Mulai Dari Penemuan Kodok Transparan Hingga Pengeditan Embrio Manusia, 7 Penemuan Ilmiah Ini Bisa Membuatmu Tercengang-Cengang!

990 views

Setiap tahunnya, para peneliti cerdas dari seluruh dunia memberitahukan hasil penelitian atau penemuan baru atas dunia ilmiah. Penelitian ini dapat menginspirasi sekaligus belajar mengenai kehidupan ilmiah di sekitar kita yang kita tidak ketahui sebelumnya. Jadi kita harus berterima kasih dengan adanya peneliti-peneliti hebat ini. Banyak dari penelitian ini yang membantu kita untuk lebih mengetahui dunia luar yang dulunya kita anggap mustahil, misalnya tentang kloning hingga kehidupan di Planet Mars. Seru banget, kan?

Nah ada beberapa penemuan unik lain mengenai kehidupan ilmiah yang pastinya bisa bikin kalian tercengang-tercengang dan berpikir, “serius nih hal seperti ini ada?”. Penasaran kan, apa saja penelitiannya? Dilansir dari ranker, ini dia:

1. Peneliti di Amerika Serikat “mengedit” embrio manusia 

via: geneticliteracyproject.org

Nggak hanya foto yang bisa di edit, di jaman ilmiah dan modern seperti sekarang bahkan embrio pun bisa juga untuk di edit! Peneliti di Amerika Serikat sukses melakukan proses editing DNA embrio manusia untuk pertama kalinya menggunakan alat editing bernama CRISPR. CRISPR ini digunakan untuk mengoreksi mutasi gen yang dapat mengakibatkan kondisi jantung bernama hypertrophic cardiomyopathy di embrio. Meskipun terbukti dapat melakukan editing secara efektif untuk mendapatkan hasil gen yang baik, tapi penelitian ini disebut sangatlah kontroversial. Bahkan National Academy of Medicine menginginkan CRISPR hanya untuk menghilangkan penyakit serius.

2. Penemuan alat penarik air dari udara

via: newscenter.lbl.gov

Nggak hanya avatar yang bisa menarik air dari udara, saat ini di dunia modern sudah ditemukan alat untuk ini, lho! Peneliti dari MIT dan UCLA Berkeley menemukan cara untuk menarik air dari udara melalui alat bertenaga solar yang menggunakan besi terbuat dari zirconium dan fumarate, untuk menarik embun air dari udara. Alat ini dapat menarik sekitar tiga perempat air dari udara hanya dalam waktu 12 jam, dengan kelembapan udara mencapai 20-30%. Alat ini bisa menjadi solusi bagi wilayah di dunia yang sering kekurangan air bersih, termasuk daerah di Afrika.

3. Mengembangkan organ manusia di tubuh babi

via: modernfarmer.com

Aneh tapi nyata guys, peneliti dari Salk Institute di La Jolla, California, menemukan cara untuk mengembangkan organ manusia di dalam tubuh babi. Bahkan dalam penelitian terakhir mereka mampu untuk menumbuhkan sel manusia di dalam embrio babi. Penelitian ini mampu membuktikan bahwa kelak di masa depan, adanya sistem penumbuhan organ ini dapat membantu untuk mempelajari penyakit serius serta cara pengobatannya.

4. Katak transparan pertama kali ditemukan di Argentina

via: enca.com

Katak memiliki banyak jenis yang hampir semuanya mempunyai kulit dengan motif unik terukir di tubuh mereka. Namun penemuan atas katak transparan baru kali ini terjadi. Para ilmuwan menemukan katak kecil yang dapat bersinar di kegelapan. Para ilmuwan ini menyadari zat fluorescence yang ada di katak setelah warna kulitnya memiliki semburat kemerahan di dalam cahaya tertentu. Tetapi ketika disinari oleh cahaya matahari, semburat kulitnya tidak hanya merah, namun juga hijau terang dan biru menyala. Penemuan ini termasuk unik karena sebelumnya hanya beberapa tertentu yang memiliki zat fluorescence, contohnya adalah ikan, kura-kura, dan burung.

5. Gelombang gravitasi berhasil membuktikan teori relativitas Albert Einstein

via: businessinsider.com

Teori Relativitas Albert Einsten merupakan teori unik. Teori ini mengatakan bahwa luar angkasa dan waktu bersatu menjadi satu kesatuan, yaitu space-time. Menurut teori ini, setiap objek di jagad raya, apapun ukurannya, dapat “membengkokkan” space-time dan membentuk suatu gelombang yang disebut gelombang gravitasi. Teori tersebut dianggap hanya sebagai sebuah teori tanpa pembuktian, hingga beberapa waktu terakhir. Adanya kemajuan teknologi membantu seorang astrophysicists untuk mengukur gelmbang gravitasi yang dibuat oleh objek besar di luar angkasa. Biasanya sih, gelombang ini datang dari black holes dan bintang yang berjarak jutaan cahaya, sehingga ketika sampai di bumi gelombang ini sudah hilang. Tetapi pada September 2017 lalu, gelombang gravitasi ditemukan oleh tiga observatorium berbeda, dan perlahan dapat membuktikan bahwa Teori Relativitas Albert Einstein benar adanya. Perlahan tapi pasti, gelombang gravitasi dan adanya space-time dapat dibuktikan keberadaannya.

6. Uji coba alat kontrasepsi pria yang berhasil 100% pada monyet

via: pastemagazine.com

Ilmuwan dari Prancis berhasil menemukan alat kontrasepsi baru untuk pria yang dapat mengontrol tingkat kelahiran manusia. Alat ini berupa gel (Vasagel), yang menutup jalan masuk sperma di dalam tubuh dalam menjadi seminal fluid. Ketika gel ini diuji coba pada monyet, hasilnya adalah sperma monyet-monyet tersebut 100% tertutup. Gel ini diinjeksikan ke dalam sebuah tabung diantara testikel dan penis pria, yang disebut juga sebagai wilayah vas deferens. Penggunaan gel ini menurut dokter, sama seperti dengan proses vasectomy namun gel ini tidak dapat bertahan lama atau permanen. Diperkirakan gel ini akan diuji coba pada manusia pada tahun 2018 atau 2019 mendatang.

7. Astronom menyaksikan dua bintang neutron bertabrakan

via: kinja-img.com

 

Pada bulan Agustus tahun kemarin, Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory atau LIGO mendeteksi adanya tabrakan dari dua bintang neutron. Tabrakan antara dua bintang ini pertama kalinya disaksikan oleh manusia, dan tabrakan inilah yang kemungkinan menghadirkan banyaknya elemen berat di luar angkasa, termasuk besi. Tabrakan kedua bintang ini menjadi hal unik karena tidak membutuhkan alat spesifik untuk melihat peristiwa tersebut. Tabrakan kedua bintang neutron ini disebut juga Peristiwa Kilonova, yang menghasilkan banyak gelombang radio, sinar gamma dan X-Rays akibat adanya gravitational waves, dan mempermudah para astronom untuk mempelajari luar angkasa secara lebih mendalam.

 

Wah ternyata keren-keren juga ya penemuan ilmiah yang berhasil diteliti oleh ilmuwan selama ini. Penemuan ini dapat membantu untuk meningkatkan kemajuan hidup ilmiah yang lebih baik dari sebelumnya. Kalian tahu ada penelitian unik seperti ini lagi nggak? Kalau ada, share yuk di kolom komentar!