Baru 14 Tahun, Anak Ini Sudah Membuat Aplikasi dan Akan Mewakili Indonesia di Konferensi Internasional ICYS

1.212 views
pencipta aplikasi
via detikINET

Kawan Muda, pernah nggak sih lagi main ke rumah kakek dan nenek, tapi ternyata mereka lupa dengan kamu karena faktor umur? Mau sedih tapi enggak mungkin, ya namanya juga orangtua.

Hal ini juga dialami oleh Firman Fanthoni, pelajar kelas 8 di SMPN 1 Surabaya. Setiap lebaran dan pulang kampung, neneknya selalu lupa dengannya padahal sudah ditanya berkali-kali. Ini membuatnya tidak nyaman dan dia berpikir bahwa tidak bisa terus menerus seperti ini. Lalu ia membuat aplikasi yang bernama Remember Me.

Meskipun belum dipasarkan secara komersial, aplikasinya sudah berhasil membuat neneknya untuk mengingat dirinya, sehingga tidak perlu menjelaskan berkali-kali lagi setiap ke rumah nenek.

Firman mengaku aplikasi yang dibuatnya memang diperuntukkan untuk para lansia di masa depan, karena pasti mereka sudah terbiasa dengan teknologi.

Aplikasi Remember Me adalah sebuah aplikasi smartphone yang bertujuan untuk memberi pengingat kepada lansia yang sudah pikun dan tidak mengenali keluarganya lagi.

Nantinya akan muncul notifikasi ketika ada anggota keluarga yang datang. Notifikasi ini muncul saat jarak nenek dan anggota keluarga tersebut berada dalam jarak dua meter.


BACA JUGA:


Di aplikasi tersebut akan ada notifikasi yang menjelaskan tentang siapa anggota keluarganya beserta fotonya. Pada aplikasi tersebut juga ada mainan khusus lansia, yaitu berupa teka-teki yang disertai foto tentang nama-nama anggota keluarga.

Aplikasi ini juga berisi fitur daily activity, seperti makan, minum obat, dan beribadah. Dan yang terakhir adalah sebagai penunjuk arah ke rumah jika berpergian ke luar rumah, karena banyak para lansia yang sudah lupa arah rumah rumahnya sendiri.

Remember Me berhasil memenangkan juara 3 dalam Lomba Peneliti Belia di Surabaya (LPB) di tahun 2017. Firman juga mengikuti lomba berskala nasional dan menduduki posisi yang sama.

Hal ini membuatnya menjadi wakil Indonesia di konferensi tingkat internasional dalam International Conference of Young Scientist (ICYS) di Serbia, Eropa. Pada 19 – 25 April 2018.

Waah keren banget ya Firman. Semoga aplikasi kamu bisa segera diluncurkan dan berguna bagi banyak orang.

Sumber : Detik.com