Kata-Kata Sakti untuk Kamu yang Sedang Terpuruk

874 views
Kalimat afirmasi untuk menyemangati diri saat terpuruk
via: Pixabay.com

Menjalani hidup itu sama seperti mengendarai roller coaster. Ada saatnya kita berhasil mencapai tujuan dan berada di atas, tapi enggak jarang juga tiba-tiba kita ada di bawah.

Ya, terkadang hidup memang enggak berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Tapi itu bukanlah alasan untuk tidak bahagia. Karena kebahagiaan yang sesungguhnya adalah ketika kita mampu bangkit dari situasi yang tak menyenangkan.

Ketika banyak sekali ujian hidup yang tengah dihadapi dan membuatmu terjatuh sedalam-dalamnya, sebagian besar dari kamu pasti mulai menyalahkan atau memandang rendah diri sendiri. Pernyataan negatif tentang diri sendiri pun mulai memenuhi pikiran kamu.

Padahal, pernyataan yang kita pilih untuk diri kita bisa punya pengaruh besar pada hidup kita. Kamu mungkin melakukan sebuah kesalahan, tapi kata-kata negatif yang dilontarkan pada diri sendiri tak akan membantumu untuk bangkit. Merekalah yang membuatmu semakin takut menghadapi kenyataan.

Oleh karena itu, saat hidup enggak berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, ucapkanlah kata-kata penyemangat positif pada diri sendiri.

Kata-kata penyemangat positif atau yang biasa disebut dengan afirmasi bisa mempengaruhi pikiran bawah sadar sehingga kamu mendapatkan persepsi yang lebih positif terhadap diri sendiri, meski sedang dalam keadaan terpuruk sekalipun.

Nah, berikut adalah kata-kata penyemangat yang harus kamu bisikkan pada diri sendiri ketika merasa hidup begitu melelahkan dan membuatmu terpuruk.

“Tenang, ini hanya sementara…”

Kalimat afirmasi untuk menyemangati diri saat terpuruk
Ketika kamu merasa gagal, ingatlah bahwa kegagalanmu hanyalah sementara | via: thenewdaily.com.au

Ketika kamu merasa gagal, ingatlah bahwa kegagalanmu adalah sesuatu yang sifatnya sementara. Melakukan sebuah kegagalan bukan berarti duniamu berakhir di situ atau tak ada satu pun yang bisa diubah.

Ingatlah bahwa kesedihan dan kekalutanmu bisa diubah menjadi kebahagiaan jika kamu berhenti meratapinya. Bisikkan kata-kata penyemangat dan berbuatlah sesuatu untuk mengubah  kesedihan yang kamu rasakan.

“Luka menunjukkan kekuatan, bukan kelemahan!”

Kalimat afirmasi untuk menyemangati diri saat terpuruk
Luka yang kamu alami ini menunjukkan kekuatan dan keberanian untuk mencoba sesuatu | via: crosswalk.com

Namanya juga ‘terjatuh’, pasti terluka. Mana ada orang yang terjatuh tapi tidak ada luka sama sekali? Sama halnya ketika kamu merasa berada di titik terendah dalam hidup, bukan berarti kamu lemah, kamu tak mampu, atau gagal.

Sebaliknya, luka-luka yang kamu alami ini menunjukkan kekuatan dan keberanian untuk mencoba sesuatu. Ya, jika kamu tak berani mencobanya, maka tak akan ada luka, kan? Kenapa ketika terluka kamu malah meratapi keberanianmu untuk mencoba sesuatu? Bukankan seharusnya kamu menyemangati diri sendiri karena sudah berani mencoba meski harus merasakan sakit atau luka?

“Ingat, ujian membuatmu lebih kuat dan bijak!”

