu atau mungkin ada kerabatmu yang sedang mencoba stop merokok, boleh banget lho share artikel ini.

1. Hindari pemicu

cara berhenti merokok
via liputan6.com

Sesegera mungkin hindari pemicu yang membuat kamu pengin ngerokok lagi. Kurangi dulu bergaul dengan teman sesama perokok. Hindari kopi. Kunyahlah permen karet atau menggosok gigi agar teralihkan dari keinginan merokok.

2. Terapi Penggantian Nikotin (NRT)

Terapi ini yang banyak disarankan oleh dokter dan psikiater. NRT alias terapi penggantian nikotin menggunakan bahan kimia yang aman. Cara kerjanya adalah dengan melepaskan nikotin dalam kadar rendah secara terus-menerus dalam pembuluh darah.

Unsur yang digunakan tidak mengandung tar, karbon monoksida, dan bahan berbahaya lainnya. Steril dan aman. Medianya beragam bisa permen karet, plester yang ditempel ke kulit, atau bisa dengan disemprotkan pada hidung atau mulut.

3. Terapi Perilaku dan Konseling

Konseling merupakan salah satu cara yang dilakukan orang yang serius ingin berhenti merokok. Caranya juga bisa dengan terapi perilaku, bicara pada konselor baik secara personal maupun kelompok. Di sini kamu harus terbuka ya, biar cepat sembuh.

4. Olahraga

olahraga-ringan-untuk-kesehatan-jantung-4
via: hit-alpinea.si

Olahraga akan membuat tubuhmu lebih sehat. Lebih-lebih jantungmu. Olahraga yang baik buat jantung ada renang, bersepeda, atau berjalan kaki santai. Dengan rajin berolahraga, kondisi kesehatanmu akan membaik, Kawan Muda.

Saat kamu sudah lebih bisa menyayangi tubuhmu sendiri, maka jauh-jauh deh tuh yang namanya rokok. Kamu bakal males menyentuhnya lagi.

5. Libatkan Keluarga dan Orang Terdekat

Peran orang terdekat sangat penting. Mereka dapat mendukungmu. Ceritakan bahwa kamu sedang berjuang berhenti dari merokok dan lihat bagaimana respons keluarga dan orang terdekat–siap-siap kamu ditraktir makanan sehat tiap hari!

6. Jaga Pola Makan Sehat

tips diet sehat
via pexels.com

Berhenti merokok artinya memulai kehidupan yang lebih sehat. Begitu pula dengan pola makanmu. Jaga pola makan sehatmu. Makan tiga kali sehari dengan asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kamu bisa konsultasi dengan dokter atau teman yang sudah lebih dulu berhasil perang melawan candu rokok. Jangan lupa minum madu setiap hari. Air mineral juga banyakin ya!

7. Perhatikan Keuntungan Jangka Panjang

Tindakan berhenti merokok nggak akan berlangsung lama kalau kamu nggak ada niat serius dalam lubuk hati yang terdalam. Eng… nggak selebay itu juga sih ya. Tapi gini nih intinya, perhatikan keuntungan jangka panjang kalau kamu berhenti merokok.

Adapun manfaat berhenti merokok adalah sebagai berikut:
– Tubuh lebih sehat. Tekanan darah turun, risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan kanker juga turun
– Finansial lebih terkendali karena nggak ada lagi pengeluaran sia-sia untuk membeli rokok
– Bau mulut jadi lebih segar, si dia jadi mau dideketin. Eh.
– Kulit lebih cerah dan bersih, begitu pula bibir
– Orang terdekat terhindar dari bahaya perokok pasif
– Dan pastinya, kamu (mungkin) akan jauh lebih bahagia sebab menjalani hidup dengan lebih sehat

 

Buat kamu Kawan Muda yang sedang berjuang untuk berhenti merokok, teruslah berusaha ya. Jangan menyerah. Kamu pasti bisa! Kesehatanmu lo~

Menjelang Musim Hujan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Cara Ini!

