Kuliah di Kampus Swasta? Enggak Masalah! Ada Banyak Keuntungannya loh!

Hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sudah diumumkan, buat kalian yang anak SMA dan sederajat, biasanya ingin melanjutkan kuliah.

Untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri, ada 3 tes yang dapat Kawan Muda ikuti. Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan yang terakhir ada ujian mandiri dari setiap kampus.

Kampus negeri masih menjadi hal keren buat sebagian besar orang di Indonesia. Katanya sih akan lebih mudah mencari pekerjaan. Buat Kawan Muda yang kurang beruntung, nggak usah berlebihan meratapi nasib nggak diterima di kampus negeri. Toh kampus swasta nggak selamanya buruk. Sebagaimana yang sudah dijabarkan, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Buat kalian yang pada akhirnya memilih untuk masuk swasta, itu bukan pilihan yang buruk kok! Banyak loh keuntungan dengan berkuliah di kampus swasta.

  1. Biaya yang lebih murah

homeworkwriter.com

Beberapa kampus swasta memiliki penawaran dengan biaya yang lebih murah dan bisa dibayar per bulan. hal ini cocok buat kamu yang ingin kuliah, namun kondisi keuangan terbatas. Kampus swasta seperti ini bisa menjadi alternatif untuk mewujudkan keinginanmu berkuliah dengan biaya yang minim.

  1. Waktu perkuliahan lebih fleksibel

via: glamour.com

Buat Kawan Muda yang ingin membiayai kuliahnya dengan uang pribadi, sehingga memutuskan untuk bekerja. Kampus swasta sering menawarkan jadwal kuliah malam, jika paginya bekerja. Atau bahkan kuliah secara online.

  1. Keinginan berkegiatan di luar kampus lebih besar

via: facilitatediscovery.com

Orang-orang yang kuliah di kampus swasta biasanya merasa bahwa ia harus bersaing dengan para lulusan kampus negeri jika melamar pekerjaan. Sehingga mereka akan banya mencari pengalaman untuk memenuhi CV-nya. Maka dari itu umumnya mereka akan cenderung lebih aktif mengikuti kegiatan di luar kampus. Dari sini pelan-pelan, mereka akan mendapat banyak pengalaman dan banyak teman. Dua hal tersebut menjadi bekal yang bagus untuk mereka di masa depan.


BACA JUGA:


  1. Banyak kesempatan beasiswa

beasiswa
Via ekonomi.kompas.com

Kampus swasta juga menawarkan banyak kesempatan memperoleh beasiswa. Biasanya, kesempatanmu akan lebih banyak karena pesaingnya sedikit. Kamu juga bisa memanfaatkan jika ada pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Semakin terbuka pula kesempatan buat kamu.

  1. Banyak fasillitas memadai demi kampus swasta

perpustakaan
Via life.idntimes.com

Soal hal baru biasanya kampus swasta akan lebih cepat, apa lagi di infrastruktur dan fasilitas. Karena kampus swasta harus lebih kompetitif untuk terus meningkatkan fasilitasnya demi reputasi. Reputasi ini berguna untuk menaikkan nilai tawar.

  1. Lebih aktif dan efektif

aktif bertanya
Via sciencemag.org

Salah satu keunggulan kampus swasta lainnya adalah kelasnya yang lebih kecil, sehingga mahasiswanya juga lebih sedikit. Buat kamu yang nggak bisa belajar terlalu ramai, hal ini akan membuat kegiatan belajar lebih efektif. Kamu pun juga bisa lebih berpartisipasi untuk tanya jawab di kelas. Lebih dekat dan lebih dikenal oleh dosen.

Sumber: Hipwee.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *