Mulai Dari Titik Terendah Hingga Titik Terjauh, Ini 6 Titik Bumi yang Mampu Menambah Pengetahuanmu!

1.363 views

Sejak jaman dahulu hingga kini, kita diajarkan bahwa bentuk wajah bumi tidaklah mulus merata. Banyak hal tumbuh dan berkembang diatas bumi yang berguna bagi kehidupan manusia. Beberapa hal tersebut antara lain gunung, hutan, lautan, hingga tundra dan padang pasir yang membentang jauh diatas bumi. Namun wajah bumi memiliki titik-titik ekstrim dan khusus yang tidak dapat dijangkau manusia dengan mudah.

Titik-titik ini bervariasi, mulai dari terendah, terdalam, tertinggi, hingga terdingin dan terpanas. Pokoknya bumi memiliki semua titik yang kamu bayangkan, deh! Nah untuk memperdalam pengetahuan tentang bumi, yuk kita lihat apa saja titik-titik bumi lainnya:

1. Palung Mariana: titik terendah bumi di lautan

via: idntimes.com

Siapa yang tidak mengetahui Palung Mariana? Palung yang terdapat di Samudra Pasifik dengan kedalaman hingga 10.916 m ini berada diantara Papua Nugini dan Jepang. Dasar terendah dari Palung Mariana disebut juga Challenger Deep, dan hanya tiga orang yang pernah mencapai kesana, yaitu Jacques Piccard dan Don Walsh (1960) serta James Cameron (2012). Saking dalamnya, Challenger Deep ini tidak pernah tersentuh sinar matahari dan memiliki tekanan air yang sangat tinggi. Ada banyak juga jenis jewan dan mikroba yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya, juga bisa ditemukan di bagian ini.

2. Laut Mati: titik terendah bumi di daratan

via: idntimes.com

Kalau di samudra kita memiliki Palung Mariana, maka di daratan ada Laut Mati. Laut Mati merupakan sebuah “danau super besar” yang berlokasi di perbatasan Jordania dan Palestina. Dengan panjang 50 km, lebar 15 km, dan kedalaman 300 m, kamu  pasti heran kenapa Laut Mati disebut sebagai tempat terendah di bumi. Ini karena secara geografis Laut Mati berada di 430 m dibawah permukaan laut. Kamu nggak akan bisa menemukan ikan atau makhluk hidup lain di laut ini, karena kadar garamnya sangat tinggi, bahkan mencapai 34.2%. Nah karena kadar garamnya tinggi, maka daya apung di laut ini lebih besar daripada laut lainnya. Kamu bisa dengan mudah mengapung disini tanpa harus belajar berenang terlebih dahulu,

3. Gunung Everest: titit tertinggi bumi

via: idntimes.com

Sebagai gunung yang dinobatkan tertinggi di dunia, popularitas Gunung Everest sudah tidak diragukan lagi. Gunung yang berketinggian 8.848 m ini sangat populer dikalangan para pendaki gunung profesional. Namun sejak kepopulerannya dari tahun 1953 hingga saat ini, tercatat sudah sekitar 300 orang yang meninggal akibat kedinginan atau terjatuh ke jurang curam. Kalau nanti kalian melewati jalur pendakian, akan banyak mayat-mayat yang kalian temukan sudah membeku dan dibiarkan tergeletak begitu saja, yang paling terkenal adalah the Green Boots. 

4. Gurung Lut: titik terpanas bumi

via: idntimes.com

Suka bermain panas-panasan? Dijamin deh kamu nggak bakalan betah bermain di gurun ini. Gurung Lut merupakan titik terpanas di bumi yang sudah disepakati oleh ilmuwan dalam beberapa tahun terakhir. Bertempat di Iran, Gurun Lut memiliki luas sekitra 51.800 km persegi, dengan panjang 480 km dan lebar 320 km. Parahnya nih, suhu di Gurun Lut ketika diukur mencapai 70.7 derajat Celcius. Mungkin saking panasnya goreng telur disana bisa kali ya….

5. Stasiun Penelitian Vostok: titik terdingin bumi

via: idntimes.com

Di wilayah Antartika, terdapat sebuah stasiun penelitian milik Pemerintah Rusia bernama Stasiun Vostok. Di wilayah ini, suhu yang dicatat oleh ilmuwan mencapai -89.2 derajat Celcius, ketika tahun 2009. Suhu ini lebih dingin dari suhu di titik sebelumnya, Amundsen-Scott South Pole Station, yang “hanya” sebesar 88.3 derajat Celcius. Sebenarnya sih, ada beberapa titik lain yang lebih dingin dari Stasiun Vostok, yaitu Kubah Argus dan Kubah Fuji, dengan suhu -95 derajat Celcius. Namun hitungan ini tidak diakui karena ternyata perhitungan ini menggunakan satelit, dan satelit hanya mengukur suhu permukaan es, bukan suhu udara.

6. Point Nemo: titik terjauh bumi

via: idntimes.com

Meskipun namanya mirip dengan salah satu karakter animasi Disney, tapi titik ini tidak ada sangkut pautnya dengan film animasi tersebut. Point Nemo berasal dari bahasa latin yang berarti “tidak seorangpun”. Sehingga arti nama Point Nemo secara utuh berarti suatu titik yang berada paling jauh dan terisolir dari dunia sekitar. Berada dalam titik kordinat 48°52.6′S 123°23.6′W, kawasan ini berlokasi sekitar 2253 km dari pulau berpenghuni terdekat. Uniknya lagi, setiap pesawat, satelit, atau benda angkasa lain yang melewati titik ini selalu tidak dapat berfungsi dan terjatuh di tempat ini. Sehingga Point Nemo disebut juga sebagai kuburan benda angkasa.

Wah, ternyata ada juga ya titik-titik ekstrim di bumi yang tidak kita ketahui sebelumnya. Titik-titik ini lah yang meskipun aneh dan tidak dapat dipercaya, merupakan dari apa yang membentuk kehidupan bumi kita saat ini. Oh iya omong-omong, ada yang tahu nggak titik terbasah dan terkering bumi dimana? Kasih tau di kolom komentar ya, kalau kalian tahu!

sumber: idntimes