Topik Pembicaraan Ini Lebih Berkualitas Daripada Ngomongin Orang

620 views
Talking - Pixabay
Talking - Pixabay.com

Saat kita sedang berada di reuni sekolah atau sekadar nongkrong bersama teman, pasti ada saja topik yang diomongin; mulai dari membicarakan kehidupan, sekolah, pekerjaan, teman atau bahkan keluarga. 

Nah untuk beberapa kalangan, pembicaraan tentang topik ini sangat sensitif karena akan membawa kita ke dalam “ngomongin orang.” Kita akan mulai ngomongin kejelekan-kejelekan mereka dan seakan-akan kita adalah yang paling benar, kan?

Ngomongin orang akan menimbulkan perasaan benci dan berujung pada pertikaian kemudian terjadilah perpecahan. 

Tentu kita menghindari hal-hal tersebut karena kita ingin memiliki circle pertemanan yang sehat tanpa ngomongin satu sama lain. Kita bisa mengubah pola pikir dengan mengubah topik pembicaraan yang lebih berkualitas.

Nah, topik pembicaraannya apa saja, ya? Yuk kita simak!

Ngomongin Bisnis

Teman yang baik adalah mereka yang yakin akan kemampuan satu sama lain. Salah satunya adalah membangun bisnis bersama. Saat kita mendiskusikan suatu bisnis dan mengatakan bahwa terdapat kesempatan dan potensi pada suatu bidang, kita harus yakin bahwa memang benar adanya. Setelah menemukan potensi bidang tersebut, kita harus mencari potensi dari “kita”. Tentu menggali potensi itu lebih baik daripada ngomongin orang, kan?

Salah satu contoh yang bisa dibahas adalah membangun bisnis properti. Seperti bisnis pada umumnya, bisnis rumah dijual membutuhkan kita-kita yang mahir berbicara dan bernegosiasi. Kemampuan tersebut dibutuhkan untuk membantu dalam penyebaran brosur rumah dijual, melakukan property advisor, atau membantu proses transaksi rumah dijual mulai dari survey lapangan hingga pembayaran down payment.

Untuk kita yang kurang pandai dalam berbicara dan bernegosiasi, kita dapat bekerja di belakang layar, seperti membuat desain iklan rumah dijual dan kemudian memasarkannya di internet. Nah, salah satu caranya adalah membuat situs jual beli online rumah dijual sendiri kemudian menawarkan kerjasama dengan beberapa perusahaan properti terkenal, Lamudi.co.id misalnya. 

Namun, semua kerja keras tersebut hanya akan menjadi sia-sia karena kunci keberhasilan membangun bisnis bersama teman adalah komitmen. Juga, kita harus bisa membedakan 

antara bermain dan bekerja sehingga tidak akan mati di tengah jalan.

Ngomongin Tempat Berpijak

Tidak ada hal yang paling seru bersama teman kecuali mendiskusikan hal yang sedang viral di internet. Tetapi, lebih seru lagi jika kita bisa menggabungkan antara viral dengan edukasi, kan?

Salah satu hal yang sedang viral dan akan menjadi edukasi untuk kita semua adalah bahwa bumi kita sedang berada di fase kritis. Baru tahu, kan? Menurut penelitian, bumi sudah berumur 4,5 milyar tahun dan sudah banyak perubahan pada 25 tahun terakhir; global warming dan efek rumah kaca adalah dua penyebab terbesar, hal tersebut menyebabkan kenaikan suhu dunia 2-4 derajat celcius mengakibatkan beberapa kerusakan pada isi bumi seperti Kutub Utara yang memanas dan lumut berubah warna di Antartika.  

Kerusakan bumi juga disebabkan oleh penggunaan plastik yang terlalu berlebihan. Plastik adalah sampah yang sulit diurai dan keberadaannya meningkat setiap harinya. Indonesia menjadi populasi sampah plastik terbesar kedua di dunia, 3,22 juta ton sampah plastik dihasilkan tiap hari dan sekitar 1,29 juta mencemari lautan.

Mengerikan? Iya. Untuk membantu supaya bumi kita, yuk coba lakukan hal-hal kecil seperti mengurangi plastik.