Meskipun susah, ternyata kuliah sambil bekerja merupakan hal yang kamu syukuri karena membawamu pada 5 hal ini!

2.490 views

Kuliah sambil bekerja sebenarnya merupakan hal yang sulit untuk dilakukan secara berbarengan. Waktu yang kurang, kerjaan yang menumpuk, tugas yang nggak karuan, duh rasanya parah banget, deh! Konsekuensi untuk meninggalkan salah satunya pun berat dan sulit untuk dilakukan.

Tapi ternyata ada lho, hal yang kamu harus syukuri apabila kamu melakukan kuliah sambil kerja. Kedua hal berat yang kamu lakukan sekaligus ini dapat mengajarkan kamu hal-hal yang nggak dimiliki orang lain, sambil membantumu meningkatkan kemandirian pula! Apa saja ya, 5 hal tersebut? Yuk, kita lihat bersama:


BACA JUGA :


1. Lebih cekatan

via: sicohen.wordpress.com

Kamu terbiasa untuk melakukan banyak hal dalam bersamaan atau multitasking, sehingga secara nggak langsung kamu memupuk sifat cekatan. Mungkin awalnya sulit dan keteteran, tapi perlahan kamu bisa menyesuaikan dan jadi terbiasa untuk pintar membagi waktu serta prioritas.

2. Pribadi yang kuat

via: whowhatwear.com

Kamu terbiasa mengalami tekanan batin, baik di kampus maupun di tempat kerja. Di kampus, dosen menuntutmu untuk segera menyelesaikan tugas, dan di tempat kerja bosmu menuntut agar pekerjaanmu selesai dengan cepat. Selain itu, waktu tidurmu menjadi sangat berkurang karena kamu harus merelakan waktu malammu untuk menyicil tugas kuliah dan kerja. Hal-hal tersebut menjadikan kamu pribadi yang tangguh dan tahan banting, dan akan menambah kedewasaanmu seiring waktu berjalan.

3. Menjadi pribadi mandiri

via: azquotes.com

Apapun kesulitan yang kamu hadapi di tempat kerja dan kuliah, segala sesuatunya kamu hadapi sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Sehingga nggak heran, kamu pelan-pelan akan menjadi wanita mandiri yang tidak mengeluh terus menerus. Hal ini akan menjadikanmu berbeda dari teman-temanmu lainnya, karena kamu sudah terbiasa untuk melakukan apapun sendiri tanpa mengandalkan orang laon.

4. Menghargai uang

via: mindlifesuccess.com

Gajimu memang jumlahnya nggak seberapa, tapi kamu jadi lebih pandai untuk mengatur dan menghargai uang. Gaji yang kamu dapat merupakan hasil dari tidak tidurmu berhari-hari, atau kecekatanmu dalam mengerjakan segala sesuatunya. Jadi kamu selalu berpikir ulang apabila ingin menghabiskan uangmu secara foya-foya. Kerennya lagi, kamu nggak perlu tuh minta ke orang tua uang tambahan!

5. Memperluas relasi

via: themuse.com

Kamu terbiasa untuk bekerja dengan banyak orang, secara tidak langsung kamu akan merasakan bagaimana rasanya bekerja dengan orang yang memiliki perbedaan pendapat, dan pemikiran dari kamu. Sehingga kamu perlahan tahu cara menyesuaikan diri dengan orang-orang tersebut. Selain itu, karena seringnya kamu bekerja dengan orang-orang yang berbeda latar belakang, seringkali kamu jadi mampu untuk mengembangkan relasi demi hubungan di masa depan. Networking kamu jadi tambah luas, deh!

Setiap orang memang memiliki beban dan masalahnya masing-masing, tapi percayalah dibalik kesusahan selalu ada manfaat yang bisa kamu terima dengan baik. Jangan cepat menyerah, apapun itu hadapi saja. Semangat, Kawan Muda!