Mulai Dari Tekstur Seperti Mentega Hingga Kandungan Lemak, 6 Fakta Unik Tentang Otak Ini Akan Menambah Pengetahuanmu Lebih Dalam

Otak merupakan organ tubuh manusia yang paling utama. Tanpa adanya otak semua sistem tubuh manusia tidak dapat berjalan. Banyak fakta tentang otak yang membuat kita tercengang karena tidak diketahui sebelumnya. Beberapa fakta ini merupakan hal yang “mencengangkan”, beberapa dapat disebut sebagai hal yang “menyeramkan”. Tetapi sebagai mesin utama dari tubuh manusia, fakta apapun mengenai otak pasti merupakan hal seru yang dapat menambah pengetahuan dasar kita.

Peran otak sebagai body’s command center merupakan pusat dari seluruh sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Mulai dari sistem saraf, proses informasi, pencernaan, hingga sensor otot dan sendi, semua berawal dan diakhiri di otak. Apa saja sih fakta-fakta tentang otak yang tidak kita ketahui sebelumnya? Yuk, kita lihat:

1. Otak tidak dapat merasakan sakit

via: hearstapps.com

Mungkin terdengar aneh dan terkesan ironi, tapi otak merupakan command center yang memproses datangnya rasa sakit. Tetapi otak tidak bisa untuk merasakan rasa sakit karena tidak ada saraf perangsang sakit di otak. Lho terus kalau sakit kepala itu apa? Sakit kepala sebenarnya datang bukan dari otak, tapi datang dari lapisan tissue yang melapisi otak dan tengkorak.

2. Stress berat dapat membuat volume otak menyusut

via: theepochtimes.com

Kawan Muda tahu tidak, stress berat tidak hanya mempengaruhi tubuh tetapi juga volume otak! Stress dapat membuat volume otak menjadi mengecil karena keluarnya hormon kortisol. Nah keluarnya hormon kortisol ini dapat mempengaruhi fungsi dari sistem otak. Parahnya lagi saraf di bagia prefrontal cortex dapat mengecil juga karena stress tadi. Hii, parah banget!

3. Tekstur otak lembut seperti mentega

via: tchyn.io

Kalau kalian melihat bentuk otak yang diawetkan di museum, pasti membayangkan tekstur otak kenyal dan padat. Padahal kenyataannya tekstur otak lebih lunak dan memiliki konsistensi seperti mentega. Konsistensi otak sangatlah lembut dan sedikit benturan di tengkorak kepala dapat memberikan efek brain damage. Serem juga ya?

4. Kekuatan otak dapat menyalakan lampu kecil

via: scene7.com

Mungkin terdengar keren ya, tapi sebenarnya nggak sekeren itu. Otak memiliki output energi yang kecil, dan kekuatan otak “hanya” bisa untuk menyalakan lampu sebesar 20 watt. Salah seorang ahli mengatakan bahwa setiap energi yang dikonsumsi oleh cortex brain cukup untuk memberikan kekuatan sebesar 1% ke setiap saraf neuron. Hmm, masuk akal juga.

5. Sebagian komposisi otak terdiri dari lemak

via: pinterest.com

Kalau kamu melihat gambar otak, pasti akan terlihat adanya lekukan di permukaan otak. Nah gambaran otak ini memberikan kesan bahwa otak merupakan bagian tubuh yang terlihat lebih terbentuk daripada otot manusia. Padahal nggak lho! hampir sebagian besar komposisi otak terdiri dari lemak, dan bukan otot seperti yang kita pikirkan. 60% otak manusia merupakan lemak, dan asam lemak merupakan bagian penting otak yang membantu untuk memperlancar fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit konsumsi lemak asam yang masuk ke tubuh, semakin rendah juga performa otak untuk bekerja. Wah berarti besok-besok harus makan ikan salmon, sarden, dan kacang-kacangan nih!

6. Otak membutuhkan kolesterol untuk bertahan hidup

via: arcpointelkgrovevillage.files.wordpress.com

 

Kita dibesarkan dengan mindset bahwa kolesterol merupakan hal buruk bagi tubuh. Well, benar sih memang, tapi sebenarnya nih kolesterol nggak memiliki efek seburuk itu kok, untuk tubuh. Kalian tahu tidak kalau 25% kolesterol di tubuh digunakan oleh otak? Bahkan menurut penelitian nih kolesterol membantu jalannya fungsi membran otak, yang bertindak sebagai zat antioksidan, dan membuat hormon seperti estrogen, cortisol, testosterone, bahkan Vitamin D. Sudah gitu, seseorang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi cenderung untuk memiliki fungsi otak yang lebih baik! Masih menganggap kalau kolesterol hal yang buruk?

Nah itu tadi adalah fungsi-fungsi otak yang tidak kita ketahui sebelumnya. Banyak diantara fungsi ini yang pastinya kita tidak ketahui sebelumnya. Untuk menjaga kualitas dan fungsi otak kita, dari sekarang yuk terapkan hidup sehat dan lindungi kepala dari benturan-benturan yang berbahaya, ya!

sumber: Ranker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *