Siapa teman-teman Kawan Muda yang ingin sukses? Pasti setiap orang menginginkan untuk sukses dalam setiap aspek kehidupan, mulai dari keluarga, pekerjaan, pendidikan, hingga percintaan. Rasanya hidup belum lengkap jika belum sukses. Tetapi ternyata ada peraturan khusus yang bisa mengantarmu ke gerbang kesuksesan seperti Mark Zuckerberg, Oprah Winfrey, atau Bill Gates. Wih, apa itu?

The 5-Hour Rule merupakan suatu tindakan di mana kamu menyisihkan 5 jam setiap minggunya untuk fokus dan mempelajari suatu hal baru. Jangan sampai teralih dengan hal lain selama 5 jam ini. Fokus untuk mengembangkan sekaligus memperbaiki dirimu lebih baik dari sebelumnya selama 5 jam ini.

The 5-hour rule sangat membantu bagi kalian yang sering merasa stuck, jenuh, atau kurang ide. Seringkali kamu berada dalam posisi di mana kamu terus melakukan hal yang sama lagi dan lagi, tapi tidak ada yang berubah. Nah, the 5-hour rule ini membantu kamu untuk lebih produktif sekaligus mengembangkan potensi diri kamu yang terpendam.

Apa saja 5 poin utama dari peraturan ini? Yuk, kita lihat:

1. Membaca

via: medium.com

Membaca adalah salah satu kebiasaan yang wajib banget Kawan Muda punya. Awalnya memang sulit, tapi kalau kamu membiasakan untuk membaca 1 chapter 1 hari, maka lama-lama kebiasaan membaca ini akan tertanam dalam diri kamu. Hampir semua orang sukses di dunia mengatakan bahwa membaca bukan hanya sebagai hobi, namun juga sebagai kebiasaan sehari-hari, misalnya Elon Musk dan Bill Gates. Kalau kamu nggak suka untuk membawa buku kemana-mana, kamu bisa untuk mengunduh atau berlangganan ribuan e-book gratis dari situs terkenal seperti Kindle, atau Amazon Books.

2. Refleksi

via: netdna.ssl.com

Refleksi dapat berarti apapun, baik refleksi diri maupun refleksi hal yang kamu lakukan atau kamu pelajari pada hari itu. Apapun bentuknya, selalu tulis hal yang kamu pelajari tersebut. Inilah yang di sebut sebagai refleksi. Tuliskan hal-hal yang kamu pelajari setiap harinya dalam sebuah buku, dan hal tersebut akan membantu untuk menyimpan ingatan di otak dalam jangka waktu lama.

3. Eksperimen

via: edu.au

Salah satu sosok terkenal di dunia, Thomas Alfa Edison, sebelum berhasil menemukan formula lampu bohlam, Ia melakukan eksperimen hingga ribuan kali. Kalau kamu tetap melakukan hal yang sama lagi dan lagi, kamu nggak akan mempelajari hal baru, atau mendapatkan hal baru dari kegiatan monoton tersebut. Kamu nggak akan berkembang dong, jadinya? Nah untuk itulah perlu adanya eksperimen. Nggak usah takut gagal, coba saja dulu, karena semakin sering kamu mencoba ilmu dan kreativitas kamu akan terasah. Ingat, pengetahuan bisa di pelajari dalam hal apapun, termasuk hal gagal.

4. Jangan menggabungkan bekerja dengan belajar

via: yourstory.com

Stop menggabungkan belajar dengan bekerja. Kalau selama ini kamu merasa sudah bekerja keras, dan tetap merasa stuck tidak mendapatkan apapun, hal ini karena kamu hanya fokus untuk bekerja menyelesaikan masalah, dan tidak memiliki waktu untuk belajar. Namun jika mengikuti the 5-hour rule, kamu dapat mengembangkan skill kamu lebih cepat, karena kamu mendedikasikan waktu untuk itu.

5. Fokus pada perkembangan diri dan produktivitas

via: sfdcstatic.com

Bagian ini adalah yang terpenting dari the 5-hour rule, yaitu berfokus pada pembelajaran jangka panjang (lifelong learning). Gali sedalam mungkin potensi dirimu dengan berfokus pada perkembangan diri jangka panjang, yang dapat berguna bagi kamu pada 20, atau 30 tahun mendatang.

Kalau kamu menerapkan the 5-hour rule ini secara maksimal, percaya deh sukses akan datang ke hidupmu, baik dari segi kehidupan profesional, maupun pribadi. Ada nggak di antara Kawan Muda yang sudah menerapkan cara-cara di atas? Kalau ada, share yuk di kolom komentar!

sumber: Feedfond