Kamu tipikal orang yang suka overthinking? 7 cara ini bisa jadi solusi agar hidupmu lebih woles

6.989 views
pemikiran-negatif
Foto : motivaksi.blogspot.com

Kalimat stay positive yang sering dikumandangkan motivator tampaknya udah kebal bagimu yang suka khawatiran. Pasalnya, stay positive ternyata nggak semudah itu, ada aja pikiran negatif yang sering menyusup sehingga kita jadi kepikiran yang nggak-nggak.

Kalau udah begini sih emang bisa dibilang kamu mengalami gejala overthinking alias berpikiran terlalu jauh padahal belum tentu kejadian. Pernah mengalami?

 

BACA JUGA: Galau karena jomblo di usia 20-an? Ingatlah 6 hal ini biar kamu semangat lagi! (cewek wajib baca!)

 

Menurut penelitian, overthinking itu cuma berawal dari rasa takut. Dari rasa takut inilah kamu mulai nyambung-nyambungin ke hal-hal buruk yang bikin kamu panic sendiri. Untuk menghadapi hal ini Kita Muda punya 7 solusi supaya hidupmu jauh lebih woles dan nggak dihantui pikiran negatif.

#1. Akui aja kalau kamu emang tipikal orang yang suka overthinking.

stress
Foto : www.retained.com.au

Agar kamu bisa sembuh dari sikap khawatir berlebihan ini, pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima kalau kamu emang orang yang overthinking. Jangan bersikap melakukan penolakan. Dengan begitu kamu udah paham dimana letak kelemahanmu dan jadi tau mana kejadian yang sekiranya kamu pikir berlebihan dan mana yang tidak.

#2. Mengatasi dengan melakukan kegiatan fisik.

olahraga
Foto : wallpapers-hd-wide.com

Semalas-malasnya kamu bergerak alias olahraga tapi percaya deh banyak pakar yang sepakat bahwa dengan melakukan kegiatan fisik dapat mengusir overthinking. Kamu bisa jogging atau sekadar jalan-jalan dengan hewan peliharaan.

 

BACA JUGA: Ingat 7 hal ini bila hidup terasa lelah untuk dijalani, agar kamu tak kehilangan jati diri

 

Dengan begitu energi yang tersimpan dalam tubuh akan mengalir dan menyeimbangkan kondisi tubuh. Imbasnya, kamu jadi lebih fresh dan pikiran jadi lebih jernih.

#3. Buat list hal-hal yang kamu takutkan atau kemungkinan buruk

list
Foto : www.huffingtonpost.com

Sikap overthinking bisa jadi membandel sulit diminimalisir. Tapi ada cara yang cocok untuk menangkal pemikiran buruk tersebut. Kamu bisa tulis semua kekhawatiranmu dalam selembar kertas. Mungkin cara ini bagi sebagian orang terlihat membebankan tapi itu bisa mensugesti diri sendiri dan mulai menelaah mana kira-kira yang mungkin terjadi dan tidak.

Sehingga pikiranmu akan lebih logis daripada menuruti pikiran yang mengada-ada. Setelah menulis kamu bisa membakar kertas itu atau disimpan di tempat yang tak terlihat agar lebih plong.

#4. Menghadapi ketakutan sebagai bentuk antisipasi

via: FeatheringTheEmptyNest.com

Kalau kamu udah kumat overthinking-nya, kamu bisa membukan lembaran list kekhawatiran yang pernah kamu buat sebelumnya. Baca kembali list tersebut agar kamu terbiasa untuk menghadapi ketakutanmu. Misalnya kamu takut bicara di depan kelas saat presentasi karena takut nggak bisa menjawab.

 

BACA JUGA: 12 kenangan zaman SD yang bikin geli sendiri kalau diingat lagi hari ini

 

Karena kamu udah tau itu di dalam list, kamu jadi lebih bisa antisipasi dengan menyiapkan rencana cadangan jika itu sampai terjadi. So, kamu akan merasa lebih nyaman dan nggak takut lagi menghadapi sesuatu.

#5. Berikan dirimu batasan waktu

via: isha.sadhguru.org

Orang yang overthinking biasanya lama dalam mengambil keputusan karena banyak mikir. Untuk menyikapi hal ini, coba deh untuk mendeadline dirimu sendiri agar cepat dalam memutuskan sesuatu. Bukan berarti memutuskan semua masalah dalam waktu cepat agar beres, hal ini lebih bertujuan agar kamu tetap fokus dan nggak berlarut-larut dalam ketakutan yang nggak jelas.

#6. Hindari sifat perfeksionis

tidak ada yang sempurna
Foto : www.firstcovers.com

Overthinking bikin kamu terus-terusan mencari jawaban sesempurna mungkin dan itu bikin kamu tertekan. Maksudnya, kalau kamu udah melakukan yang terbaik nggak perlu stress memikirkan kesempurnaan hasil.

 

BACA JUGA: Jika kamu hidup tanpa media sosial, maka 7 hal inilah yang akan terjadi padamu!

 

Karena sesempurna apapun yang kamu lakukan pasti ada pro dan kontra. Jadi selow aja dengan mengurangi sikap perfeksionis.

#7. Selalu bersyukur

bersyukur
Foto : begy.blogspot.com

Cara ini terdengar klasik, hidup memang harus selalu bersyukur. Tapi bagi orang yang overthinking, mereka kadang sulit menerima keadaan dan mengandai-andai terus dalam kepalanya. Dengan mengingat Tuhan dan bersyukur atas keadaan, kamu nggak akan berpikir “gimana seandainya..” tapi pasti lebih nyaman kalau berpikir “Untung aku sudah…”. Jadi bisa tetap stay positif dan nggak gampang kepengaruh sama hal-hal buruk dipikiran.