Musim penghujan tinggal menghitung hari. Itu artinya, kamu harus mulai mempersiapkan diri. Mulai dari cek lagi apakah jas hujan masih layak pakai hingga yang paling penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat.

Tahu sendiri kan, biasanya musim hujan tuh rentan sakit. Flu, pilek, batuk, bahkan penyakit kulit. Virus dan bakteri memang mudah tersebar saat musim hujan. Tubuh sehat dengan sistem imun yang kuat menjadi benteng dari pertahanan diri.

Hm, gimana sih caranya? Simak yuk tips menjaga daya tahan tubuh berikut ini.

1. Perbanyak makan sayur dan buah

salad-buah-segar
via freepik.com

Sayur dan buah benar-benar kaya akan manfaat. Hampir semua orang berpenyakit tetap dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur dan buah.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, perbanyak makan sayur buah ya!

2. Istirahat cukup

Mencukupi kebutuhan tidur sangat penting lho, Kawan Muda. Jangan disepelekan. Eh, apa kamu biasanya malah kebablasan ya?

Waktu tidur normal biasanya 7-8 jam untuk orang dewasa dan 9-10 jam untuk remaja. Tidur sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

3. Rutin olahraga

cara menaikkan berat badan
via: swimming.org

Olahraga tentu saja selalu ada di setiap tips kesehatan. Nggak terkecuali di tips menjaga daya tahan tubuh. Dengan rutin berolahraga minimal seminggu sekali, badanmu akan semakin kuat dan bugar.

Otot-otot tidak lagi kaku, keringat keluar dari tubuh, badan menjadi lebih segar dan bergairah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Kalau nanti pas musim hujan? Olahraga indoor seperti berenang bisa kamu jadikan pilihan.

4. Tidak merokok dan menghindari alkohol

Meskipun belum diharamkan, tapi secara medis rokok dan alkohol itu emang merusak tubuh lho. Kandungan rokok dan minuman beralkohol sama sekali nggak ada manfaatnya untuk tubuh.

Buat kamu perokok pasif juga harus hati-hati banget, sebisa mungkin hindari asap rokok karena paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Lebih-lebih perokok aktif dan peminum minuman beralkohol, banyak banget penyakit yang menunggu seperti infeksi paru, bronkitis, pneumonia, dan lain-lain.

5. Hindari stres

via: rd.com

Stres memang tidak terhindarkan. Kamu hidup sebagai manusia, nggak mungkin nggak punya masalah. Tau nggak baru-baru ini CEO salah satu e-commerce besar Indonesia beropini bahwa Indonesia negara paling bermasalah.

Terlepas dari setuju nggak setuju atas pernyataan tersebut, peneliti menelusuri memang masih banyak orang yang kurang bahagia a.k.a sejahtera di negeri kita ini. Hm, semoga bukan termasuk kamu ya.

Kerjaan dan tugas yang menumpuk seringkali menjadi penyebab stres. Belum lagi si mantan yang udah jalan sama orang lain, gebetan yang susah banget dideketin, duh adaaa aja deh pokoknya masalah manusia.

Alangkah baiknya kalau kamu bisa mengelola emosi dan menghindari stres. Hal ini penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan akan menjaga kestabilan daya tahan tubuh.

Jika perlu, kamu boleh kok mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Namun lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter ya, bagaimana level kesehatan kamu sampai-sampai harus mengonsumsi suplemen.

Adapun suplemen untuk menjaga atau meningkatkan daya tahan tubuh yang baik adalah yang mengadung echinacea, morinda citrifolia, phylantus, dan vitamin B6, C, dan E. Tips menjaga daya tahan tubuh pada intinya adalah menerapkan pola hidup sehat.

Semoga sehat selalu, Kawan Muda!

5 Cara Alami Menghilangkan Ketombe di Rambut

berketombe

Ketombe. Kemunculan salju putih menyebalkan ini dapat disebabkan karena banyak hal. Nggak cocok sama shampoo, stress, dan lain-lain. Apapun penyebabnya, ketombe ini seringnya bikin gatal.

