Membawakan Lagu Daerah, Paduan Suara Asal Indonesia Menjadi Juara Dunia di Slovenia

Kalau Kawan Muda mendengar grup paduan suara pasti yang dibayangkan adalah sekolompok grup yang memiliki suara yang sangat merdu dan hobi nyanyi. Atau kalian malah berpikir sebagai pendamping upacara di sekolah setipa hari Senin?

Sebenarnya paduan suara sendiri tidak hanya melatih suara, melainkan juga melatih keberanian, ketelitian, kesabaran, konsentrasi, dan daya ingat kalian juga loh.

Nah, Kawan Muda tahu nggak sih, kemarin tanggal 21 April 2018, ada Kabar gembira yang datang dari dunia paduan suara Indonesia. Paduan suara anak The Resonanz Children’s Choir yang dikondektur oleh Avip Priatna menjadi juara European Grand Prix (EGP) in Choral Singing 2018 yang berlangsung di Maribor, Slovenia.

trcc
via idntimes.com

European Grand Prix adalah ajang paduan suara bergengsi di dunia, yang hanya memperlombakan juara umum dari enam kompetisi paduan suara paling disegani di Eropa. Hanya ada empat kontestan yang ikut dalam kompetisi ini.

TRCC sendiri adalah pemenang juara umum pada November 2017 dari kompetisi Tolosa Choral Contest yang berlangsung di Spanyol.


BACA JUGA:


TRCC adalah paduan suara anak-anak yang berasal dari Jakarta dan satu-satunya paduan suara Indonesia yang berhasil memenangkan juara umum setelah 30 tahun kompetisi EGP ini berjalan.

trcc
via idntimes.com

Beranggotakan 44 penyanyi anak-anak, TRCC membawakan 7 buah karya yang sangat indah, salah satunya adalah lagu tradisional Bali berjudul “Janger”, yang diarransemen oleh Agustinus Bambang Jusana.

Pesaing TRCC di final EGP 2018 berasal dari Swedia, Beijing, Roma, dan Perancis.

Pada tahun 2017, selain menjadi juara umum di Spanyol, TRCC juga menjadi grand champion di International Musica Eterna Roma International Festival and Competition.

Tahun 2016 menjadi juara pertama di Claudio Monterverdi International Choral Festival and Competition, Venezia, Italia. 2015 juga menjadi juara utama di The Golden Gate Coral Festival, San Fransico, USA, dan masih banyak lagi kompetisi yang dimenangkan di kompetisi Internasional.

trcc
via Kompas.com

The Resonanz Children’s Choir (TRCC) adalah paduan suara anak yang didirikan oleh Avip Priatna Mag. Art. pada tahun 2007.

Memang bakat dari anak-anak ini sudah tidak diragukan lagi jika melihat berbagai perlombaan yang berhasil dimenangkan. Namun, tanpa usaha keras, TRCC mungkin tidak akan berhasil memenangkan juara EGP.

Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *