Di era millenial seperti saat ini, smartphone merupakan benda penting yang mengisi kehidupan sehari-hari. Mulai dari orang tua, dewasa, hingga anak-anak. Sedih nggak sih, ngelihat anak TK atau SD bukannya bermain diluar seperti masa kecil pada umumnya, malah lebih sibuk main game atau nonton video di smartphone?

Padahal, ada lho permainan-permainan seru yang pastinya menyenangkan banget waktu dimainkan sewaktu kecil. Permainan ini adalah yang mengisi masa kecil kalian sehari-hari. Mulai dari lompat tali hingga petak umpet, ini nih list yang bisa bikin kalian nostalgia masa kecil. Yuk, kita lihat:


BACA JUGA :


1. Petak umpet

via: blogspot.com

Pilih satu orang untuk menjadi bagian “jaga”, lalu orang yang jaga ini menghitung dari satu sampai dua puluh, kemudian mencari teman-temannya yang bersembunyi. Permainan ini seru banget kalau main bareng teman – teman, apalagi di sore hari! Sensasi senang pas menemukan teman kalian yang “ngumpet” itu beda banget deh, sama pas main smartphone!

2. Lompat tali

via: goodnewsfromindonesia.id

Permainan ini biasanya menggunakan tali atau jalinan karet panjang sebagai alat utamanya. Mainnya juga seru banget, kok! Mau diayunin trus dilompatin, atau dilompatin dengan satu kaki, semuanya bisa. Serunya lagi kalau main berkelompok, pasti rame banget karena pada berlomba-lomba untuk menang!

3. Engklek

via: sindonews.net

Ini juga permainan yang nggak kalah populer. Cukup gambar sembilan kotak-kotak yang terdiri dari tiga buah kotak horizintal, tiga buah kotak vertikal, satu buah kotak horizontal, dan dua kotak horizontal. Cukup melompati setiap kotak menggunakan satu kaki, yang nantinya kalau kakinya jatuh harus ditandai dengan batu. Seru dan nggak bikin bosen banget permainannya!

4. Gasing

via: hallobandung.com

Gasing ini juga merupakan salah satu permainan populer, lho, dijamannya! Ingat kartun Beyblade? Untuk bisa menguasai permainan gasing, kamu harus tahu timing yang pas untuk melempar gasing. Selain itu, kekuatan lemparan gasing juga mempengaruhi, lho! Permainan ini dulunya digandrungi banget sama anak laki-laki. Kamu suka juga nggak, Kawan Muda?

5. Kelereng

via: kompas.com

Nah, ini! Terpopuler diantara yang lainnya. Kelereng yang kalau dijual di abang-abang mainan harganya 500 rupiah ini, ternyata hits banget lho! Cara mainnya juga gampang, cukup sentil kelereng lawan dengan kelereng yang kita punya. Semakin banyak kelereng lawan yang kita kumpulkan, maka peluang kamu untuk menang semakin banyak. Hayo ngaku, siapa dulu disini yang koleksi kelereng banyak banget?

Nah, gimana? Nostalgia jaman anak-anakmu sudah terpenuhi belum. Permainan-permainan diatas adalah yang dulu mengisi kebahagiaan masa anak-anak kalian sewaktu belum ada smarthphone. Selain lima permainan diatas, ada lagi nggak ya kira-kira yang sama populernya? Share yuk di kolom komentar.