Masalahnya, gatalnya nggak seberapa. Malunya itu lho. Apalagi kalau sampai berjatuhan di baju. Duh, tengsin!

Kawan Muda, apakah kamu satu di antara jutaan umat manusia di bumi yang mengalami ketombe-an di rambut? Kalau iya, kita cari solusinya bareng-bareng yuk. Intip tips cara menghilangkan ketombe secara alami berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Telur

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur
via: luxurybeautymakeup.com

Kita tahu kalau telur banyak manfaatnya. Salah satunya adalah dapat mencegah munculnya ketombe. Soalnya, telur mengandung vitamin B dan tinggi protein yang bisa memperkuat rambut.

Kamu juga bisa diet seimbang dengan makan telur serta makan makanan yang mengandung omega 3, seng, asam lemak, vitamin E dan B. Batasi pula makanan yang banyak mengandung ragi dan gula, karena itu dapat memicu munculnya ketombe.

2. Madu dan Garam

Beri ‘makanan’ ke rambutmu dengan bahan makanan alami bergizi tinggi seperti madu dan garam. Dua bahan dapur ini bisa kamu pakai sebagai masker rambut.

Campurkan madu, garam, air, dan oleskan ke rambut secara merata. Pijat-pijat kepalamu dan diamkan selama kurang lebih tiga jam. Lakukan secara rutin minimal 2 minggu sekali dan ketombe akan perlahan hilang.

3. Lidah Buaya

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya
lidah buaya | via: hindustantimes.com

Sudah bukan rahasia umum kalau lidah buaya sangat baik untuk kesehatan rambut. Lidah buaya punya kandungan protein dan vitamin A. Selain membuat rambut makin tebal, lidah buaya juga bisa mencegah datangnya ketombe.

Lebih baik gunakan lidah buaya alami, bukan yang kemasan, untuk mengoleskannya pada permukaan kepala. Oleskan secara merata dan tunggu selama 30 menit.

Alternatifnya, kamu juga bisa memilih conditioner berbahan lidah buaya. Penggunaan conditioner yang bagus dapat menghilangkan ketombe yang membandel. Ingat, conditioner jangan dioleskan ke kulit kepala ya, cukup permukaan rambut saja.

Bim salabim, ketombe hilang setelah kamu sabar dalam merawat rambutmu!

4. Daun Sirsak

Tumbuk beberapa helai daun sirsak hingga halus dan gunakan ini sebagai masker. Campurkan sedikit air. Lalu oleskan secara merata ke kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 30 menit.

Selain melakukan perawatan ekstra ini, kamu juga harus rutin keramas. Minimal 2 hari 1x. Keramas teratur dapat membuat kulit kepala bersih dari jamur dan minyak.

5. Jeruk Nipis

cara menghilangkan ketombe
Jika digunakan secara teratur, jeruk nipis sangat efektif mengilangkan ketombe | via: stylecraze.com

Paling gampang nih, pakai jeruk nipis campur air dan resapkan ke rambut. Lalu bilas hingga bersih dan ulangi sampai ketombe berkurang.

Kamu juga bisa menggunakan sampo dengan kandungan tree tea oil. Tree tea oil memiliki kandungan minyak esensial sebagai antiseptik alami, obat anti jamur untuk rambut.

Tentunya, bahan alami apa yang berhasil di rambut setiap orang beda-beda ya, Kawan Muda. Sebab karakter kulit kepala pasti berbeda, ada yang berminyak, normal, atau rambut terlalu kering.

Biasanya, ketombe cenderung muncul pada kulit kepala berminyak. Minyak tersebut menjadi sel-sel kulit mati hingga membuat serpihan warna putih bernama ketombe.

After all, semoga cara alami menghilangkan ketombe ini bisa berhasil di kamu ya!

