Belakangan ini, Netizen dibuat terenyuh dengan kisah Denada yang tengah berjuang untuk menyelamatkan sang anak, Shakira, dari ganasya penyakit kanker. Ya, penyakit kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti.

Mendengar namanya saja sungguh ngeri, apalagi jika divonis mengidap penyakit tersebut? Mungkin yang terbayang di kepala adalah usia yang tak lagi panjang. Inilah yang membuat banyak orang kemudian menyerah dan pasrah.

Padahal, banyak cara yang bisa dilakukan untuk sembuh dari penyakit kanker. Meskipun memang belum ada obat yang benar-benar menyembuhkan penyakit tersebut, terdapat beberapa  penyembuhan dan perawatan kondisi tubuh penderita agar mereka bisa bertahan melawan penyakit kanker.

Salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Yup, tahukah kamu kalau sel kanker berkembang karena kekebalan tubuh melemah? Pada dasarnya, sel kanker itu ada dalam tubuh setiap manusia. Nah, dia berkembang menjadi ‘ganas’ saat kekebalan tubuh kita terganggu. Entah itu karena sudah berusia lanjut atau bahkan karena stres atau keletihan kronis.

Itulah sebabnya, selain melakukan prosedur penyembuhan seperti pembedahan, kemoterapi, dan radioterapi, pengidap kanker juga harus menjaga kekebalan tubuhnya. Agar mereka bisa terbebas dari ganasnya kanker, seperti yang dialami oleh 6 selebriti Indonesia ini.

1. Andien Aisyah

Andien Aisyah divonis kanker payudara di usianya yang masih sangat muda | via: yukepo.com

Siapa yang menyangka bahwa penyanyi bersuara merdu ini pernah divonis kanker payudara di usianya yang masih sangat muda? Namun kini, Andien sudah terbebas dari penyakit ganas mematikan tersebut setelah menjalani pengobatan intensif dan menerapkan pola hidup sehat.

2. Ria Irawan

Ria divonis mengidap kanker getah bening pada 2009 silam | via: yukepo.com

Karena sebuah kecelakaan, sel kanker tumbuh di rongga perutnya. Pada tahun 2009 silam, Ria divonis mengidap kanker getah bening. Sempat melewati masa-masa kritis, artis era 80-an ini dinyatakan bebas dari kanker stadium tinggi yang sempat dideritanya pada tahun 2017 lalu setelah kemoterapi yang dan hidup sehat yang dijalaninya bertahun-tahun.


BACA JUGA:


3. Baby Margaretha

Baby Margaretha selamat dari kanker kanker payudara yang menggerogotinya saat SMA | via: yukepo.com

Artis yang terkenal dengan image seksi ini juga pernah divonis mengidap kanker payudara saat dirinya duduk di bangku SMA. Setelah menjalani operasi, Baby kini menerapkan pola hidup sehat dan rajin memeriksakan kesehatannya.

4. Epy Kusnandar

Epy divonis mengidap penyakit kanker otak dan bahkan divonis tak berumur panjang | via: yukepo.com

Komedian Epy Kusnandar divonis mengidap penyakit kanker otak dan bahkan divonis tak berumur panjang. Sempat putus asa, semangat dari istri dan anak membuatnya bangkit. Epy pun menjalani pengobatan tradisional untuk menyembuhkan penyakitnya. Kini, dirinya telah sembuh dari penyakit kanker yang sempat menggerogotinya.

5. Titiek Puspa

Titiek Puspa melakukan meditasi dan menerapkan pola hidup sehat untuk melawan kanker | via: yukepo.com

Penyanyi senior Titiek Puspa juga divonis menderita kanker serviks stadium sedang pada tahun 2012 silam. Sempat menjalani pengobatan di Singapura selama 2,5 bulan, Eyang Titiek pun akhirnya menyerahkan kesembuhannya pada pengobatan non-medis. Ya, dia melakukan meditasi dan menerapkan pola hidup sehat untuk menghilangkan sel kanker dalam tubuhnya.

6. Rima Melati

Menjaga pola hidup sehat, Rima Melati bebas kanker | via: yukepo.com

Aktris senior Rima Melati juga pernah divonis menderita kanker payudara stadium 3B. Setelah menjalani serangkaian pengobatan dan menjaga pola hidup sehat, kini dirinya dinyatakan bebas dari penyakit mematikan tersebut.

Tak ada seorang pun yang ingin sakit, pun menderita penyakit mematikan. Kisah 6 selebriti di atas seolah menjadi pelajaran bahwa menyerah bukanlah pilihan saat kita diserang penyakit. Karena rasa putus asa dan stres malah bisa memperburuk kondisi.

Jalan terbaik untuk bisa sembuh dari penyakit ganas yang diderita adalah dengan melawannya sekuat tenaga dengan segala prosedur yang ada dan tentu saja menerapkan pola hidup sehat. Kamu yang sekarang mungkin sehat-sehat saja juga harus menerapkan pola hidup sehat agar tidak menyesal nantinya 😉