Yuk, belajar menyemangati diri sendiri meskipun gaji yang kita dapat kecil atau pas-pasan!

2.158 views

Punya pekerjaan dan gaji memang suatu hal yang membanggakan. Apalagi kalau bekerja ditempat yang hebat, dengan gaji yang luar biasa. Wih, bangganya makin berlipat-lipat. Rasa senang dan bangga karena mampu membeli apapun dengan gaji kita sendiri pasti sangat menyenangkan.

Tapi gimana kalau misalnya gajimu pas-pasan? Mau beli apapun mikir dulu karena takut habis. Rasanya jadi paranoid sendiri karena takut gajimu habis dalam sekejap. Tiba-tiba kamu merasa sangat iri dengan teman-temanmu yang memiliki gaji besar, dan merasa dirimu kurang beruntung. Padahal kamu nggak boleh, lho, seperti itu! Yuk, coba menyemangati diri sendiri dengan memikirkan 4 hal dibawah ini:

1. Bersyukur

via: tinybuddha.com

Ini hal yang terdengar “mudah” padahal sulit untuk dilakukan. Manusia memang cenderung untuk tidak pernah puas dengan apapun yang dimilki, dan selalu melihat keatas. Biar nggak kena penyakit hati terus karena iri sama teman-temanmu yang lebih besar gajinya, coba deh belajar bersyukur. Kamu mungkin memang memilki gaji kecil, tapi ingat kalau kamu setidaknya masih memiliki pekerjaan. Masih banyak orang-orang diluar sana yang menjadi pengangguran lama karena sulitnya bersaing mencari kerja. Harus juga kamu ingat, setidaknya kamu digaji tepat waktu dan sesuai dengan hasil kerjamu. Pasang mindset kalau setidaknya kamu lebih beruntung, dan kamu pelan-pelan akan terhindar dari penyakit hati, deh!

2. Time zone

via: youtube.com

Setiap orang memiliki waktunya sendiri. Ada orang yang sekali melamar pekerjaan langsung mendapatkan pekerjaan bagus dengan gaji besar, ada orang yang sudah beberapa kali bekerja masih memilki nasib yang sama, gaji kecil misalnya. Hal-hal seperti ini pasti akan terjadi di dunia nyata, dan daripada kamu merutuki diri serta dunia terus menerus, lebih baik kamu nikmati prosesnya. Nggak masalah kalau sekarang gajimu kecil, nanti akan ada saatnya kamu mendapatkan gaji besar dan mampu untuk membeli apapun yang kamu mau, tapi bukan sekarang. Nikmati saja momen yang kamu alami sekarang, dan jadikan hal tersebut sebagai alat untuk berproses untuk kedepannya. Pasti bisa, kok!

3. Bekerja sesuai passion

via: redmondsearch.com

Meskipun kamu memiliki gaji yang kecil, tapi kalau pekerjaanmu adalah passion mu, why not? Banyak orang yang memiliki gaji besar tetapi stuck dengan roda kapitalisme yang begitu saja. Berangkat pagi pulang malam, melakukan hal yang sama setiap harinya padahal itu bukan passionnya. Memang, di jaman millenial seperti ini bekerja sesuai passion bukanlah hal yang gampang, dan kalau kamu sudah bekerja sesuai passionmu, then don’t let it go! Ingat lagi-lagi kamu adalah satu diantara segelintir orang beruntung di dunia yang bisa bekerja sesuai passion!

4. Be Happy

via: therendguys.com

Apakah kamu senang dengan pekerjaanmu? Meskipun memiliki gaji kecil? Kalau iya, lalu apa yang harus kamu khawatirkan? Gaji besar bukan segalanya. Money isn’t everything. Kalau kamu punya uang banyak tapi nggak bahagia, trus gimana? Hal-hal seperti itu yang seharusnya kembali kamu tanyakan ke dirimu sendiri. Are you happy with your job despite everything that happens? Kalau iya, nggak ada yang harus kamu khawatirkan, kan?

Nah, coba deh mulai sekarang perlahan pasang mindset seperti itu. Sulit memang, tapi percaya deh, kalau kamu mengawali semua hal dengan positive thinking maka akan diakhiri dengan hal positif juga. Apapun yang terjadi, tetap semangat dan lakukan yang terbaik. Oke Kawan Muda?