Kalau Kamu Punya 7 Kriteria Ini, Maka Kamu adalah Seseorang yang Bermental Baja!

2.986 views

Semua pengalaman yang kamu miliki dapat membuatmu belajar untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Kesalahan dan kesuksesan yang kamu dapatkan selama hidup menjadi cerminan untuk langkah yang harus kamu ambil berikutnya. Tentunya hal ini akan membuatmu lebih strong atau kuat secara jiwa dalam menghadapi setiap masalah.

Nah ada 7 kriteria utama untuk mengetahui kamu seseorang yang berkepribadian kuat atau tidak. Kriteria utama ini adalah kriteria dari Amy Morin, seorang therapist dan ahli di bidang kekuatan jiwa. Yuk, kita lihat 7 kriterianya:

1.Penggunaan logika dan perasaan yang seimbang

via: brightside.me

Kamu bisa menyeimbangkan penggunaan logika dan perasaan di kejadian hidup sehari-hari. Bukan hanya salah satu yang mendominasi, namun kedua hal ini berperan penting dalam pengambilan keputusanmu sehari-hari. Kalau kamu bisa menyeimbangkan dengan baik, seberat apapun masalahmu pasti bisa dihadapi.

2. Menghabiskan waktu secara produktif

via: tanveernaser.com

Seseorang yang memiliki pribadi kuat tahu cara menggunakan waktunya secara efektif dan produktif. Mereka tidak akan menghabiskan waktu untuk membuat berbagai alasan, tapi berfokus dalam mengerjakan pekerjaan tepat waktu.

3. Menghadapi ketakutan

via: beliefnet.com

Seseorang yang berkepribadian kuat menghadapi ketakutannya sendiri, untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Mereka tidak perlu menghindari atau menghadapi ketakutan tersebut hanya karena ingin dipuji oleh orang lain.

4. Belajar dari kesalahan

via: robertjgraham.com

Seseorang yang berkepribadian kuat tidak berusaha untuk membenarkan tindakan atau menutupi kesalahan mereka dari orang lain. Mereka belajar dari kesalahan yang dibuat sebelumnya dengan tujuan agar menjadi pribadi yang lebih baik.

5. Menjalani hidup sesuai dengan nilai yang dianut

via: lifestyleupdated.com

Kalau kamu hidup sesuai dengan nilai dan prioritas dalam hidupmu, kamu tidak akan pernah sulit dalam mengambil keputusan. Karena nilai-nilai yang kamu anut dalam hidup bisa membimbingmu untuk menjadi pribadi kuat dan tidak mudah dipengaruhi orang lain.

6. Bertanggung jawab terhadap tindakanmu

via: wikihow.com

Apapun tindakan yang kamu lakukan, baik atau buruk, kamu akan pertanggung jawabkan sebaik mungkin. Seseorang yang bermental kuat bisa mempertanggungjawabkan tindakannya dengan baik, dan dapat dijadikan pelajaran untuk kedepannya.

7. Melihat kesulitan sebagai keuntungan

via: izquotes.com

Setiap kesulitan dan halangan yang kamu dapat merupakan salah satu keuntungan bagi kamu untuk berkembang. Beberapa orang biasanya tidak menyukai kesulitan yang didapat, tapi seseorang yang kuat menerima hal tersebut sebagai suatu hal yang menyenangkan.

Nah, sudah tahu kan sekarang kriteria orang yang kuat? Kira-kira kalian punya salah satu kriteria yang ada diatas, nggak? Kalau iya, berarti kalian sudah bisa memasuki tahap awal untuk dikatakan manusia kuat!

Sumber: brightside