Kalimat afirmasi untuk menyemangati diri saat terpuruk
Rintangan dan ujian-ujian dalam hidup menempa mental kita agar lebih bijak lagi | via: au.reachout.com

Sebagian besar dari kita mungkin sangat membenci ‘ujian’. Padahal, tanpa adanya tantangan dalam hidup, belum tentu pemikiran kita akan berkembang dengan sendirinya.

Meski berat, ingatlah bahwa rintangan dan ujian-ujian dalam hiduplah yang menempa mental kita agar lebih bijak lagi memandang hidup. Mungkin kamu belum menyadarinya sekarang, tapi perlahan kamu akan tahu betapa ujian hidup telah membuat diri kita  berkembang dan lebih bijak dari sebelumnya.

“Sedih boleh, tapi harus move on!”

Kalimat afirmasi untuk menyemangati diri saat terpuruk
Jika kamu hanya diam di tempat dan meratapi nasib, bagaimana hidupmu akan lebih maju | via: reflectorgsu.com

Siapa bilang merasakan sedih itu dilarang? Bahkan jika kamu merasa sedih hingga ingin menangis, keluarkan semuanya. Karena jika ditahan-tahan, rasa frustasi atau kesedihan bisa berakumulasi dan membuatmu merasa lebih buruk.

Namun ingat, jangan terlalu lama bersedih. Boleh-boleh saja sih kalau kamu melakukan sesuatu sambil bersedih. Jika kamu hanya diam di tempat dan meratapi nasib, bagaimana hidupmu akan lebih maju dari saat ini? Sedih boleh, tapi hidup harus jalan terus. Sepakat?

“Ketakutan tak akan mengubah apa pun!”

Kalimat afirmasi untuk menyemangati diri saat terpuruk
Ketakutan tak akan mengubah apa pun | via: medium.com

Siapa sih yang enggak pernah takut gagal? Setiap orang pasti pernah merasa takut gagal, tapi yang membedakan orang yang satu dan lainnya adalah keputusan yang mereka ambil, ‘tetap mencoba’ atau ‘merelakannya’. Yang terakhir adalah mereka yang membiarkan kesempatan emas hilang begitu saja. Apakah kamu mau jadi salah satunya?

Kegagalan adalah hal yang akan kita temui dalam hidup. Sekeras apa pun lari dari yang namanya kegagalan, mereka akan berusaha menyusup dari celah-celah kecil hidupmu. Apakah ini pertanda  buruk? Belum tentu, karena kegagalan bisa menjadi sarana introspeksi diri, sebuah pelajaran hidup agar di kemudian hari kamu tak mengulang kesalahan yang sama lagi.

“Teruslah berjalan maju, meski sering terjatuh!”

Kalimat afirmasi untuk menyemangati diri saat terpuruk
Terus berjalan dan memandang ke depan untuk menemukan peluang-peluang baru | via: gulfbreezerecovery.com

Apa yang kamu lakukan ketika tersasar? Melakukan berbagai macam cara untuk menemukan jalan keluar bukan? Hal ini juga berlaku saat kamu merasa jatuh dan terpuruk. Jangan hanya diam atau jalan di tempat karena kamu tak akan menemukan jalan keluar sama sekali.

Solusi terbaik adalah terus berjalan  dan memandang ke depan untuk menemukan peluang-peluang baru yang bisa menyelamatkanmu dalam keterpurukan. Sering terjatuh meski sudah berusaha bangkit? Ingatlah bahwa lukamu menunjukkan kekuatan. Jangan takut untuk terus bangkit lagi, lagi, dan lagi….

Kalimat afirmasi untuk menyemangati diri saat terpuruk
Kata-Kata Sakti untuk Kamu yang Sedang Terpuruk | Foto/Dok. Kitamuda.id

Ingatlah selalu bahwa hidup yang bahagia itu bukanlah kehidupan yang tanpa masalah sama sekali. Saat hidup enggak berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, jangan biarkan dirimu terlalu lama meratapi kesedihan. Hati dan pikiran boleh saja memproses kesedihan, tapi hidup harus tetap jalan.