Usia Mama Hasria memang tak lagi muda, tapi siapa sangka tenaganya bisa membuat anak muda yang masih hobi mengeluh merasa ciut. Bagaimana tidak, perempuan 46 tahun asal desa Tinambung, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ini memiliki profesi yang tidak main-main. Ya, Mama Hasria adalah ‘pahlawan’ air bersih bagi penduduk desanya.

Setiap hari, Mama Hasria mengumpulkan air bersih untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi 5.800 keluarga di desa Tinambung. Akses air di wilayah tersebut memang masih terbatas dan penduduk harus menempuh perjalanan berkilo-kilo meter jauhnya untuk mendapatkan akses air bersih. Tak sampai di situ saja, mereka juga harus mengarungi sungai demi air bersih yang tak seberapa jumlahnya!

Mama Hasria, adalah satu dari beberapa perempuan di desanya yang berprofesi sebagai pengumpul air. Air yang tersedia di desa Tinambung hanya cukup untuk mandi dan mencuci. Air tambahan yang dikumpulkan Mama Hasria dan teman seprofesinya digunakan untuk minum dan memasak.

via: nationalgeographic.co.id

Untuk mendapatkan pasokan air yang cukup, Mama Hasria harus berjalan empat kilometer setiap harinya menuju Sungai Mandar. Setelah menempuh perjalanan berjam-jam, Mama Hasria dan rekan seprofesinya juga harus menyeberang sungai sambil membawa sekitar 40—200 jeriken air!

via: nationalgeographic.co.id

Hemm, bisa dibayangkan saat semua jerikan terisi dan dia harus membawanya pulang? Meskipun profesinya tak mudah dan per jeriken hanya dihargai 500 rupiah saja, Mama Hasria mengaku bahagia. Dia senang bisa membantu ribuan warga desa Tinambung yang kekurangan air bersih.

via: vemale.com

Pengorbanan dan perjuangan Mama Hasria untuk warga desanya benar-benar bikin terenyuh, ya, Kawan Muda. Memang sih, Mama Hasria mendapatkan upah dari pekerjaannya. Namun jumlahnya tak seberapa, jika dibandingan dengan tenaga dan keringat yang dikeluarkannya.

via: vemale.com

Belum lagi risiko lain saat dia berusaha menyeberangi Sungai Mandar sambil membawa puluhan atau bahkan ratusan jeriken. Kisah Mama Hasria ini seolah menjadi pengingat bagi kita untuk lebih bijak lagi dalam memanfaatkan air bersih. Karena di luar sana, masih banyak orang yang berjuang demi setetes air bersih.

Selain itu, Mama Hasria berhasil membuktikan pada kita semua bahwa perempuan itu tangguh dan enggak bisa diremehkan. Kebaikan hatinya juga menginspirasi dan membuat banyak orang tersentuh. Sehat selalu Mama Hasria, sang pahlawan air bersih dari Sulawesi Barat 😉

Sumber: National Geographic