5 Cara Aman Mengecilkan Perut Pasca Melahirkan

cara mengecilkan perut pasca melahirkan

Melahirkan anak ke dunia adalah impian bagi setiap wanita yang sudah menikah. Bagaimana tidak, anak merupakan anugerah terindah dari Sang Pencipta yang dititipkan kepada orang tua yang dipilihNya.

Salah satu fase paling dinanti ini selain menyimpan banyak kesan haru, suka, duka, juga banyak melibatkan perasaan wanita untuk ingin memiliki bentuk tubuh seperti saat belum mengandung. Hm, apakah kamu termasuk salah satunya?

dr. Kevin Adrian mengungkapkan setidaknya ada lima cara yang bisa ditempuh oleh ibu pasca melahirkan untuk mengecilkan perut. Apa aja sih? Simak penjelasan berikut ya!

1. Menyusui

Menyusui-bayi
via parenting.omami.com

Menyusui menjadi kegiatan amazing berikutnya setelah dapat mengandung dan melahirkan seorang anak. Selain dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan anak, menyusui ternyata juga bisa membantu mengecilkan perutmu secara aman lho.

Dengan menyusui, secara nggak sadar kamu telah membakar 500 kalori per hari. Menyusui juga memicu kontraksi yang membantu mengecilkan rahim, sama seperti seluruh tubuh sedang berolahraga.

2. Menggendong anak

Cara aman bin mudah untuk mengecilkan perut bagi ibu baru adalah dengan menggendong sang buah hati. Ahli kebugaran prenatal menyebutkan, menggendong anak ibarat membawa beban seberat 3.6-5.4 kg.

Kamu juga bisa latihan squat agar otot bagian bawah terbentuk dan metabolisme tubuh jadi terangkat. Morning walk dengan menggendong si kecil juga merupakan ide yang bagus lho. Selain kamu sehat, anak juga sehat karena mendapat manfaat panas sinar matahari pagi.

Ingat, jangan terlalu lama berjemur di bawah terik matahari dan jangan lupa kenakan pakaian dan pelindung mata bayi yang aman.

3. Menjaga asupan makanan

via: GreenSmoothieGirl.com

As we all know, makanan bergizi tinggi adalah makanan sehat yang dapat menjadi sumber keberhasilan misi sehat kita. Tidak terkecuali, mengecilkan perut.

Makanlah makanan yang bisa membantu mengecilkan perut seperti protein, karbohidrat kompleks, buah-buahan, sayuran, lemak tak jenuh, biji-bijian, dan makanan tinggi serat lainnya. Hal ini bertujuan untuk membuat kamu cepat dan awet kenyang.

Porsi harus kamu sesuaikan ya, berhentilah makan sebelum kenyang dan hindari junk food. 

4. Olahraga Ringan

Menggerakkan bahu atau mengangguk-anggukkan kepala bisa mengurangi risiko serangan jantung dan meningkatkan kinerja jantung
via: cbphysicaltherapy.com

Memiliki misi ingin ukuran lingkar perut kembali seperti sedia kala tapi malas berolahraga sama dengan janji mantan kamu. Bohong. Ehehe.

Olahraga ringan bagi ibu pasca melahirkan sangat baik untuk menjaga kesehatan hingga untuk mengecilkan perut. Pilih olahraga yang aman untuk ibu pasca bersalin seperti berjalan kaki, yoga pasca melahirkan, peregangan, atau berenang. Olahraga ini juga dapat mengencangkan kembali dinding perut dan membakar kalori.

5. Konsumsi Probiotik dan Perbanyak Air Putih

Perbanyak minum air putih
via: indianexpress.com

Mengonsumsi air putih memang selalu baik untuk menjaga kesehatan. Penting juga untuk mengecilkan perut. Air putih kaya akan manfaat yang diperlukan tubuh. Mencukupi kebutuhan air dapat mencegah dari dehidrasi, menimbulkan rasa kenyang, dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

Ibu juga bisa mengontrol metabolisme tubuh termasuk lemak perut setelah persalinan dengan mengonsumsi probiotik. Studi ini terbukti, probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang meningkatkan kesehatan pencernaan dan usus.

