Di Usianya yang Masih Sangat Muda, Dia Sudah Mewakili Indonesia untuk Maju ke Asian Games 2018

1.778 views
sambo
via Kompas.com

Asian Games 2018 akan berlangsung pada 18 Agustus 2018 – 2 September 2018. Asian Games diikuti oleh 45 negara yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang. Ada sekitar 40 cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang bergengsi se-asia kali ini, salah satunya adalah Sambo.

Sambo adalah seni bela diri modern yang berasal dari Rusia. Sambo menggabungkan beberapa beladiri yang mengandalkan teknik submission semacam catch wrestlingjudo, jujitsu, kurash, alysh, dan greco-roma wrestling. Sambo termasuk seni bela diri terbaru yang akan dipertandingkan di Asian Games kali ini.

Salah satu atlet Sambo yang berasal dari Indonesia adalah Mutiara Amanda. Ia berusia 17 tahun. Mutiara merupakan atlet Sambo kelas min 68 kilogram putri. Mutiara termasuk dalam atlet putri termuda dalam tim inti pada Asian Games 2018.

Mutiara sudah sering mengikuti kejuaraan, baik nasional ataupun internasional. Terakhir, dia meraih perunggu pada pertandingan yang diadakan di Turkmenistan Turkey.


BACA JUGA:


Saat ini Mutiata masih duduk di bangku SMA. Walaupun menjadi atlet dan harus mengikuti pemanasan Asian Games 2018 pada saat ujian nasional berlangsung, Mutiara tetap harus mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diwajibkan bagi seluruh siswa kelas 3 SMA secara susulan yang akan diadakan di Bandung.

Kepala Sekolah SMAN 5 Karawang, Agus Setiawan membenarkan ketidakhadiran Mutiara pada saat pelaksanaan UNBK hari ketiga dikarenakan mengikuti pemanasan Asian Games di Jakarta.

Kementrian Pemuda dan Olahraga (kemenpora) bahkan membuatkan surat izin khusus bagi Mutiara sebagai pemberitahuan karena kegiatannya bentrok dengan pelaksanaan UNBK.

Sambo atlet
via Instagram.com/mutiara_amandaa

Mutiara mengaku siap menyambuat Asian Games 2018, kejuaraan yang diadakan empat tahun sekali merupakan salah satu ajang terbesar baginya dan sangat membanggakan. Terlebih lagi, Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Awal mula kariernya, Mutiara mempelajari seni bela diri Judo baru ke Sambo. Meskipun Sambo adalah seni olahraga bela diri, namun pada saat latihan Mutiara juga harus lari beberapa kilometer dan mengangkat barbel untuk memperkuat tubuhnya.

Mutiara mengaku sudah menyukai dunia seni bela diri sejak SMP, namun dia baru benar-benar serius dan mengikuti lomba-lomba saat dirinya SMA. Alhasil ia selalu memenangkan berbagai kejuaraan.

Sumber : Kompas.com