Tahu Nggak sih, Ternyata Ini Lho Fungsi Sebenarnya dari 10 Barang – Barang Disekitar Kita!

4.147 views

Kawan Muda, suka kebayang nggak sih kalau sebenarnya fungsi dari barang yang ada disekitar kita bukan itu – itu saja? Setiap barang bisa memiliki fungsi yang lebih dari satu lho, ternyata! Contohnya hanger kayu, siapa yang menyangka kalau hanger kayu bisa berfungsi bukan hanya untuk menggantung baju, tapi juga memiliki wangi natural yang melindungi baju dari rayap. Keren, kan?

Nah dilansir dari brightsideternyata nggak cuman hanger kayu aja lho yang punya fungsi lain seperti itu, barang – barang lain juga! Yuk, kita lihat yang lainnya:

1. Bumps di gelas kopi

via: brightside.me

Buat kalian penyuka kopi dan biasa beli kopi tanpa tumblr, pasti sering banget dong lihat bumps atau benjolan yang ada di tutup cups kopi. Tahu nggak, ternyata fungsi “benjolan” ini untuk melihat isi dari gelas tersebut tanpa harus membuka tutupnya! Simpel banget, kan?

2. Warna di sikat gigi

via: brightside.me

Sikat gigi jaman sekarang bulunya nggak lagi berwarna putih, tapi juga warna – warni. Eits, tapi ternyata warna di bulu sikat ini ada fungsi tersendiri, lho! Kalau ternyata warna di bulu sikat kalian sudah mulai memudar, itu tandanya harus segera diganti dengan yang baru, ya! Jangan dipakai terus, nggak baik untuk kesehatan gigi.

3. Bubble wrap

via: brightside.me

Bubble wrap memang kertas pembungkus yang menggemaskan. Rasanya kita ingin memecahkan bubbles itu terus. Selama ini kita tahunya bubble wrap sebagai pembungkus untuk melindungi barang agar tidak pecah atau rusak pada saat dikemas, ternyata pada tahun 1957 bukan itu lho fungsinya! Alfred Fielding dan Marc Chavannes menciptakan salah satu kandungan di bubble wrap untuk bagian dari kertas dinding, dengan tujuan agar mudah dibersihkan. Eh, ternyata malah laku di IBM untuk membungkus barang.

4. Bantal

via: brightside.me

Di beberapa negara dunia bantal memiliki fungsi tersendiri lho, bukan hanya untuk tidur saja. Ternyata bangsa Afrika menggunakan bantal sebagai salah satu “penghubung” agar bisa berbicara dengan leluhur dalam mimpi. Wih, keren juga! Sedangkan bangsa China jaman dulu menggunakan bantal yang keras agar dapat mempertahankan energi dalam tubuh.

5. Treadmill

via: brightside.me

Treadmill ternyata memiliki fungsi yang bukan hanya untuk alat kebugaran, tapi juga untuk menghukum tawanan penjara! Caranya adalah dengan menaruh kaki mereka diatas kayu – kayu yang berjalan tersebut. Tapi seiring waktu hal ini berubah dan “kayu berjalan” tersebut digunakan untuk menggiling gandum, kemudian direvolusi menjadi treadmill deh!

6. Fidget Spinners

via: brightside.me

Yupsie, mainan yang sempat populer di tahun 2017 ini ternyata sudah dibuat sejak tahun 1993! Fidget Spinners ternyata bukan hanya sekadar mainan yang berputar – putar, tapi putaran ini dipercaya dapat mengurangi stres untuk mereka yang memiliki masalah dengan konsentrasi dan anxiety. Wih, bisa buat kesehatan juga ternyata!

7. Kantung teh

via: brightside.me

Kalian mungkin sekarang mengenal teh celup sebagai teh kantungan, artinya satu kantung cukup untuk satu gelas teh. Tapi ternyata kantung teh bukan hanya untuk itu, Kawan Muda! Secara tidak sengaja kantung teh ditemukan tahun 1904 oleh Thomas Sullivan. Ketika itu dia merasa bahwa teh yang ditaruh di kantung kecil akan lebih menguntungkan, daripada teh kaleng. Eh, ternyata keterusan sampai sekarang.

8. T- Shirt

via: brightside.me

Tahu nggak sih, kalau ternyata kaus a.k.a t – shirt dulunya dianggap sebagai pakaian dalam? Jadi kalau kalian pakai ini dijalan, seolah – olah kalian itu nggak pakai baju, hanya pakaian dalam. Tapi pemikiran ini berubah pada tahun 1951, ketika Marlon Brando memakai kaus putih dalam setiap adegan di film A Streetcar Named Desire. Sejak itu orang – orang mulai pakai kaus lagi, deh! Jadi terimakasih sama Marlon Brando, ya!

9. Kacamata hitam

via: brightside.me

Kacamata hitam atau sunglasses, digunakan untuk melindungi mata kita dari sinar matahari, atau bahasa gaulnya biar nggak silau. Tapi tahu nggak sih, orang china jaman dulu pakai ini untuk menutupi mata mereka pada saat persidangan, lho!

10. Paku jeans

via: brightside.me

Coba lihat sudut kantong belakang jeans kalian, pasti ada semacam paku kecil di setiap sudutnya kan? Ternyata paku atau rivets ini bukan hanya sekadar dekorasi semata, tapi sebagai “pengencang” biar jeans kamu nggak gampang kendor. Dan ternyata ini, cara ini sudah diterapkan sejak jeans pertama dibuat, lho!

Nah sekarang sudah tahu kan fungsi sebenarnya dari barang – barang disekitar kita? Meskipun sepele, ternyata bisa membantu untuk kehidupan sehari – hari kita, lho! Kira – kira apa lagi ya barang – barang yang memiliki fungsi tersembunyi? Coba yuk tulis di kolom komentar, Kawan Muda!