Katakan ‘selamat tinggal kegagalan’ dan sambut kesuksesan dengan melakukan 8 cara ini !

8.480 views
Foto : lemerg.com

Kalau dibilang hidup itu berat maka jadinya akan berat, kalau dikata mudah jadinyapun mudah. Tergantung persepsi dari masing-masing individu menanggapi masalah tersebut. Tapi satu hal, kamu nggak bisa menolak dinamika kehidupan. Kamu pasti merasakan senang dan juga pernah merasa gagal akibat kesalahan yang kamu lakukan.

Banyak orang merasa putus asa dan seperti nggak ada dukungan untuk melanjutkan hidup. Perasaan itu adalah hal yang WAJAR dan PASTI dialami setiap orang. Yang harus kamu lakukan adalah, jangan berlarut-larut apalagi pasrah sehingga hilang semangat. Penting buatmu memikirkan bagaimana sebaiknya bertatap muka dengan kegagalan dengan melakukan 8 cara ini :

#1 Ingatlah bahwa nggak selamanya kamu ada di bawah

bersyukur
Foto : begy.blogspot.com

Ketika masalah menghadang dan sedang dongkol-dongkolnya, ingatlah bahwa nggak selamanya kegagalanmu hari ini menghadirkan luka. Pasti ada hikmah dibalik masalah yang sedang kamu hadapi. Ada kebaikan yang terselip dan harus kamu temukan dengan sikap yang bijaksana. Ketika kamu gagal kamu dituntun untuk menemukan cara yang benar. Kamu ditunjukkan mana yang salah mana yang betul.

Baca Juga : 5 Kebiasaan sukses para miliarder berikut ini bisa kamu tiru

#2 Kamu mendapat pelajaran yang tak terlupakan

ALih-alih kamu trauma menghadapi masalahmu, justru di sinilah kamu belajar menghadapi masalah dengan cara dewasa dan tak terlupakan. Ada banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan ketika jatuh ke lubang perkara, mulai dari strategi, target hingga detail kecil yang baru kamu temukan justru ketika ada masalah. Dan tentunya itu akan membuatmu lebih mengenal apa arti kesabaran.

#3 Kegagalan adalah pintu kesekian yang harus kamu lewati sebelum mencapai ke gerbang kesuksesan

Logikanya ketika kamu terjebak di satu ruangan dengan pintu terkunci, yang kamu lakukan adalah berusaha mencari kunci untuk jalan keluar demi memasuki ruangan lain yang lebih baik. Sama halnya ketika menghadapi masalah, bukan berarti kamu lantas diam dan menyerah tapi cari kunci atau solusi sebagai jalan keluar. Jadi, jangan menyerah dulu ketika kamu baru mengalami dan melakukan beberapa kali kesalahan yang berbeda.

Baca Juga : Berhenti melakukan 7 hal ini agar masa mudamu nggak sia-sia

#4 Selalu cari cara untuk bangkit kembali

kerja keras
Foto : ronalvesteffer.com

Kesempatan, memang datang hanya sekali tapi masih banyak jenis kesempatan yang akan datang berulang kali menghampiri. Jadi kalau gagal ya coba lagi. Bangun! Tentu dengan syarat tidak mengulang kesalahan yang sama. Harus ada progress ketika kamu memperbaiki kesalahan.

#5 Rajin-rajinlah kepo penyebab kesalahanmu

Banyak orang yang mentalnya kuat sehingga nggak kapok untuk terus mencoba. Tapi sayangnya, mereka gagal dan gagal lagi. Hal ini diakibatkan karena orang tersebut hanya mencoba berkali-kali dengan cara yang sama tanpa mempelajari penyebab kesalahan mereka. Jadi kalau ini sama dengan kondisimu saat ini, belajarlah untuk tahu di mana letak kesalahanmu.

Baca Juga : Suksesmu bakal terhambat jika kamu masih saja berperilaku seperti ini …

#6. Berhentilah mengeluh dan akui kalau kamu salah

sendiri
Foto ; Wovgo.com

Nggak sedikit orang yang terperosok dalam kegagalan dan lebih memilih menyalahkan orang lain dari pada belajar mengakui kegagalan. Tentu hal ini tak membuat masalah cepat selesai. Mulai sekarang berhentilah mengeluh dan akui kalau kamu salah. Itu nggak membuat harga dirimu jatuh kok. Setelah itu, pikirkan apa yang harus kamu lakukan untuk bangkit.

#7. Berhati-hatilah saat melangkah

Waspadalah, bahwa kegagalan nggak akan pernah berubah kalau kamu masih menggunakan cara yang sama untuk menyelesaikan. Mungkin terlihat basi, tapi itulah faktanya. Kamu harus hati-hati dalam melangkah setelah melewati kesalahan dan mengalami kegagalan. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan yang sama.

Baca Juga : Pria kaya menyenangkan. Tapi pria pekerja keras jauh lebih menentramkan

#8. Cari kegiatan yang membuatmu lupa sejenak dari masalah

piknik
Foto : www.yukpiknik.com

Nggak ada salahnya untuk berhenti sejenak dan mencari kegiatan yang nggak bikin kamu depresi. Entah liburan atau tidur seharian. Otakmu juga perlu istirahat. Memerlukan proses yang panjang hingga kamu bisa semangat lagi dan memulai hidup dari awal.