 

Tips mengecilkan perut bagi ibu yang baru melahirkan telah Kita Muda sampaikan. Saran sih, lebih baik seorang ibu tidak terlalu menggebu-gebu dan ambisius untuk segera mengecilkan perut.

Terpenting adalah menjaga kesehatan si buah hati dan kesehatan ibu sendiri. Jangan sampai diet yang enggak-enggak, sebab kondisi fisik ibu dan daya tahan pasca melahirkan akan sangat berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

 

6 Tips Diet Sehat yang Berhasil Bikin Badan Ideal

tips diet sehat

Ada berbagai macam cara diet efektif yang bisa kamu terapkan untuk memiliki tubuh ideal. Mulai dari diet keto, OCD, puasa Nabi Daud, dan lain-lain. Selain menentukan ragam diet yang paling cocok dengan tujuan dan kesanggupanmu, kamu juga harus memperhatikan tips dasar dalam diet.

Tips diet sehat berikut ini merupakan dasar-dasar alias pedoman penting yang harus kamu pegang dan terapkan agar diet kamu berhasil. Nggak sekedar memiliki tubuh ramping, langsing, kurus tapi kamu juga mendapat manfaat kesehatan lainnya.

Langsung aja yuk, simak tips diet sehat berikut ini!

1. Menu makanan sehat

menu makanan sehat
menu makanan sehat | via pexels.com

First of all, konsumsi menu makanan sehat setiap hari. Bahkan ketika tidak sedang diet pun, ada baiknya kamu mengurangi konsumsi yang tidak sehat seperti jajan gorengan, fast food, junk food. 

Ganti camilan dengan buah-buahan segar. Catat menu diet setiap hari. Dengan menu makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan gizi yang tinggi, keperluan tubuh kamu akan terpenuhi.

2. Hindari kelaparan

Sedang diet, bukan berarti kamu harus membiarkan tubuhmu kelaparan ya. Aduhh, jangan deh! Jangan hobi menyakiti diri sendiri gitu lah.

Diet itu gaya hidup, pola makan, dan seharusnya nggak menyakitkan. Kalau kamu sampai kelaparan, berarti ada yang salah dengan cara dietmu. Ada yang kurang cocok untuk diaplikasikan ke tubuhmu. Sebaiknya konsultasikan ke dokter juga tentang cara diet mana yang paling cocok denganmu.

Kalau kamu sampai lapar, dikhawatirkan kamu bakal ada perasaan untuk ‘balas dendam’ alias makan terus sampai kekenyangan. So, yang wajar-wajar aja ya, Kawan Muda!

3. Perhatikan asupan nutrisi

aplikasi penghitung kalori
aplikasi penghitung kalori | via pexels.com

Walaupun kamu bukan lulusan jurusan gizi, kamu juga sebaiknya aware dengan ini. Zaman sekarang banyak kok aplikasi penghitung kalori dan nutrisi lainnya yang bisa kamu install langsung di smartphone kamu.

Kurangi konsumsi garam dan hindari makanan yang terlalu manis. Mungkin sekarang nggak kerasa, tapi 20-30 tahun lagi saat kamu menua kamu akan merasakan dampaknya. Betapa jahatnya garam dan gula jika kamu mengonsumsinya terlalu banyak.

4. Perbanyak minum air putih

Ini basic ya, Kawan Muda. Nggak ada diet yang melarang minum air putih atau air mineral. Rata-rata kebutuhan air putih orang dewasa itu 8 gelas atau 2 L per hari. Namun kebutuhan ini juga berbeda, tergantung orangnya. Bisa lebih bisa kurang.

Asupan air 2 L per hari ini nggak cuma dari air putih sih. Bisa dari buah yang berair seperti semangka, melon, blewah atau bisa juga dari sayuran seperti sayur asem, sop, dan lain-lain.

5. Tidur cukup

Kebiasaan tidur larut malam nggak baik bagi kamu yang sedang menjalani diet. Hal ini perlu disadari mengingat tidur itu kebutuhan primer yang juga penting. Sebaiknya penuhi kebutuhan tidurmu setiap harinya.

Normalnya, 8 jam per hari. Tapi kebutuhan tiap orang beda-beda. Dengan tidur yang cukup, istirahat yang cukup, tubuhmu nggak akan terlalu capek untuk beraktivitas. Pegal-pegal, linu, otot kaku, hilang semuanya.

6. Rajin olahraga

via: berkeleywellness.com

Diet tanpa olahraga ibarat hidup aku tanpa kamu. Cie. Nggak jangkep!
Ya mana bisa gitu kamu diet mempraktikkan ini itu, nggak makan ini itu, tapi kamu olahraganya ogah-ogahan. Sama aja kamu cuma membatasi makanan tanpa merawat anggota badan yang lainnya untuk tetap bugar.

Olahraga sebaiknya seminggu 3x. Kalau nggak sanggup, boleh deh seminggu sekali. Bergerak dan berkeringat akan membuat tubuhmu bugar, sehat, awet muda, dan makin kuat tulang dan sendinya. Jadi nggak sekedar ideal atau kurus.

Kalau keenam pedoman atau tips dasar ini sudah kamu lakukan dengan baik, yakin deh mau diet model gimana pun tubuh kamu tetap sehat.

Ingat ya, diet itu ada batasnya. Kalau tujuanmu di berat badan tertentu sudah terpenuhi, ya sudah stop. Jangan diet terus-terusan, nanti kamu sakit.

Lebih baik terapkan pola makan sehat dan sederhana setiap harinya. Semangat!

 

 

7 Tips Efektif Untuk Mengecilkan Perut

tips mengecilkan perut

Mengecilkan perut bukan hanya urusan orang-orang yang pengin tubuhnya langsing, tapi juga dengan anjuran dokter untuk orang yang memiliki penyakit tertentu. Dengan ukuran perut yang ideal kamu juga bisa makin sehat.

Sehat itu mahal banget. Bayangin kalau kamu menderita sakit perut yang nggak biasa. Yang bukan sekedar mules, tapi juga ada penyakit dalamnya. Aduh, naudzubillah. Semoga kamu dan kita semua sehat selalu ya.

Yuk langsung aja, Kita Muda kasih tau tips mengecilkan perut yang sehat!

1. Menu makanan bergizi

Perut langsing idaman hampir semua orang. Untuk mendapatkannya, kamu harus tetap menjaga tubuhmu dengan makan makanan bergizi.

Penuhi gizimu, jangan makan yang instan-instan terus. Apalagi junk food, fast food, dan kopi setiap hari. Waduh! Hindari atau imbangi dengan makanan bergizi seperti sayur dan lauk-pauk berprotein tinggi ya.

2. Olahraga kardio

Agar perutmu bisa langsing, lakukanlah olahraga secara rutin minimal 30 menit selama 3 kali dalam sepekan.

Olahraga kardio seperti jalan kaki, jogging, dan bersepeda dapat melatih otot-otot perut agar semakin kencang. Cobalah untuk jalan kaki cepat dan bersepeda secepat yang kamu bisa.

3. Angkat besi

Buat yang suka nge-gym, angkat besi juga bisa jadi solusi kalau kamu ingin mengecilkan perut. Angkat besi bisa mengencangkan otot. Otot yang kencang akan melatihmu untuk tidak terlalu berambisi ketika makan.

Otot yang kencang juga akan meningkatkan metabolisme dan membuatmu kurus bahkan ketika kamu tidak sedang melakukan angkat besi. Rutinkan kegiatan ini pada hari di mana kamu tidak melakukan olahraga kardio ya.

