Wajib ditiru! 7 kiat sukses berkarir dari bos perempuan perusahaan ternama dunia

2.947 views
Sheryl Sandberg
Foto : nyobetabeat.com

Menurut data Peterson Institute for International Economics, semakin banyak perempuan yang menduduki posisi penting di sebuah perusahaan, keuntungan perusahaan akan jauh lebih besar. Ya, perempuan diklaim jago dalam berinovasi dan proses pengambilan keputusan yang luar biasa rumit.

Wah, enggak heran ya kalau beberapa perusahaan besar seperti General Motors dan Starbucks memiliki “bos” perempuan yang super kece. Nah, pemimpin perempuan ini pasti pernah melewati suka duka berkarir hingga bisa menduduki posisi keren tersebut. Dan mereka tentunya punya trik dan kiat-kiat berkarir yang bisa kita contek.


BACA JUGA :


Hemm… Kawan Muda penasaran apa saja? Yuk intip rahasia sukses berkarir dari 7 bos perempuan berikut ini.

1. “Lakukan sesuatu yang kamu sukai dan konsisten…” –Mary Barra, CEO General Motors

Mary Barra
Foto : fortune.com

Hidup ini terlalu singkat bukan untuk disia-siakan? Oleh karena itu, jika sudah memutuskan apa yang ingin Kawan Muda capai, lakukan dengan sungguh-sungguh. Dan ingat satu hal: konsisten. Konsistensi adalah kunci kesuksesan. Percuma banget kan bekarir di perusahaan yang kamu suka atau menjalani passion-mu kalau tidak ada konsistensi?

2.  “Pagi yang sehat adalah kunci keberhasilan.” –Michelle Gass, Mantan Direktur Starbucks EMEA (Eropa, Timur Tengah, Rusia, Afrika), CCO Kohl’s Department Stores

Michelle Gass
Foto : welt.de

Bangun pagi. Ya, inilah salah satu kebiasaan simpel dan positif yang banyak dilakukan oleh orang-orang sukses. Saat bangun lebih pagi, Kawan Muda bisa melakukan hal-hal yang belum sempat dikerjakan dan menambah ilmu. Dengan bangun pagi, badan juga terasa lebih segar dan kamu juga bisa berolahraga agar lebih fit. Seperti yang dilakukan oleh Michelle Gass, mantan bos Starbucks ini selalu bangun pukul 04.30 pagi untuk jogging.

3. “ Jangan bekerja sendiri, delegasikan tugas dengan baik!” –Katie Taylor, Mantan CEO Four Seasons Hotel, COB Royal Bank of Canada

Katie Taylor
Foto : hoteliermagazine.com

Penyebab umum dari stress dan manajemen waktu yang buruk adalah ketidakmampuan (atau ketidakmauan) untuk mendelegasikan tanggung jawab kepada orang lain. Mungkin Kawan Muda enggak percaya dengan rekan kerja atau terlalu ambisius untuk melakukannya sendiri? Hemm, padahal menghandle semua sendiri malah mematikan kreativitas, efektivitas, dan produktivitas kerja, lho! Yuk mulai sekarang bagi-bagi tugas dan jangan menanggung beban sendirian 🙂

4. “Jalin dan jaga hubungan dengan orang lain…” – Sheryl Sandberg, COO Facebook

Sheryl Sandberg
Foto : leadershipgeeks.com

Menjalin hubungan dan memiliki hubungan dengan banyak orang memang dianjurkan, tapi yang terpenting adalah mempertahankan hubungan baik dengan orang-orang tersebut. Percayalah bahwa suatu saat nanti mereka akan membantumu, entah itu memberikan referensi pekerjaan baru atau hal penting lain yang kamu butuhkan. Karena itu, sesibuk apa pun atau meski kamu jarang bertemu mereka, sempatkanlah untuk say hi saling menanyakan kabar atau sharing ilmu bermanfaat.

5. “Selalu ingin tahu dan perluas wawasan.” Anne Sweeney, Mantan Direktur Disney/ABC Television Group, Dewan Direksi Netflix

Anne Sweeney
Foto : Variety.com

Jangan pernah berhenti untuk belajar dan jadilah orang yang selalu ingin tahu. Inilah kunci sukses berkarir dari Anne Sweeney. Hemm, saran yang sederhana tapi ngena banget ya. Karena hanya orang-orang yang mau belajar dan berwawasan luas lah yang menguasai dunia.

6. “Mau mendengarkan orang lain…” Claire Watts, Mantan CEO QVC US

Claire Watts
Foto : popbela.com

Kebanyakan orang mungkin lebih suka didengar daripada mendengar dan hal tersebut bisa berdampak buruk lho dalam karirmu. Dengan mendengar, secara enggak langsung kamu jadi banyak tahu, jadi lebih bijaksana, meredam amarah orang lain, dan banyak manfaat lain. Selain itu, kalau kita ingin didengarkan orang lain, kita juga harus mau mendengarkan orang lain kan?!

7. “Berani berkata ‘tidak’ !” Ertharin Cousin, Direktur Eksekutif World Food Program

Ertharin Cousin
Foto : YuTube.com

Mungkin beberapa dari kamu ada yang mengalami problem ini: sulit berkata “tidak”. Padahal, kalau keterusan kasihan atau sungkan malah enggak bagus juga karena pasti ada satu masa di mana kamu akan mengorbankan kepentinganmu demi orang lain. Hemm…. enggak mau kan kalau kamu terus-terusan “menanggung” apa yang bukan tugasmu apalagi enggak bisa jadi dirimu sendiri?!?

Nah, itulah 7 kiat sukses dari para bos perempuan yang memiliki jabatan penting di perusahaan ternama dunia. Sekarang Kawan Muda bisa mempraktikkannnya nih biar bisa seperti mereka kelak.

Namun ingat, kesuksesan itu bukan hal yang instan, jadi kamu enggak akan mendapatkan hasilnya dalam waktu yang singkat. So, nikmati proses yang kamu jalani dan belajarlah dari proses tersebut 🙂