Kisah Haru dan Inspiratif dari Driver Ojek Online Disabilitas ini Bikin Kamu Lebih Kerja Keras dan Menghargai Hidup

1.339 views
rappler.com

Di zaman yang makin modern ini, setiap orang memiliki hak untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Tuntutan untuk memiliki pendidikan tinggi serta skill dan kemampuan non-akademik lainnya membuat seseorang berlomba-lomba mencari kesempatan untuk memiliki pekerjaan tetap demi mememuhi kebutuhan hidup. Tidak terkecuali bagi  kaum disabilitas, kehadiran mereka kerap kali dipandang sebelah mata oleh sebagian kalangan karena dianggap tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan uang dan masih bergantung pada orang lain.

Namun, banyaknya bisnis yang sekarang berkembang membuat syarat untuk mendaftar pekerjaan tidak mengharuskan seseorang memiliki kesempurnaan fisik ataupun tingkat pendidikan yang tinggi. Salah satunya adalah bisnis tranportasi online yaitu Go-Jek. Go-Jek sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tidak membatasi dalam menerima tenaga kerja.

Salah satu cerita inspiratif yang kita dapatkan kali ini berasal dari salah satu penyandang disabilitas yang bekerja sebagai driver Go-Jek. Demi membiayai sekolah anak dan membenahi perekonomian keluarga, membuat Dede Atmo Pernoto atau yang biasa disebut Dede Yusuf melamar kerja menjadi driver Go-Jek. Bahkan sebelumnya, ia pernah berulang kali mengalami kegagalan dalam mencari pekerjaan karena banyak orang meragukan fisiknya.

Menurut Dede, menjadi driver Go-Jek bisa menjadi solusi yang efektif karena tidak ada batasan kerja yang ketat dalam persyaratan tenaga kerjanya. Sebelum mendaftar Go-Jek, Dede sudah menyiapkan motor modifikasinya menjadi roda 3 untuk menyesuaikan kebutuhan khusus fisiknya. Ia memilih mengambil layanan Go-Ride saja yang hanya mengantar-jemput penumpang. Alasannya, jika ia melayani layanan seperti Go-Food dan Go-Send akan susah dalam mobilitasnya. Saat ini ojeknya telah beroperasi di wilayah Tegal dan sekitarnya.

via : grid.id

BACA JUGA :


Suatu hal yang yang dapat kita pelajari bahwa kebanggaan dalam hidupnya yaitu mampu menyekolahkan anaknya sampai sarjana dengan tabungan dari hasil kerja sebagai driver Go-Jek. Baginya, pendidikan anak harus lebih tinggi dari orangtua mereka agar mereka bisa berguna bagi orang banyak. Hal itu adalah salah satu motivasi hidup yang dimiliki Dede bahwa meskipun ia memiliki keterbatasan ia tidak ingin merepotkan orang lain dengan menjadi seseorang yang bermanfaat di lingkungannya.

Terlepas dari apakah difabel bisa memenuhi hidupnya dari bekerja mencari nafkah, ia justru membuktikan di tengah keterbatasan yang dimiliki juga terdapat peluang dan kesempatan selama ia mau berusaha. Dengan menunjukkan usaha yang kita miliki, kita akan lebih dihargai dan bangga akan hasil kerja keras kita sendiri. Melalui kisah inspiratif ini, diharapkan pemerintah dan masyarakat lebih terbuka dengan kehadiran kaum disabilitas seperti tidak membatasi syarat dalam melamar pekerjaan, karena melihat dari kenyataannya mereka mampu dan memiliki niat untuk dapat bekerja secara mandiri tanpa tergantung dengan orang yang normal.

Semoga dengan kisah ini kita menjadi seseorang yang lebih bersyukur ya, kawan muda. Jangan mudah menyerah dalam hidup, selama masih ada Tuhan dan orang sekelilingmu yang terus mendukungmu agar tidak patah semangat dalam menjalani hidup. Yuk sebarkan kisah inspiratif ini!