4. Tidur cukup

Sepele, tapi ini penting banget. Banyak pekerja di kota metropolitan memiliki waktu tidur yang kurang. Kalau nggak bisa tidur 8 jam di malam hari. Usahakan minimal 4 jam. Lalu tidurlah 4 jam sisanya di waktu-waktu luangmu.

Jaga kualitas tidur dengan berdoa sebelum tidur, minum air putih sebelum tidur, membersihkan kasur atau tempat tidur terlebih dahulu, serta memakai baju tidur agar makin rileks.

5. Hindari stres

Di mana-mana, yang namanya stres itu menyakitkan. Udahlah, udahin aja stresnya. Kuatkan spiritual, ajak dirimu bahagia di kegiatan yang positif. Hindari stres. Masalah kerjaan selesaikan di kantor, jangan dibawa pulang.

Masalah dengan mantan… buang aja. Nggak usah dipikir 😉

Stres dapat mempengaruhi kinerja tubuhmu secara nggak langsung. Meskipun pusatnya di pikiran, tapi efek negatifnya tuh berdampak ke yang lain-lain. Tubuh jadi nggak semangat lah, suudzon lah, dan lain-lain. So, sebisa mungkin hindari stres ya!

6. Tidak mengonsumsi rokok dan alkohol

Ini juga dilarang ya. Kalau mau perutmu mengecil secara ideal. Hindarilah rokok dan alkohol. Selain bikin usaha sehatmu gagal, rokok dan alkohol emang jahat banget lho. Beneran deh ini nggak baik untuk tubuh!

7. Rajin

Tips bonus, tetap Kita Muda cantumkan di sini karena biasanya nih kamu lupa bikin target buat sehat. Kalau sudah kuat tekadmu untuk mengecilkan perut, maka usahanya harus maksimal ya.

Rajin olahraga. Kalau nggak bisa seminggu tiga kali, paling enggak hari Minggu jangan dipakai buat tidur melulu.

Rajin juga buat makan makanan sehat. Kalau nggak bisa makan sayur tiap hari, paling enggak jangan jajan sembarangan. Apalagi jajanan yang banyak mengandung minyak dan saus tomat berlebihan.

Semangat teruslah pokoknya. Jangan kasih kendor!

 

7 tips mengecilkan perut tersebut sudah terbukti efektif lho, Kawan Muda. Segera eksekusi yuk biar badan makin ramping dan sehat.

Agar mudah dalam mengingatnya kamu bisa menyimpan infografik berikut:

7 Tips Efektif Untuk Mengecilkan Perut
via fitnessreporting.com

Mamah Muda Merapat! Ini 10 Cara Aman Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Cara-menurunkan-berat-badan-pasca-melahirkan

Pasca kelahiran, beberapa ibu-ibu muda biasanya sangat hectic dan antusias untuk merawat bayi yang baru lahir. Apalagi kalau anak pertama dan sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Tidak jarang, beberapa ibu muda juga menginginkan badannya kembali seperti sebelum hamil. Apalagi kalau wanita karir yang dituntut menjaga berat badan.

Nggak ada salahnya membiarkan badanmu ‘melar’, toh kamu juga sedang menyusui dan yang penting bayimu sehat. Tapi kalau kamu kurang percaya diri, lebih-lebih kalau ada tuntutan pekerjaan, kamu bisa coba cara menurunkan berat badan yang aman seperti berikut.

1. Tidak perlu diet

Ada banyak cara diet yang dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Mulai dari diet ekstrim, diet keto, hingga diet ala militer. Khusus untuk kamu mamah muda yang baru melahirkan, jangan ambil diet tertentu. Cukup dengan kurangi makanan yang 0 kalori yakni makanan yang penuh lemak dan gula. Hindari kue tinggi gula, cookies, soda, alkohol, dan junk food.

2. Konsumsi “superfood” lebih banyak

Busui alias ibu-ibu yang sedang menyusui butuh banyak nutrisi. Selain agar kualitas ASI bagus, juga agar kamu badan kamu tetap fit. Konsumsi makanan superfood yang tinggi protein seperti ayam, daging, kacang-kacangan; mengandung kalsium seperti susu, yogurt, dan keju; serta yang mengandung DHA dan asam lemak omega 4 seperti ikan salmon.

3. Ganti camilan dengan buah

Makan buah adalah cara aman dan sehat untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Kamu dapat memilih buah pisang dan buah dari keluarga berry lainnya. Kalau emang pengin banget ngemil kue, kamu bisa ngemil sereal tanpa gula.

4. Menyusui

Menyusui-bayi
menyusui bayi | via parenting.omami.com

Berat badan turun secara alami bagi Busui tidak lain tidak bukan adalah dengan menyusui. Menyusui banyak manfaatnya, selain mempererat ikatan ibu dan anak, baik untuk kesehatan ibu dan anak, juga ternyata bisa mengecilkan lingkar pinggang sang Ibu. Sebab, menyusui dapat membakar ratusan kalori per hari. Emejing!

5. Minum air putih

Inilah tips segala urusan, minum air putih membuatmu kenyang dan nggak pengin ngemil. Tapi ingat, tetap harus sesuai takaran dan kemampuan tubuh ya. Jangan terlalu banyak jangan pula terlalu sedikit. Setidaknya minum segelas air tiap kali akan menyusui.

6. Olahraga! Jangan mager!

Yup, gimana mau turun berat badan kalau kamu nggak pernah olahraga? Menyusui anak bukan alasan untuk bermalas-malasan. Banyak tips olahraga untuk ibu menyusui. Salah satunya adalah dengan morning walk secara rutin minimal 30 menit, 5 kali seminggu.

7. Tidur cukup

Susah punya waktu tidur, apalagi punya waktu me time merupakan common problems ibu-ibu yang baru punya anak. Tapi kamu tetap harus punya waktu tidur yang cukup, minimal 7 jam per hari. Sedikit lebih pendek boleh asal kualitas tidurmu bagus, nyenyak. Jadwalkan waktu tidur si bayi dan waktu tidurmu agar kamu bisa beristirahat.

8. Makan porsi kecil

Tips turun berat badan secara mudah adalah dengan mengurangi porsi makan. Porsi makan boleh kecil, tapi intensitas makan boleh sedikit lebih sering. Penting untuk tidak melewatkan sarapan. Walaupun dengan porsi kecil, pastikan kamu merasa cukup dan kenyang.

9. Konsultasi dokter

Jika segala macam cara sudah kamu lakukan tapi berat badanmu belum juga kembali seperti sedia kala, kamu boleh menempuh jalan dokter. Datanglah ke dokter yang sudah kamu percaya, dokter akan menyarankan diet sehat yang aman untuk kamu dan bayimu. Tentunya juga disesuaikan dengan kemampuan fisikmu.

10. Sabar

Sabar! Ini memang bukan cara menurunkan berat badan yang eksplisit. Tapi dengan sabar menjalani masa-masa pasca kelahiran dan tanpa melakukan diet yang aneh-aneh, percayalah suatu saat berat badanmu akan kembali normal. Hamil butuh 9 bulan, nggak mungkin kan kamu kurus otomatis?

Dan yang terpenting, jangan lupa selalu jaga kesehatanmu, kesehatan suamimu, dan kesehatan bayimu ya!

Sakit Perut dan Susah Buang Air Besar? 7 Hal Sederhana Ini Bisa Jadi Solusi Ampuh

Cara mengatasi sakit perut dan sembelit

Kawan Muda tentu pernah merasakan sakit perut atau merasa ada hal yang membuat perutmu terasa tidak nyaman. Ini bisa terjadi karena kamu mengalami gangguan pencernaan, diare, susah buang air besar atau sembelit, atau bahkan rasa sakit perut yang muncul akibat stres berlebih. Continue reading “Sakit Perut dan Susah Buang Air Besar? 7 Hal Sederhana Ini Bisa Jadi Solusi Ampuh”